x

Persija Pusing 12 Pemain Dipanggil ke Timnas Indonesia, Begini Respons PSSI

Sabtu, 18 Maret 2023 15:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSIS Semarang di Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Kamis (16/03/23). (Foto: MO Persija Jakarta)

INDOSPORT.COM - Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali menyampaikan federasi akan berkomunikasi dengan Persija Jakarta terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia senior, Timnas U-20 dan Timnas U-22.

Itu karena Persija melalui Wakil Presiden, Ganesha Putera mengatakan timnya kesulitan setelah 12 pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia, untuk FIFA match day, TC Timnas U-20 dan Timnas U-22 yang akan ke SEA Games 2023.

Enam pemain Macan Kemayoran diminta  ke Timnas senior untuk FIFA match day di Jakarta, pada 20-29 Maret 2023.

Lalu, enam pemain dipanggil ke Timnas U-20, plus dua yang ada di Timnas senior. Artinya ada delapan pemain Persija ditarik untuk TC Timnas U-20 di Jakarta pada 20 Maret-1 April 2023 dan berlanjut ke Korea Selatan pada 2-20 April 2023. 

Selain itu, ada komunikasi lisan terkait pemanggilan tiga pemain untuk seleksi Timnas U-23 dari 29 Maret 2023 hingga SEA Games 2023 (5-17 Mei 2023).

Baca Juga

Situasi ini membuat Persija pusing tujuh keliling. Pasalnya, ada jadwal laga tunda kontra Persita Tangerang pada 28 Maret mendatang.

Kendati FIFA match day berakhir, Persija dipastikan masih kehilangan pemain yang dipanggil ke Timnas U-20 dan Timnas U-23. Hanya tiga pemain yang pulang ke skuad asuhan Thomas Doll.

Baca Juga

Hal itu yang dipertanyakan tim Ibu Kota, karena 12 pemain yang dipanggil ke Timnas adalah langganan line up di klub.

Jika hanya tiga pemain yang kembali, Persija jelas kesulitan karena masih ada empat laga Liga 1 setelah FIFA match day.

Oleh karena itu, Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putera meminta agar pertandingan Persija vs Persita dijadwalkan ulang setelah FIFA match day. 

Baca Juga

1. Persija Minta Kebijakan

Latihan para pemain Timnas Indonesia U-22 pada TC Tahap Kedua sebagai persiapan SEA Games 2023 di Lapangan B Senayan, Jakarta, Sabtu (11/03/2023).

Tim Macan Kemayoran juga meminta kebijakan PSSI dan pelatih Timnas U-20 dan U-22 agar mengizinkan pemain yang reguler main di Liga 1,  membela Persija terlebih dahulu,  ketimbang hanya berlatih di Timnas. 

"Untuk yang punya menit bermain biarkan mereka bermain di Liga 1. Pemain yang dapat menit bermain biarkan bermain.

Teknisnya bisa didiskusikan. Mungkin kalau TC di Jakarta bisa on and off. Sangat clear kami harus ada kata saling bantu,” kata Ganesha.

Baca Juga

Menanggapi keluh kesah Persija, PSSI menyampaikan akan menjalin komunikasi. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum), Zainudin Amali.

"Ya kami akan komunikasikan," ujar Waketum PSSI.

Ini bukan kali pertama banyak pemain Persija yang dipanggil ke Timnas. Sebelumnya, ada delapan pemain diminta ikut TC Timnas U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Pemanggilan pemain itu sempat dikritik pelatih Persija, Thomas Doll karena hampir semua yang 'pergi' adalah pemain andalan di line up.

Dia bahkan kesal karena berulang kali Muhammad Ferrari dan kolega tidak bisa membela klub saat pertandingan penting.

Baca Juga

Baca Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di Google News

Persija JakartaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Zainudin AmaliOne Football

Berita Terkini