x

Soal Israel di Piala Dunia U-20, Erick Thohir: Kami Hanya Fokus di Timnas Indonesia!

Rabu, 8 Maret 2023 22:03 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Acara peluncuran merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 di FX Senayan, Rabu (08/03/23).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir kembali angkat bicara mengenai kehadiran Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023. Ia menuturkan hanya fokus kepada prestasi Timnas Indonesia.

Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 memang menyisakan 73 hari lagi. Indonesia pun semakin bersiap menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia kategori usia 20 tahun ini.

Dalam perjalanan menuju Piala Dunia U-20 2023, kerikil-kerikil tajam pun kerap muncul ke permukaan.

Seperti halnya adanya Israel yang lolos dan bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Tentu bakal hadirnya Israel mendapat gelombang penolakan dari berbagai pihak.

Disinggung hal ini,Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat bicara terkait Israel yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Ia menegaskan terkait keamanan adalah urusan pemerintah.

Baca Juga

Erick mengatakan bahwa PSSI hanya fokus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Kemarin sudah ada rapat. Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan, kita fokus di situ,” kata Erick Thohir selepas peluncuran merchandise Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, di FX Senayan, Rabu (08/03/23).

Erick menegaskan bahwa urusan politik adalah tugas dari pemerintah. Sehingga dia tidak akan menanggapi hal tersebut lebih jauh.

Baca Juga

“Kita juga fokus mempersiapkan Timnas (Indonesia), urusan politik itu domain-nya bukan di kita, itu jelas domain pemerintah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Erick menyampaikan bahwa sudah ada perjanjian antara pemerintah pusat dengan daerah lokasi venue Piala Dunia U-20 2023 terkait pengamanan peserta.

Sehingga bukan hanya soal Israel saja, tetapi semua peserta juga dipastikan akan aman.

“Pak Menpora menyatakan sudah ada Host City Agreement, antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” kata Erick Thohir.

Baca Juga

1. Urusan Israel Jadi Tanggung Jawab Pemerintah

Acara peluncuran merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 di FX Senayan, Rabu (08/03/23).

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 tidak ada masalah.

Menpora mengatakan terkait hal tersebut sedang dibicarakan dengan Kemenkopolhukam. Hal ini karena berkaitan dengan keamanan tim yang berasal dari luar negeri.

“Jadi begini, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan ini. Pak presiden terutama,” tutur Amali.

Baca Juga

“Tentu ada bagian yang ditugaskan untuk menyelesaikan itu, sekarang sedang dikoordinasikan dengan menkopolhukam. Apakah itu keamanan, hubungan luar negeri dan sebagainya.”

Dengan begitu, Amali mengatakan bahwa soal keamanan Israel juga akan lebih jelasnya dari Menkopolhukam Mahfud MD.

Amali mengatakan Menkopolhukam agar menjelaskan dengan jelas terkait teknis pengamanan peserta Piala Dunia U-20 2023 termasuk Israel.

Baca Juga

“Sekarang yang menangani adalah menkopolhukam, benar kata pak ketum PSSI tugasnya menyiapkan timnas dan teknis pertandingan,” kata Amali.

“Nanti pada saatnya, pasti menkopolhukam akan menyampaikan langkah-langkahnya,” pungkasnya.

Baca Juga
PSSIErick ThohirIsraelBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Zainudin AmaliTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini