x

Blusukan Seleksi Garuda Select 6, Talent Scouting Eropa Puji Kualitas Pemain Sumatera

Senin, 6 Maret 2023 10:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Seleksi pemain Garuda Select 6 telah dimulai di mana talent scouting asal Eropa, Wesley Awad, memuji kualitas para pemain sepak bola muda di Sumatera. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Seleksi pemain Garuda Select 6 telah dimulai. Talent scouting asal Eropa, Wesley Awad memuji kualitas para pemain sepak bola muda di Sumatera.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola usia muda Indonesia, yang dikirim ke Eropa untuk mengikuti latihan intensif.

Program kerja sama antara PSSI dan Mola TV ini sudah memasuki tahun kelima. Skuat Garuda Select 5 saat ini masih menjalani latihan dan uji coba berkala di Inggris.

Namun, meski skuat Garuda Select 5 belum rampung menjalani latihan di Inggris, tetapi tim pencari bakat sudah melakukan seleksi untuk pemain Garuda Select 6 mendatang.

Kepala Pencari Bakat Garuda Select, Wesley Awad, sempat menyambangi Piala Jakarta dan Liga TopSkor.

Baca Juga

Kemudian, Wesley Awad melanjutkan pencarian bakat dengan 'blusukan' hingga ke Pulau Sumatera. Ia lantas menyambangi Stadion Gelora Haji Agus Salim, Padang.

Ratusan pemain muda coba unjuk gigi di hadapan Wesley Awad, dengan harapan bisa menyusul Nabil Asyura, pemain asal Padang yang kini main di Garuda Select.

Baca Juga

Wesley Awad sendiri mengaku terkesan dengan anak-anak muda di Padang. Ia melihat ada banyak pemain potensial.

"Terima kasih Padang, ini sebuah kejutan. Lebih dari 150 pemain saya lihat dalam dua hari. Padang memiliki talenta," kata Kepala Talent Scouting Garuda Select tersebut.

"Marathon scouting pemain Garuda Select berlanjut," tulis Wesley Awad di Instagram.

Baca Juga

1. Mencari The Next Nabil Asyura

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nabil Asyura di Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22). Nabil menjadi salah satu pemain Garuda Select 5 di Inggris.

Perjalanan Wesley Awad ke Pulau Sumatera untuk mencari bibit pemain muda berbakat yang akan ditempa dalam program Garuda Select, memiliki cerita tersendiri.

Sebelumnya, talent scouting Garuda Select tidak hanya berkeliling di Pulau Jawa saja, tetapi juga sempat blusukan ke daerah Kalimantan hingga Papua.

Saat menyambangi Stadion Gelora Haji Agus Salim, Padang, Wesley Awad semakin terkesan dengan potensi pemain Indonesia di daerah-daerah.

"Saya menyelesaikan (scouting) dengan baik. Sebanyak 150 pemain. Mayoritas dari mereka memiliki kualitas yang bagus, dua hari yang menyenangkan," ungkapnya.

Keputusan Wesley Awad menyambangi Padang sungguh tepat. Sebab, dua dari belasan pemain Garuda Select jilid 5 diketahui berasal dari daerah ini.

Baca Juga

Pertama, Nabil Asyura yang merupakan pencetak gol terbanyak Garuda Select 5. Nabil merupakan pemain jebolan PSP Padang dan Timnas Indonesia U-16.

Kemudian, salah satu pemain muda yang berposisi sebagai striker di skuat Garuda Select 5, Lugas Satrya Pratama, diketahui juga merupakan pemain asal Payakumbuh.

Baca Juga

Faktanya, ini bukan kali pertama bagi Lugas Satrya Pratama menimba ilmu sepak bola di luar negeri. Alumni SMPN 2 Payakumbuh itu juga pernah menjejakkan kakinya di Jepang.

Beberapa waktu lalu, Lugas pernah terpilih mewakili Sumatera Barat, bersama 29 atlet sepak bola lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia, membela Gala Siswa Indonesia.

Hal ini menegaskan jika Pulau Sumatera memang memiliki talenta-talenta sepak bola terbaik, yang layak dipoles melalui program Garuda Select.

Baca Juga
Sumatera BaratBola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectNabil Asyura

Berita Terkini