x

Dipanggil Timnas Indonesia U-20, Pelatih Bali United Bicara Kemajuan Made Tito dan Kadek Arel

Sabtu, 18 Maret 2023 04:59 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Bali United menyatakan dengan senang hati melepas I Kadek Arel Priyatna dan I Made Tito Wiratama untuk gabung Timnas Indonesia U-20. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bali United menyatakan dengan senang hati melepas I Kadek Arel Priyatna dan I Made Tito Wiratama untuk gabung Timnas Indonesia U-20.

Keduanya merupakan hasil rotasi pada Liga 1 2022/2023. Kadek Arel dan Made Tito diberi kesempatan tampil setelah Bali United menyerah untuk mengejar PSM Makassar.

Jarak poin yang terlalu jauh membuat Bali United pilih memikirkan musim depan. Beberapa pemain yang tak jarang main ditempa dari musim ini agar lebih siap pada musim depan. Ternyata, dari sederet nama yang diberi kesempatan, ada dua yang memikat pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong.

Mereka adalah Kadek Arel dan Made Tito. Keduanya dipanggil untuk gabung pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 di Jakarta dan Korea Selatan. Kadek Arel menggantikan tempat Marcell Januar dan Made Tito mengisi tempat yang ditinggalkan Zanadin Fariz.

Performa dua nama ini sempat dipantau asisten pelatih Timnas U-20, Nova Arianto di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (16/3/23). Nova menyaksikan aksi keduanya pada laga melawan Madura United.

Baca Juga

Pemanggilan Kadek Arel dan Made tito mendapat sambutan positif dari pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Bali United melepas dengan gembira meski sejatinya masih akan ditempa di fase akhir Liga 1 2022/2023.

"Tidak masalah (absen di Liga 1). Mudah-mudahan mereka bisa main di Timnas dan membantu di sana," kata Teco, Jumat (17/3/23).

Baca Juga

Made Tito sudah tampil lima kali di Liga 1. Dia mencatatkan satu gol dan tiga assist. Sementara Kadek Arel tampil dalam dua pertandingan secara penuh melawan Persita Tangerang dan Madura United.

Teco tak meragukan kualitas keduanya ketika kini berebut tempat di Timnas Indonesia. Sejak dipromosikan ke tim senior musim ini, kemajuan keduanya begitu pesat.

"Mereka sudah memperbaiki kondisi fisik, teknik dan taktik di dalam latihan. Mereka juga beberapa kali main sebagai inti di tim profesional. Mudah-mudahan mereka banyak membantu Timnas ketika main di Piala Dunia," tutur Teco.

Baca Juga

1. Manfaatkan Kesempatan

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Teco menuturkan, Bali United pilih move on setelah kesempatan meraih gelar Liga 1 2022/2023 sudah lepas. Cara terbaik yang bisa dilakukan setelah itu adalah menempa pemain muda.

Made Tito, Kadek Arel, Rahmat Arjuna hingga I Gede Agus Mahendra merupakan aset Bali United. Teco menilai kesempatan main musim ini bisa berefek besar untuk musim depan.

"Yang bagus kita bisa pasang banyak pemain di dalam tim. Ada beberapa pemain yang sebelumnya tidak main dan tidak ada banyak pengalaman. Saya pikir ini penting buat masa depan mereka," jelas Teco.

Kadek Arel diberi kesempatan dengan opsi mencadangkan bek asal Brasil, Wellington Carvalho. Begitu pula ketika Made Tito main, Bali United mencadangkan Fadil Sausu hingga Muhammad Sidik Saimima.

Pembagian menit bermain ini akan menjadi pertimbangan bagi Teco untuk menentukan skuat yang dipertahankan musim depan. Bali United siap bertarung lagi untuk memperebutkan gelar Liga 1 2023/2024.

Baca Juga

"Saya pikir di dalam tim kita sudah melihat proses beberapa pemain untuk musim depan," ucap Teco.

Kini, Bali United tinggal menanti hasil perjuangan Made Tito dan Kadek Arel di Timnas Indonesia U-20. Keduanya belum tentu aman masuk skuat Piala Dunia U-20 2023 meski kini dapat panggilan Shin Tae-yong.

Baca Juga

Di pos gelandang tengah, Made Tito akan bersaing dengan Marselino Ferdinand, Arkhan Fikri, Ahmad Maulana hingga Ivar Jenner.

Sementara di pos bek tengah, Kadek Arel bersaing dengan Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, Sulthan Zaky, Justin Hubner hingga Brandon Scheunemann.

Jika bisa menembus skuad inti timnas Indonesia U-20, bukan tidak mungkin keduanya akan membuat Teco tergoda untuk memainkan mereka lebih sering di Bali United untuk Liga 1 musim depan.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20I Kadek Arel Priyatna

Berita Terkini