x

Pisah Operator, Liga 1-Liga 2 Ganti Nama Jadi Liga Indonesia dan Liga Nusantara

Minggu, 5 Maret 2023 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ketika meyambangi Malang. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan bahwa Liga 1 dan Liga 2 untuk musim depan tidak lagi diurus oleh Liga Indonesia Baru (LIB). Kedua kompetisi akan berdiri masing-masing dengan operatornya.

Berdasarkan sarasehan Liga 1 dan Liga 2 di Surabaya, Sabtu (4/3/23), 28 klub kasta kedua menginginkan ada operator sendiri. Tentu supaya mereka bisa mengatur jadwal, hak siar, dll. secara mandiri atau tak bergantung kepada Liga 1.

"Saya berterima kasih klub berani melangkah, saya juga berani menerima keputusan Liga 1 dan Liga 2 bikin manajemen sendiri. Tadinya Liga 2 di bawah ketiak Liga 1 atau PT LIB, contohnya biar yang tadinya main Rabu sekarang bisa akhir pekan," ujar Erick Thohir.

PSSI menyerahkan kepada klub Liga 2 untuk membentuk badan perusahaan atau menunjuk direksi operator baru nanti. Setelahnya, pihak federasi akan membentuk team project management officer dalam rangka membuat detail regulasi kompetisi liga.

"Kemarin kami sepakat, hari ini dituntaskan, minggu depan bikin projek manajemennya, di mana Liga 1 dan Liga 2 dipisahkan. Nanti mereka (klub) akan lakukan rapat untuk bentuk direksinya secara independen," jelas Erick.

Baca Juga

Lebih lanjut, Erick menjelaskan, akan ada perubahan nama untuk dua kompetisi teratas Tanah Air. Liga 1 akan menjadi Liga Indonesia, dan Liga 2 menjadi Liga Nusantara.

Nanti juga ada Piala Presiden yang akan digelar oleh PSSI. Turnamen ini melibatkan klub Liga 1 dan Liga 2 di periode pramusim seperti biasanya.

Baca Juga

"Ini pertama kalinya kedua Liga akan perebutkan Piala Presiden. Kami usulkan Liga 1 ganti nama jadi Liga Indonesia, dan Liga 2 jadi Liga Nusantara,  ini yang coba kita sejajarkan," ucap Erick Thohir.

"Untuk Liga 3, sabar. Nanti akan sarasehan dengan Asprov karena ada di sana juga ada Piala Soeratin, Piala Pertiwi. Penyelesaian ini perlu berkelanjutan," sambung Menteri BUMN itu.

Baca Juga

1. Kuota Asing

Logo Liga 1 2022-2023.

Kesepakatan Sarasehan Sepak Bola kemarin juga terkait kepastian jadwal pertandingan dan perizinan yang terpusat untuk musim depan. Disepakati jam pertandingan jangan terlalu malam.

Jadwal Liga 1 akan dimulai pada Juli mendatang dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November nanti dan berakhir Juni 2024.

"Sarasehan ini kita lihat secara berbeda, ini tempat cari solusi PSSI dan klub supaya sejajar. Saya menempati janji, saya mendengar dan sama-sama perbaiki sepak bola Indonesia," tuntas Erick Thohir.

Baca Juga

Tak hanya itu, hasil pembahasan sarasehan yang menarik adalah penambahan jumlah pemain asing di Liga 1 dan penggunaan pemain asing di Liga 2.

Liga 1 akan menggunakan kuota 5+1 atau empat pemain asing (bebas), satu Asia dan satu slot untuk Asia Tenggara. Lalu, setiap klub kasta pertama hanya boleh memakai jasa satu pemain naturalisasi.

Baca Juga

Sementara Liga 2 disepakati ingin memakai dua pemain asing dengan satu bebas dan lainnya adalah kuota Asia Tenggara. Lalu, naturalisasi hanya boleh satu pemain.

PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Bola IndonesiaBerita Liga 1One Football

Berita Terkini