x

Wacana Musim Baru: Liga 1 Pakai 6 Pemain Asing, Liga 2 Pakai 2 Pemain Asing

Minggu, 5 Maret 2023 19:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menghadiri acara Sarasehan bersama Arema FC dan Aremania di Malang. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan jika hasil sarasehan di Surabaya pada Sabtu (04/03/23) di Surabaya menghasilkan beberapa keputusan atau ide baru untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Salah satu yang menarik adalah penambahan jumlah pemain asing di Liga 1 dan penggunaan pemain asing di kasta kedua. Itu disepakati dari klub Liga 1 dan Liga 2 supaya meningkatkan kualitas kompetisi.

Liga 1 akan menggunakan kuota 5+1 atau empat pemain asing (bebas), satu Asia dan satu slot untuk Asia Tenggara. Lalu, setiap klub kasta pertama hanya boleh memakai jasa satu pemain naturalisasi.

"Aturan pemain asing disesuaikan dengan liga di Asia lainnya, jadi 5+1. Disepakati satu Asia Tenggara dan lima non. Kami silahkan saja, tapi PSSI juga ambil posisi kalau bisa naturalisasi hanya satu orang di tiap tim, jadi kami coba buat batasan," kata Erick Thohir.

Sementara Liga 2 disepakati ingin memakai dua pemain asing dengan satu bebas dan lainnya adalah kuota Asia Tenggara. Lalu naturalisasi hanya boleh satu pemain.

"Liga 2 sepakatnya ada satu naturalisasi dan 1+1 (Asia tenggara). Ini upaya mereka yang sedang digodok. Ini belum tuntas masih akan ada diskusi antara liga dan klub buat terbitkan aturan agar fairness," ujar Erick Thohir.  

Baca Juga

"Itu pilihan dengan opsi yang ada, jadi kita punya industri sepak bola yang ditingkatkan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono menjelaskan hasil sarasehan kemarin memang sesuai yang disampaikan Ketum PSSI. 18 klub Liga 1 dan 28 klub Liga 2 sama-sama membahas ide dan keinginannya.

Baca Juga

Akan tetapi, untuk Liga 1, pemain asing yang boleh dimainkan dalam satu pertandingan dibatasi lima pemain. Tapi tiap klub boleh mengontrak enam pemain.

"Usulan PSSI adalah 4+1, tapi ada masukan dari klub supaya sesuai aturan AFC jadi 5+1. Jadi untuk klub Indonesia yang main di level Asia bisa ada kesetaraan," tutur Teddy Tjahjono.

"Tapi, dari kuota 5+1, yang boleh di daftar susunan pemain saat pertandingan adalah 4+1 secara regulasi," lanjutnya.

Baca Juga

1. Perizinan Terpusat

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menghadiri acara Sarasehan bersama Arema FC dan Aremania di Malang. (Foto: MO Arema FC)

Di sisi lain, kesepakatan Sarasehan Sepak Bola kemarin terkait kepastian jadwal pertandingan dan perizinan yang terpusat untuk musim depan.

Jadwal Liga 1 akan dimulai pada Juli 2023 dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November 2023 dan berakhir Juni 2024.

Diharapkan itu menjadi strategi untuk meningkatkan nilai komersial dari penyelenggaraan pertandingan Liga Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2.

Baca Juga

Nantinya itu secara tidak langsung akan berdampak positif bagi pembinaan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

PSSI juga akan membentuk team project management officer untuk membuat detail regulasi kompetisi Liga.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Liga 1 2022-2023

Berita Terkini