x

Direktur Teknik PSSI: Komisi X Setujui Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20, tapi Ada Syarat Khusus

Senin, 20 Maret 2023 17:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Indra Sjafri memimpin latihan pemain Timnas Indonesia U-22 pada TC Tahap Kedua sebagai persiapan SEA Games 2023 di Lapangan B Senayan, Jakarta, Sabtu (11/03/2023).

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri menyampaikan Komisi X DPR telah menyetujui naturalisasi untuk tiga pemain Timnas Indonesia U-20 yakni Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick setelah dilakukan rapat dengar pendapat, Senin (20/03/23).

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda telah mengetuk palu, tanda menyetujui permohonan naturalisasi PSSI. 

Setelahnya, DPR mengajukan syarat agar federasi fokus membenahi pembinaan usia dini agar tidak menjadikan naturalisasi sebagai solusi jangka panjang meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

"Tadi rapat dengar pendapat dengan Komisi X dan Komisi III, alhamdulillah sudah menyetujui, diketuk palu oleh Pak Syaiful Ketua dari Komisi X," buka Indra Sjafri.

"Pada prinsipnya, DPR menyetujui naturalisasi tiga pemain tapi dengan syarat kita juga harus berbenah, jangan lupa soal pembinaan usia dini dan DPR meminta buat roadmap jangka pendek, menengah dan panjang," imbuhnya.

Baca Juga

Menurut Indra Sjafri, permintaan DPR itu adalah hal yang wajar. PSSI juga telah membahas hal tersebut dalam sarasehan dengan klub Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov.

PSSI akan menyusun blueprint untuk sepak bola nasional agar semuanya tertata rapi, sehingga bisa mendorong prestasi Timnas.

Baca Juga

"Saya pikir permintaan itu sudah dipersiapkan oleh Ketua Umum PSSI.  Kemarin kita sarasehan dengan Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov, nanti kita punya blueprint jangka panjang, menengah dan pendek," tutur Indra Sjafri.

Saat rapat dengan pendapat dengan Komisi X DPR RI, tiga pemain keturunan Belanda itu tidak hadir secara langsung. Mereka mengikuti secara online, tapi hanya Rafael Struick dan Ivar Jenner yang hadir.

Sebelumnya, proses naturalisasi ketiga pemain itu masih tertahan di DPR karena masih ada reses hingga 13 Maret lalu.

Padahal dokumen ketiganya sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan telah diserahkan ke DPR RI untuk dibahas di rapat paripurna.

Baca Juga

1. Pemain Naturalisasi Untuk Piala Dunia U-20

Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

Naturalisasi para pemain keturunan memang rekomendasi pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong dengan alasan agar bisa bersaing di Piala Dunia U-202023. Indonesia akan jadi tuan rumah event dua tahunan itu.

Shin Tae-yong butuh pemain dengan fisik di atas rata-rata dan dengan kemampuan olah bola yang mumpuni. 

Baca Juga

Ivar Jenner diketahui lahir pada 10 Januari 2004 dan kini bermain untuk tim U-21 Jong Utrecht. Sedangkan Justin Hubner pada 14 September 2003 dan sedang meniti karir di klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Sementara itu, Rafael Struick lahir 27 Maret 2003. Dia berposisi sebagai penyerang untuk klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag. 

Akan tetapi, belakangan Justin Hubner mendapat panggilan seleksi untuk Timnas Belanda U-20. Dia disiapkan untuk laga uji coba lawan Prancis U-20. 

PSSIIndra SjafriNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini