x

Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional: Format Liga Berubah, Ada Mini Turnamen Play-off!

Senin, 6 Maret 2023 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional telah diumumkan dalam sesi konferensi pers, Minggu (05/03/23) sore di mana ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI.

INDOSPORT.COM - Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional telah diumumkan dalam sesi konferensi pers, Minggu (05/03/23) sore. Ada banyak perubahan yang ditetapkan PSSI.

Salah satu hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional yang dimumkan dalam konferensi pers, berkaitan dengan format kompetisi Liga 1.

Awalnya, PSSI menawarkan dua format Liga 1 2023-2024. Pertama, dengan pembagian tiga grup, dan kedua, menggunakan format kompetisi penuh seperti tahun sebelumnya.

Namun bedanya untuk format kompetisi penuh, bakal ada mini turnamen alias babak play-off antara empat tim teratas klasemen.

Setelah diskusi dengan tim, akhirnya format yang kedua dipilih, yakni kompetisi penuh dengan tambahan adanya putaran final untuk empat tim teratas klasemen.

Baca Juga

Salah satu perwakilan tim yang mengikuti diskusi penentuan format kompetisi Liga 1 saat Sarasehan Sepak Bola Nasional ialah Teddy Tjahjono dari tim Persib Bandung.

Teddy Tjahjono mengatakan bahwa format tersebut diputuskan setelah 18 klub peserta Liga 1 memilih antara dua opsi. Banyak tim yang tertarik dengan mekanisme play-off.

Baca Juga

"Itu diskusi secara terbuka dan membahas secara terperinci, ide, mekanisme, dari opsi satu, yaitu pembagian tiga grup, termasuk semua tata cara, mekanisme, drawing, dan lain-lain," kata Teddy dalam konferensi pers.

"Kemudian juga terjadi pembahasan opsi dua, yaitu sistem full kompetisi dengan adanya empat besar dilakukan play-off lagi. Itu kami analisis bersama 18 klub dan PSSI."

"Terjadi diskusi yang menarik, sehingga perwakilan dari 18 klub bersepakat untuk memilih opsi dua, yaitu sistem full kompetisi dengan adanya babak play-off untuk empat besar."

Baca Juga

1. Rekap Hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional

Perebutan bola gelandang Bali United, Brwa Nouri dengan penyerang Persib, David da Silva.

Selain perubahan format kompetisi Liga 1, hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional juga membahas tentang perubahan nama kompetisi musim depan.

Liga 1 rencananya akan berganti nama jadi Liga Indonesia, sementara Liga 2 berganti nama jadi Liga Nusantara. Kedua kubu ini dapat saling bertemu di Piala Presiden.

Rencananya, Liga Indonesia akan digelar mulai Juli 2023 hingga Februari 2024, sedangkan Liga Nusantara akan menyusul per bulan November 2023 hingga Juni 2024.

Selain itu, operator Liga 1 dan Liga 2 juga dipisah, sehingga akan terjadi persaingan yang sehat dan saling menguntungkan antara kedua pihak.

Kemudian, salah satu hal yang menarik adalah penambahan pemain asing untuk kompetisi kasta teratas Indonesia tersebut.

Baca Juga

Saat ini, tim Liga 1 diperbolehkan memiliki empat pemain asing, dengan tiga pemain bebas dari mana saja, dan satu wajib dari negara Asia.

Sementara musim 2023/2024, rencananya setiap klub Liga 1 diperbolehkan untuk bebas mendaftarkan pemain asing. Hanya saja, tetap jumlah yang dimainkan terbatas.

Baca Juga

Setiap klub hanya boleh memainkan maksimal empat pemain asing yang bebas dari negara mana saja, sementara plus satu pemain khusus dari negara Asia Tenggara.

Perihal pemain naturalisasi yang selama ini meramaikan Liga Indonesia, setiap klub disepakati hanya boleh mendaftarkan maksimal dua pemain naturalisasi.

Untuk itu, PSSI menetapkan setiap klub maksimal mendaftarkan 35 pemain untuk Liga 1 2023-2024, tidak termasuk pemain asing.

Baca Juga
Persib BandungPSSINaturalisasiLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Teddy TjahjonoBerita Liga 1Berita Liga 2

Berita Terkini