x

Liga 1: Gol Perdana untuk PSS Sleman, Ricky Cawor Ungkit 7 Kekalahan Beruntun

Minggu, 19 Maret 2023 10:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Penyerang baru PSS Sleman, Ricky Cawor.

INDOSPORT.COM - Penyerang asal Papua, Ricky Cawor, gembira dengan gol perdananya untuk PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2022-2023. Tim punya motivasi tinggi untuk mendulang tiga poin setelah menelan tujuh kekalahan beruntun. 

Ricky Cawor tampil bagus bersama Persipura Jayapura musim lalu setelah sempat menjadi sorotan di PON 2020. Total dia mencetak tiga gol dari 16 penampilan. 

Sayangnya, Liga 1 2022-2023 menjadi pekerjaan berat bagi pemain berusia 26 tahun ini. Ia jarang dimainkan Persija Jakarta sepanjang putaran pertama, sehingga memutuskan bergabung ke PSS Sleman memasuki putaran kedua. 

Keputusan menyusul Todd Ferre terbukti tepat. Paceklik gol musim ini berakhir setelah proses gol indahnya menjebol gawang Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/3/23). 

Ricky Cawor dengan luar biasa mengontrol bola lambung yang dilepaskan Kim Kurniawan. Hanya dengan satu gerakan, dia melepaskan sepakan keras tanpa bisa diantisipasi kiper Borneo FC, Angga Saputra. 

Baca Juga

Torehan itu menjadi pembuka kemenangan PSS Sleman. Satu gol tambahan dicetak Irkham Mila, sementara satu gol balasan Borneo FC dicetak Matheus Pato. 

Raihan tiga poin ini sekaligus menutup rentetan hasil super buruk PSS di Liga 1 2022-2023. Mereka diketahui sempat menelan tujuh kekalahan beruntun plus kebobolan 18 gol. 

Baca Juga

"Puji Tuhan bisa mencetak gol pertama buat PSS Sleman dan membantu tim untuk meraih kemenangan," kata Ricky Cawor selepas laga kemarin sore. 

Cawor merasa bahagia dengan kehadiran ribuan suporter saat laga melawan Borneo FC. Suporter tetap memberi dukungan meski PSS baru saja menelan tujuh kekalahan beruntun. 

"Pemain mengucapkan terima kasih kepada suporter yang mendukung kami dari awal sampai akhir. Semoga kemenangan ini bisa memberi motivasi di sisa laga yang ada. Kita berikan yang terbaik buat PSS," tutur Cawor.

Baca Juga

1. Motivasi Berlipat

Selebrasi pemain PSS Sleman, Irkham Zahrul Milla. (Foto: Nofik Lukman Hakim)

Kemenangan 2-1 atas Borneo FC sejatinya di luar prediksi banyak pihak. Bukan saja berangkat dengan bayang-bayang tujuh kekalahan, PSS Sleman pun bermain tanpa pemain asing. 

Jihad Ayoub, Jonathan Cantillana, dan Yevhen Bokhashvili baru menjalani pemulihan cedera, sehingga harus absen. Begitu pula dua kiper yang kerap tampil reguler, Muhammad Ridwan dan Ega Rizky. 

Ricky Cawor juga mengungkapkan hal berbeda yang dirasakan para pemain di atas lapangan. Timnya memiliki keinginan besar untuk menutup rangkaian hasil jelek di depan suporter setia PSS. 

"Semua pemain lebih termotivasi karena tujuh pertandingan terakhir kami kalah. Sekarang kami bermain di rumah sendiri, banyak suporter yang mendukung," jelas Cawor. 

Baca Juga

Tak ketinggalan Cawor turut membahas masa persiapan ideal yang dilakukan PSS. Mereka punya waktu sepekan untuk berbenah setelah kalah dari Madura United. 

"Dalam beberapa hari ini kami memperbaiki organisasi permainan, jadi kami bisa bermain lebih baik dan memenangkan pertandingan," ungkap Ricky Cawor. 

Tambahan tiga poin membuat PSS Sleman untuk sementara naik ke peringkat ke-16 pada klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Mereka mengoleksi 31 poin dari 31 pertandingan. 

Baca Juga

Koleksi poin ini sebenarnya sama dengan Barito Putera, namun PSS berhak naik setingkat karena keunggulan head to head. Pasukan Seto Nurdiyantoro selalu menang atas Barito Putera dalam dua pertemuan musim ini. 

Setelah ini, PSS Sleman memiliki jeda waktu yang panjang karena Liga 1 rehat untuk FIFA Matchday. Mereka baru akan bertanding lagi melawan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, pada 2 April mendatang.

PSS SlemanBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Ricky CaworLiga 1 2022-2023

Berita Terkini