x

FIFA Audit Venue Piala Dunia U-20, Netizen 'Minta' GBK Dicoret karena Hal Ini

Selasa, 7 Maret 2023 10:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
FIFA berencana melakukan audit ulang untuk venue Piala Dunia U-20 2023. Netizen malah meminta agar Gelora Bung Karno (GBK) dicoret saja.

INDOSPORT.COM - FIFA berencana melakukan audit ulang untuk venue Piala Dunia U-20 2023. Netizen malah meminta agar Gelora Bung Karno (GBK) dicoret saja.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan FIFA akan mengaudit lagi sejumlah venue Piala Dunia U-20 2023, bahkan berpotensi mencoret dua dari enam stadion yang dianggap belum layak.

Diketahui, turnamen Piala Dunia U-20 2023 akan digelar beberapa bulan lagi. Turnamen kelompok usia 20 tahun paling bergengsi itu akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Awalnya, ada enam stadion yang disiapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, termasuk Gelora Bung Karno (GBK, Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Selain itu, juga ada Stadion Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali). 

Baca Juga

Erick Thohir mengatakan kemungkinan besar FIFA bisa mencoret dua stadion jika dianggap tidak layak. Selain itu, lapangan latihan juga bisa dikurangi jika tak lolos verifikasi faktual.

"Kemarin saya sudah rapat LOC mengenai kesiapan panitia untuk U-20, dan saya coba jabarkan satu-satu divisinya. Masalahnya, hari ini kita rapat hanya dua, mengenai operation dan safety security," kata Erick.

Baca Juga

"Dari enam lapangan pertandingan dan di masing-masing kota ada empat lapangan latihan, ini akan diaudit ulang tanggal 21-27 Maret oleh FIFA langsung, dan yang mengejutkan buat saya, ada catatan dari FIFA."

"FIFA berhak mendrop enam lapangan pertandingan kalau memang tidak siap menjadi empat, dan lapangan latihan juga bisa dikurangi," sambung Ketum PSSI itu.

Mendengar pernyataan tersebut, rupanya ada segolongan netizen yang meminta agar venue Piala Dunia U-20 yang dicoret adalah Gelora Bung Karno (GBK). Ada apa?

Baca Juga

1. Ada Apa dengan GBK?

FIFA berencana melakukan audit ulang untuk venue Piala Dunia U-20 2023. Netizen malah meminta agar Gelora Bung Karno (GBK) dicoret saja.

Maraknya netizen yang menyuarakan agar Gelora Bung Karno dicoret saja dari daftar venue Piala Dunia U-20 2023, tidak lepas dari gagalnya pertandingan penting Liga 1.

Sebelumnya, Persija Jakarta berharap bisa menjamu musuh bebuyutannya, yaitu Persib Bandung di Gelora Bung Karno pada Sabtu (04/03/23) kemarin.

Namun, hal itu urung terjadi karena ternyata Gelora Bung Karno sudah di-booking untuk konser idol grup asal Korea Selatan, yaitu Blackpink, pada 11-12 Maret 2023 nanti.

Alhasil, pertandingan big match Persija Jakarta vs Persib Bandung harus ditunda.

Banyak penggemar yang kecewa karena hal ini, dan menyalahkan pengelola GBK yang lebih mementingkan idol grup Blackpink ketimbang sepak bola nasional.

Baca Juga

Lewat kolom komentar di akun Instagram @pengamatsepakbola, banyak netizen yang menuliskan agar FIFA berani mencoret GBK dari daftar venue Piala Dunia U-20 2023.

"GBK katanya yang dicoret, karena mulai sekarang stadion GBK diperuntukkan untuk konser, acara keluarga, hajatan, tahlilan, dan lomba 17an," ujar akun @aliyudinma**.

Baca Juga

"GBK, karena sudah jelas fungsinya buat konser, malah dibuat sepak bola," komentar sarkas dari akun Instagram @abexz**.

"Kayaknya GBK sih (dicoret), soalnya kan GBK itu buat konser, bukan buat main bola," komentar bernada serupa dari pemilik akun Instagram @mediapers**.

"GBK coret aja, pengurusnya aja begitu wkwk, malah lolosin dua konser. Kalau mau beneran dipakai buat Piala Dunia ya gausah ada konser," timpal akun @rendaa**.

Sumber: IG @pengamatsepakbola

Baca Juga
FIFAPersib BandungPersija JakartaErick ThohirPiala Dunia U-20Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Bola InternasionalPersija Jakarta Vs Persib BandungNetizenPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini