x

Resmi! Untuk Ketiga Kalinya di Musim Ini, Arema FC Umumkan Pelatih Baru

Kamis, 9 Maret 2023 14:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Arema FC resmi mengumumkan Joko Susilo sebagai pelatih baru untuk sisa musim Liga 1 2022-2023. Ini menjadi ketiga kalinya klub asal Malang berganti pelatih.

INDOSPORT.COM – Arema FC resmi mengumumkan Joko Susilo sebagai pelatih baru untuk sisa musim Liga 1 2022-2023. Ini menjadi ketiga kalinya klub asal Malang tersebut berganti pelatih.

Pada Kamis (09/03/23), Arema FC melalui akun resmi Instagram-nya resmi memperkenalkan Joko Susilo sebagai pelatih kepala yang baru.

Joko Susilo ditunjuk sebagai pelatih kepala yang baru, setelah sebulan terakhir klub ditangani pelatih caretaker I Putu Gede sejak 6 Februari 2022 silam.

“Selamat datang kembali Coach. Arema FC secara resmi menunjuk Joko Susilo sebagai pelatih kepala. Selamat bertugas Coach JS,” tulis Arema FC.

Melansir dari laman resmi Arema FC, kembalinya Joko Susilo memang sangat diharapkan tim berjulukan Singo Edan, mengingat saat ini tim butuh pelatih berpengalaman dengan lisensi AFC Pro.

Baca Juga

“Secara resmi manajemen Arema FC menarik kembali Coach Getuk untuk kembali masuk memimpin tim," ungkap General Manager ad Interim Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi. 

Selain itu, Joko Susilo merupakan salah satu legenda di skuad Arema FC. Ia lama merintis karier kepelatihannya bersama klub tersebut.

Baca Juga

Terakhir, pria yang akrab disapa Coach Gethuk ini melatih klub Liga 2, PSKC Cimahi.

"Kita semua tahu bagaimana perjalanan Coach Joko Susilo ini, dia kembali ke Arema dengan pengalaman yang sudah matang. Ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri," jelas pria yang akrab disapa Inal ini.

Joko Susilo sendiri menjadi pelatih ketiga yang ditunjuk untuk menangani Arema FC di sepanjang keikursertaan mereka di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

1. Arema FC Sudah Berganti Pelatih 3 Kali Musim Ini

Arema FC.

Awalnya, Arema FC mengawali kiprahnya di Liga 1 musim ini di bawah arahan Eduardo Almeida. Di bawah pelatih asal Portugal, Arema menduduki peringkat kesembilan hingga pekan ke-8.

Dirasa kinerjanya kurang mumpuni, Almeida akhirnya dibebastugaskan per 5 September 2022, dan Arema langsung menunjuk Javier Roca sebagai suksesornya.

Arema FC di bawah besutan Javier Roca mengalami pasang surut, termasuk merasakan terombang-ambing setelah insiden Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Memilih bertahan hingga awal-awal paruh kedua musim ini, juru taktik asal Chila tersebut memilih mundur. Roca mundur imbas 5 kali kekalahan beruntun yang dialami Arema.

Dalam laga terakhir Javier Roca gagal membawa kemenangan bagi Singo Edan. Dalam lawatan pekan ke-22 melawan PSM Makassar. Arema FC harus tunduk dengan skor 0-1.

Baca Juga

Selanjutnya, kursi pelatih Arema FC diisi oleh I Putu Gede. Namun, karena Putu Gede masih mengambil sekolah kepelatihan, untuk sementara Kuncoro akan menakhodai Singo Edan.

Masuknya Joko Susilo diharapkan bisa kembali memunculkan karakter Arema FC yang mulai terkikis sejauh musim ini. Terbukti, dalam lima laga terakhir, Arema menelan tiga kekalahan dan dua kali menang.

Akibatnya, Arema masih bertengger di posisi ke-12 pada klasemen sementara Liga 1 hasil dari 10 kemenangan, 2 imbang, 13 kekalahan dalam 25 pertandingan.

Baca Juga

"Hal penting yang perlu dibangun saat ini adalah mengembalikan karakter. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan membangun pondasi di kepelatihan dengan memasukkan mantan pemain yang pernah berjuang dan berjaya bersama Arema di eranya," tandas Inal.

Joko Susilo akan dibantu jajaran asisten pelatih Arema FC, yakni I Putu Gede, Kuncoro, Singgih Pitono, Siswantoro, Djarot Supriadi, Felipe Americo, dan Paulo Urano Moreira.

Terdekat, komposisi tim pelatih ini akan diuji pada laga lanjutan Liga 1 2022/2023, kontra Dewa United. Laga ini akan dihelat di Stadion PTIK Jakarta Selatan, Jumat (10/03/23).

Baca Juga
Joko SusiloPelatihLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini