x

Pembatasan Pemain Naturalisasi, Erick Thohir Pastikan Tidak Ada Diskriminasi

Selasa, 7 Maret 2023 15:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Keterangan Ketum PSSI, Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membantah terkait kabar mendiskriminasi dengan wacana pembatasan pemain naturalisasi di Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Kabar wacana pembatasan pemain naturalisasi di Liga 1 dan Liga 2 memang sempat beredar luas. Adanya wacana ini pun menimbulkan gejolak di deretan pemain yang naturalisasi yang telah menjadi Warga Negara Indonesia.

Wacana pembatasan pemain naturalisasi memang lahir dalam acara sarasehan sepak bola nasional di Surabaya akhir pekan kemarin.

Baca Juga

Di mana dalam acara tersebut terdapat satu keputusan di mana  setiap klub tidak boleh memiliki lebih dari dua pemain naturalisasi.

Tentu saja regulasi baru tersebut memancing pro dan kontra. Yang pasti, para pemain naturalisasi kompak tidak terima dengan regulasi tersebut meski baru wacana.

Baca Juga

Mereka merasa didiskriminasi jika regulasi tersebut benar-benar dijalankan.

Terkait gejolak ini, Erick Thohir pun membantah tidak ada diskriminasi. Langkah tersebut diambil untuk kemajuan Timnas Indonesia.

"Saya rasa gak ada yang didiskriminasi kok. Kalau satu klub mengukurkan naturalisasi untuk jalan singkat prestasi itu yang kita harus atur," ucap Erick Thohir.

Baca Juga

1. Bukan Masalah Diskriminasi

Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

Erick menjelaskan bahwa dirinya tidak ada niat untuk melakukan diskriminasi. Erick menjabarkan hal ini untuk keseimbangan tim-tim baik di Liga 1 maupun Liga 2.

"Sekarang total klub Liga 1 ada 18, Liga 2 ada 28, sekarang Liga 2 pun boleh 1 pemain naturalisasi Liga 1 boleh 1 artinya kalo 18+28 itu sudah 46 naturalisasi banyak," beber Erick.

Baca Juga

"Pertanyaan saya kalau kita masuk Timnas ada 24 artinya dari 46 itu kita membentuk 2 tim nasional."

"Ini kan bukan masalah diskriminasi saya gak pernah diskriminasi saya IOC member ga mungkin saya diskriminasi," tegas Erick.

Baca Juga

Erick pun mengatakan adanya usulan ini berdasarkan kesepakatan dari klub-klub. Bukan sekedar datang dari PSSI semata.

"Ini aturan yang semua harus kita mainkan untuk keseimbangan. Makanya kemarin di Sarasehan Liga 2 dan Liga 1, itu klub-klub bersepakat bukan PSSI menginstruksikan bukan dong, tapi klub-klub bersepakat," tukas Erick.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1Liga 2

Berita Terkini