x

3 Fakta FK Riteriai, Klub Lithuania yang Bakal Rekrut Wonderkid Papua Milik Persija

Jumat, 17 Maret 2023 17:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat fakta serta catatan menarik dari FK Riteriai, klub Lithuania yang bakal merekrut Barnabas Sobor, salah satu wonderkid Papua milik Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM – Melihat sederet fakta serta catatan menarik dari FK Riteriai, klub Lithuania yang bakal merekrut Barnabas Sobor, salah satu wonderkid Papua milik Persija Jakarta.

Seperti diketahui, FK Riteriai mengaku tengah aktif melakukan negosiasi dengan pihak Barnabas Sobor, bahkan menyatakan optimis bakal segera merekrut sang pemain.

"Saat ini, FK Riteriai sedang aktif berkomunikasi dengan Barnabas Sobor yang merupakan mantan pemain timnas Indonesia U-20," tertulis di akun Instagram FK Riteriai.

"(Barnabas Sobor) kemungkinan akan datang ke Lithuania untuk mewakili FK Riteriai," tulis FK Riteriai, Rabu (15/3/23) kemarin.

Sebelumnya, Barnabas Sobor resmi mengikat kerja sama dengan agensi pemain sepak bola asal Rusia, Young Football Talents (YFT) pada Februari lalu.

Baca Juga

Proses PDKT FK Riteriai dan Barnabas Sobor disinyalir berjalan lancar. Bahkan, klub kasta tertinggi Liga Lithuania itu juga menuliskan kata-kata berbahasa Indonesia.

Sebagai informasi, Barnabas Sobor merupakan salah satu pemain muda Indonesia kelahiran Jayapura, Papua pada 13 Februari 2003 silam.

Baca Juga

Sebelum memperkuat Persija, Barnabas Sobor pernah tampil buat Papua United, lalu membela Persidafon Dafonsoro, hingga main di akademi Persipura Jayapura.

Sayangnya saat di Persija, persaingan di posisi wing back tidaklah mudah dan Barnabas Sobor pun dipinjamkan ke klub kasta kedua, PSPS Riau.

Namun karier Barnabas Sobor terhenti setelah mentas dalam tiga laga di Liga 2 22/23 lantaran kompetisi dihentikan usai Tragedi Kanjuruhan.

Bakal tampil di kasta tertinggi Liga Lithuania bersama FK Riteriai, berikut INDOSPORT rangkum sederet fakta menarik dari calon klub anyar Barnabas Sobor tersebut:

Baca Juga

1. Tampil di Kasta Teratas

Pemain anyar Persija Jakarta, Barnabas Sobor, melakoni pertandingan dalam lanjutan Piala Presiden 2022.

Melansir dari laman resmi klub, diketahui bahwa FK Riteriai tengah bermain di ajang A Lyga atau kasta tertinggi Liga Lithuania.

Tercatat, bahwa FK Riteriai sudah 10 tahun bermain di level teratas Liga Lithuania sejak pertama kali promosi musim 2013 silam.

Terbentuk pada tahun 2005 lalu,  FK Riteriai yang memulai kompetisi dari kasta keempat berhasil mencapai liga tertinggi hanya dalam waktu 8 musim.

Saat ini FK Riteriai dilatih oleh Pablo Villar asal Spanyol. Sayangnya sepanjang musim 22/23, penampilan FK Riteriai alami kemerosotan.

Total dari tiga pertandingan awal A Lyga, skuad Riteriai belum pernah raih satu kemenangan pun dan membuat mereka tertahan di dasar klasemen.

Baca Juga

Pernah Mentas di Liga Europa
Meski terhitung sebagai tim baru, namun FK Riteriai punya rekam jejak cukup mentereng di kompetisi Eropa. FK Riteriai pernah 6 kali mentas di Eropa, tepatnya pada ajang Liga Europa pada musim 2015/16 hingga 2020/21.

Secara keseluruhan, FK Riteriai sudah bermain sebanyak 22 pertandingan di ajang Liga Europa dengan hasil 10     kemenangan, 6 hasil imbang serta menelan 6 kekalahan.

Baca Juga

Pencapaian terbaik FK Riteriai di Eropa terjadi pada musim 2017/18, di mana saat itu mereka hampir lolos ke putaran play-off andai tidak tersingkir pada putaran ketiga kualifikasi.

Prestasi FK Riteriai
Untuk ukuran prestasi, FK Riteriai tergolong sebagai salah satu tim cukup mentereng walau usia mereka masih sangat muda.

Baru menginjak tahun ke-18 berdirinya klub, namun FK Riteriai pernah dua kali menjadi runner up ajang A Lyga pada tahun 2015 dan 2016

FK Riteriai juga meraih peringkat kedua Lithuanian Cup di musim 2016, serta dua kali menjadi runner up pada ajang Lithuanian Super Cup di tahun 2016 dan 2017.

Itulah tadi sederet fakta serta catatan menarik dari FK Riteriai, klub kasta tertinggi Liga Lithuania yang bakal merekrut Barnabas Sobor.

Andai resmi bergabung, mampukah Barnabas Sobor bersinar di klub tersebut? Menarik dinantikan.

Baca Juga
Bursa TransferLithuaniaBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBarnabas Sobor

Berita Terkini