x

Tuai Kritikan, Manajemen Persib Tanggapi Aturan Baru Pemain Naturalisasi di Liga 1 23/24

Selasa, 7 Maret 2023 20:31 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung, memberikan tanggapan mengenai rencana penerapan regulasi atau aturan baru bagi pemain naturalisasi yang akan digunakan mulai kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 mendatang.

Sebagai informasi, sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (04/03/23) yang dihadiri ketua umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dan perwakilan tim peserta Liga 1 serta Liga 2 menghasilkan beberapa perubahan yang disepakati untuk kompetisi musim depan.

Beberapa perubahan yang disepakati dari sarasehan sepak bola nasional tersebut, diantaranya berkaitan dengan format kompetisi Liga 1 dan regulasi pemain asing serta naturalisasi di musim 2023-2024.

Pada musim 2023-2024, tim peserta kompetisi Liga 1 rencananya hanya bisa menggunakan dua pemain naturalisasi. Saat ini, skuat Maung Bandung memiliki tiga pemain naturalisasi yakni Victor Igbonefo, Marc Klok dan Ezra Walian.

Jika regulasi pemain naturalisasi tersebut diberlakukan pada kompetisi Liga 1 2023-2024, maka akan ada satu pemain yang harus dilepas oleh skuat Maung Bandung.

Baca Juga

Menurut Direktur PT Persib Bandung (PBB), Teddy Tjahjono, regulasi terkait pemain naturalisasi tersebut sudah disepakati oleh mayoritas klub peserta Liga 1 dalam sarasehan sepak bola nasional bersama PSSI.

Sehingga, Persib yang memiliki tiga pemain naturalisasi akan berusaha mencari solusi terkait rencana penerapan regulasi dua pemain naturalisasi di kompetisi Liga 1 musim depan.

Baca Juga

"Dikarenakan mayoritas klub setuju dengan regulasi maksimal 2 pemain naturalisasi, maka Persib akan mencarikan solusi atas situasi ini," kata Teddy Tjahjono.

Rencananya penerapan regulasi pemain naturalisasi ini, mendapatkan respon dari berbagai pihak, terutama dari pemain naturalisasi itu sendiri yang merasa keberatan jika aturan tersebut diterapkan.

Mereka mengungkapkan perasaannya terkait rencana penerapan regulasi pemain naturalisasi di kompetisi Liga 1 musim depan, melalui akun media sosial.

Baca Juga

1. Keluh Kesal Pemain Naturalisasi Liga 1

Pemain depan Persib Bandung, Ezra Walian.

Salah satu bek Persib, Victor Igbonefo, dalam story Instagramnya mengunggah foto dirinya yang sedang membela Timnas Indonesia dan menuliskan rasa kecewanya terkait rencana penerapan regulasi pemain naturalisasi.

Menurut Igbonefo, ketika sedang memperkuat Timnas Indonesia dirinya disebut sebagai warga negara Indonesia (WNI), namun ketika memperkuat klub berubah status menjadi pemain naturalisasi.

"Kalau main di timnas WNI, kalau main di klub pemain naturalisasi," tulis Igbonefo dalam story Instagramnya.

Sebagai informasi, Victor Igbonefo merupakan salah satu pemain naturalisasi yang dimiliki Persib saat mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023. 

Pemain berusia 37 tahun tersebut, menjadi salah satu bek andalan skuat Maung Bandung. Selain itu, Victor Igbonefo juga sering mendapat kepercayaan untuk menjadi kapten tim Persib dan beberapa kali memperkuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sama seperti Victor Igbonefo, pemain depan Persib, Ezra Walian, memberikan tanggapan melalui story Instagramnya mengenai rencana penerapan regulasi pemain naturalisasi untuk kompetisi Liga 1 musim depan.

Pemain berusia 25 tahun ini, dalam story Instagramnya mengunggah foto dirinya sedang bertanding dan memperkuat Timnas Indonesia. Selain itu, dia juga menyampaikan kekecewaannya terhadap regulasi pemain naturalisasi.

Baca Juga

Ezra mempertanyakan keputusan regulasi pemain naturalisasi, pasalnya menurut Ezra pemain tersebut sudah sah menjadi warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.

"Kebangsaan Indonesia, Keluarga Indonesia, Tinggal di Indonesia, kenapa main di Klub jadi Naturalisasi?," tulis Ezra dalam story Instagramnya.

"Kalo main di Timnas wni, kalo main klub pemain naturalisasi," tambahannya.

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Teddy Tjahjono

Berita Terkini