x

Tiga Kali Gagal Menang, Bali United Tak Berpikir Ubah Rencana di Liga 1

Rabu, 15 Maret 2023 05:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Selasa (07/03/23). (Foto: Instagram@baliunitedfc)

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menegaskan kegagalan meraih kemenangan dalam tiga laga beruntun tak mengubah rencana tim di Liga 1 2022-2023. Partai tersisa tetap difokuskan untuk melakukan rotasi pemain.

Bali United fokus menjalankan rotasi karena margin poin dengan PSM Makassar terlalu jauh. Dalam dua partai terakhir, Bali United memainkan beberapa nama yang jarang dimainkan musim ini.

Bila bicara hasil akhir, Bali United hanya mendapat satu poin ketika imbang kontra Persita Tangerang 1-1. Kemudian, Bali United menyerah di tangan Bhayangkara FC 1-3.

Namun bila bicara progres para pemain yang diberi kesempatan, Bali United dapat tersenyum lebar. I Made Tito Wiratama sudah mencatatkan satu gol dan tiga assist dalam empat penampilan.

Lalu, Rahmat Arjuna yang baru berusia 18 tahun terpilih sebagai pemain muda terbaik sekaligus masuk Best XI of The Week pekan ke-29.

Baca Juga

Tak kalah memukau adalah performa I Gede Agus Mahendra yang sempat mengisi pos bek kiri menggantikan Ricky Fajrin. Mahe, sapaan akrabnya, membuat beberapa peluang emas lewat pergerakan apik melawan Bhayangkara FC.

Performa gemilang para pemain muda itu membuat Bali United tetap fokus pada rencana. Bali United bakal memberi menit bermain pada pemain yang jarang bermain musim ini, terutama pemain muda.

"Pasti kita bermain bukan buat kalah. Ketika kita bisa menyelesaikan musim ini sesuai target dari manajemen pasti bagus. Tapi menurut saya lebih bagus pakai pemain yang jarang main buat kita bisa lihat mereka," kata Teco, Selasa (14/3/23).

Baca Juga

Menurut Teco, Bali United sudah pasti tak bisa mengejar PSM Makassar dalam perburuan gelar di Liga 1 2022/2023. Maka, Bali United sudah mulai berancang-ancang menatap musim depan.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan sejak sekarang adalah memberi menit bermain pada Rahmat Arjuna dkk.

"Saya pikir waktu mereka main sekarang pasti akan lebih siap untuk liga musim depan," tutur Teco.

Baca Juga

1. Pemain Muda akan Jadi Andalan di Musim Depan

Winger Bali United U-20, Rahmat Arjuna Rezki. Foto: Bali United

Teco menilai kemungkinan para pemain muda lebih sering dimainkan pada musim depan sangat terbuka. Sejak dipromosikan pada awal musim ini, progres para pemain muda sangat luar biasa.

Teco tak hanya melihat Rahmat Arjuna, Made Tito, Mahe hingga I Kadek Arel Priyatna dari beberapa laga di Liga 1. Pemahaman taktik pada saat latihan juga terus meningkat.

"Mereka punya proses bagus di dalam tim. Adaptasi sama tim juga baik. Kondisi fisik, teknik dan taktik semakin meningkat," ungkap Teco.

Baca Juga

"Sekarang mereka sudah bisa main beberapa kali sebagai inti atau dari bangku cadangan. Saya pikir ini proses yang bagus dari semua pemain," imbuh Teco.

Setelah ini, Bali United akan menjamu Madura United pada laga pekan ke-31 Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (16/3/23).

Madura United jelas bukan tim biasa karena dihuni pemain-pemain berpengalaman. Dalam dua partai terakhir, Madura United bisa menang atas PSIS Semarang 2-1 dan PSS Sleman 2-1.

Baca Juga

Terkait kekuatan Madura United, Teco mengaku tak terlalu fokus pada lawan. Ia kembali menegaskan niatnya untuk melakukan rotasi saat melawan Madura United.

"Kita lebih fokus sama tim kita, tapi kami respect sama lawan. Kita dalam beberapa pertandingan terakhir akan kasih kesempatan buat beberapa pemain yang jarang main, buat kita bisa lihat mereka," tegas Teco.

Setelah tiga kali gagal menang, Bali United terlempar ke peringkat enam klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dengan 47 poin dari 29 pertandingan. Madura United dengan 48 poin ada di peringkat lima, namun sudah bermain 30 kali.

Bali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini