x

Tetap di Liga Inggris atau Jadi Rekan Ronaldo? Ini 4 Opsi Klub Anyar Firmino Usai Out dari Liverpool

Minggu, 5 Maret 2023 05:58 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Roberto Firmino saat laga Liga Champions antara Rangers vs Liverpool

INDOSPORT.COM - Liverpool dipastikan harus mengucapkan selamat tinggal pada salah satu pemain terpentingnya di era modern, Roberto Firmino, pada musim depan Liga Inggris.

Setelah delapan tahun mengabdi di Anfield dengan 353 penampilan berbuah 107 gol, 78 assist, plus tujuh trofi termasuk satu Liga Inggris akhirnya sang bintang Brasil memutuskan untuk pergi.

Roberto Firmino sebelumnya sudah sering dirumorkan bakal hengkang dari Liverpool sejak beberapa tahun terakhir namun sepertinya 2022/2023 akan benar-benar jadi musim pamungkasnya bersama The Reds.

Kontrak yang akan segera berakhir pada Juni mendatang dan tidak adanya kesepatakan untuk memperpanjang kerjasama membuatnya memutuskan untuk mencari tantangan baru.

Agenda dari Firmino, Roger Wittmann, mengamini jika kliennya memang bakal mencari klub anyar di 2023/2024. Belum ada bocoran kemana pemain eks Hoffenheim itu akan merapat namun yang jelas keputusannya jelas sudah bulat.

Baca Juga

"(Roberto Firmino) akan meninggalkan Liverpool pada musim panas ini. Saya jamin itu dan ini adalah cara terbaik untuk mengakhiri petualangan hebat selama delapan tahun," beber Wittmann pada Scores365.

Usianya baru 31 tahun dan musim ini ia masih bisa mengemas sembilan gol dan empat assist dari 26 pertandingan di semua ajang sehingga opsi bagi Firmino masih terbuka lebar.

Baca Juga

Apalagi ia adalah tipe pemain yang punya versatilitas luar biasa. Sosok yang akrab disapa Bobby itu fasih memainkan semua posisi di lini depan dan punya work rate cukup tinggi.

Dipastikan akan ada banyak klub yang mengantre untuk membujuk Fimrino pada bursa transfer musim panas nanti terutama dengan status free agent alias gratis.

Kami menilai Roberto Firmino masih punya kualitas untuk bermain di Liga Inggris namun jika ia masih ingin setia pada Liverpool dengan hengkang ke negara lain pun tidak akan jadi soal. Ini 4 opsi yang patut dipertimbangkannya.

Baca Juga

1. 1. Newcastle United

Pemain Getafe saat menyambut umpan dari rekan setimnya melawan Atletico Madrid di Liga Spanyol.

Meski kini sudah jadi klub terkaya di dunia berkat suntikan dana segar dari investor Arab Saudi, Newcastle United masih sangat jauh dari target menjuarai Liga Inggris.

Mereka masih diperkuat oleh pemain-pemain yang minim pengalaman bersaing untuk gelar juara. Begitu pula dengan manajer mereka, Eddie Howe, yang baru berusia 45 tahun dan baru punya satu trofi Championship dalam CV-nya.

Merekrut Roberto Firmino pada bursa transfer musim panas nanti bisa sedikit menambal kekurangan tersebut.

Ia adalah pemain veteran dengan delapan tahun pengalaman di kasta teratas Inggris dan sudah pernah menjadi kampiun bersama Liverpool pada 2019/2020.

Ia pun sepertinya bisa menjadi tandem bagi Alexander Isak atau Callum Wilson di lini depan mengingat keduanya adalah striker murni.

Baca Juga

Firmino semakin cocok dengan Newcastle mengingat The Magpies meski kaya namun tetap ingin cerdas dalam bursa transfer tanpa menghamburkan terlalu banyak uang.

2. Atletico Madrid

Liga Spanyol adalah salah satu kompetisi yang selalu dikaitkan dengan Roberto Firmino saat diisukan hendak pergi dari Liverpool dan Atletico Madrid bisa jadi pelabuhan baru untuknya.

Baca Juga

Los Rojiblancos untuk musim depan masih akan dilatih oleh Diego Simeone yang terkenal dengan strategi pressing-nya. Firmino jelas berpengalaman dengan taktik tersebut meski di The Reds orientasinya lebih menyerang. 

Manajer berjuluk El Cholo itu juga gemar dengan penyerang yang punya pergerakan fluid serta visi oke dan tidak keberatan bermain di banyak posisi. 

Kebetulan Atletico juga bakal kehilangan Antoine Griezmann apabila kontraknya tidak diperpanjang dan Memphis Depay jika Barcelona batal melepasnya secara permanen.

Firmino akan sangat cocok dengan Atletico terutama jika ia pun masih ingin rutin bermain di Liga Champions dan terlibat di banyak perburuan trofi.


2. 3. Barcelona

Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

Masih dari Liga Spanyol, Barcelona pun juga bisa menjadi opsi yang menarik untuk Roberto Firmino. 

Meski tidak akan punya garansi untuk bermain tiap pekan di sana karena adanya Robert Lewandowski, Ousmane Dembele, Raphinha, dan juga Ferran Torres, namun transfer ini akan cukup logis.

Barcelona saat ini tengah kesulitan ekonominya dan terancam tidak bisa belanja di bursa transfer musim panas mendatang kecuali menjual pemain seharga 200 juta Euro.

Bila syarat itu terpenuhi sekalipun, maka Los Cules tidak serta merta bisa jor-joran dulu sembari menanti kas mereka kembali terisi. Di sinilah Firmino bisa dimanfaatkan.

Ia bukan pemain yang buruk untuk menambah kedalaman skuad serta memperkaya pilihan bagi pelatih Xaiv Hernandez. Terutama, harganya pun cuma-cuma.

4. Al-Nassr

Bila sudah ingin meninggalkan Eropa lebih cepat namun tetap mendapatkan gaji besar, maka Al-Nassr di Liga Arab Saudi bisa menjadi rumah baru bagi Roberto Firmino.

Sejak awal memang Al-Nassr memang sudah diberitakan ingin membangun skuad super dengan mendatangkan banyak pemain dari Eropa yang habis kontrak pada akhir musim ini dan Firmino adalah salah satunya. 

Skuad Faris Najd saat ini saja sudah cukup mewah dengan keberadaan Davis Ospina, Luiz Gustavo, Anderson Talisca, dan tentu saja Cristiano Ronaldo. Pelatih mereka saja bukan nama sembarangan yakni Rudi Garcia.

Roberto Firmino bisa menjadi bintang terbaru untuk mengisi Mrsool Park menemani CR7 dan kolega.

Pengalamannya di Liverpool menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions akan berguna bagi Al-Nassr yang berambisi menjadi raja Arab Saudi dan juga Asia.

Bursa TransferCristiano RonaldoLiverpoolRoberto FirminoAl NassrLiga Inggris

Berita Terkini