x

Lanjutkan Tugas Besar Hugo Lloris, Kylian Mbappe Jadi Kapten Timnas Prancis

Selasa, 21 Maret 2023 09:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, jadi kapten Timnas Prancis. Foto: REUTERS-Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM – Bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, resmi ditunjuk sebagai kapten tim nasional Prancis untuk Kualifikasi Euro 2024 bulan ini.

Melansir dari ESPN, pelatih Les Bleus, Didier Deschamps mengumumkan kepada para pemainnya bahwa Mbappe akan mengenakan ban kapten.

Mbappe mengambil alih posisi kapten yang sebelumnya dikenakan oleh Hugo Lloris selama 14 tahun, dari 2008 hingga 2022.

Namun, Lloris belum lama ini memutuskan pensiun dari kariernya di sepak bola internasional setelah tampil gemilang di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebelumnya, Mbappe telah diajak berbincang oleh Deschamps pada Senin (20/03/23) di pusat pelatihan Timnas Prancis yang berlokasi di Clairefontain.

Baca Juga

Selain Mbappe, Deschamps sejatinya memiliki kandidat lainnya untuk mengenakan ban kapten. Dia adalah bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Sosok Antoine Griezmann memang layak dijadikan suksesor Hugo Lloris menilik dari perannya yang sangat vital selama Piala Dunia 2022 kemarin.

Baca Juga

Namun, Dechamps memutuskan menunjuk Mbappe ketimbang Griezmann karena sang pelatih ingin menunjukkan wajah baru dan moden dari tim besutannya tersebut.

Penyerang berusia 24 tahun itu akan menjadi salah satu kapten termuda Prancis, menyusul jejal Hugo Lloris. Antoine Griezmann akan berdiri di belakangnya sebagai wakil kapten.

Sebelumnya, Didier Deschamps, dalam konferensi pers pada Senin kemarin sempat mengisyaratkan akan menunjuk Kylian Mbappe sebagai kapten Timnas Prancis.

Baca Juga

1. Decshamps Beberkan Alasan Tunjuk Mbappe Jadi Kapten

Bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, jadi kapten Timnas Prancis. Foto: REUTERS-Carl Recine.

Didier Deschamps menuturkan Kylian Mbappe layak dijadikan kapten karena sang pemain memiliki semua kualitas di Timnas Prancis, termasuk soal aspek komunikasi.

“Saya dalam beberapa hari pertama ini berdikusi dengan para pemain (soal penunjukan kapten). Tentu saja, Kylian adalah salah satunya,” tutur Deschamps dilansir dari Goal International.

“Saya pikir jika dia (Mbappe) memiliki satu kualitas, selain semua kualitas lainnya, dia adalah seseorang yang cukup bagus, sangat bagus dalam komunikasi,” terang Deschamps.

Deschamps juga menyatakan bahwa dia bisa merasakan kepemimpinan Mbappe semakin meningkat sejak Piala Dunia 2022.

Mbappe sendiri sebelumnya memang pernah mengenakan ban kapten Timnas Prancis, di pertengahan pertandingan melawan Denmark pada bulan September 2022.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, Mbappe juga dianggap salah satu ikon sepak bola modern Timnas Prancis. Dia mencatatkan 66 caps dan mencetak 36 gol untuk negaranya.

Bukan hanya itu, Kylian Mbappe juga telah berkontribusi banyak untuk Timnas Prancis yang mencapai final Piala Dunia 2022 dan menjadi top skor dengan 8 gol.

Baca Juga

Mbappe akan memulai tugas barunya ini pada Jumat (25/03/23) saat Timnas Prancis menjamu Belanda di Stade de France pada pertandingan Kualifikasi Euro 2024.

Selanjutnya, Mbappe dan kawan-kawan akan mengunjungi Irlandia di Dublin untuk kompetisi yang sama pada Selasa (28/03/23) mendatang.

Sekedar Infomari, Prancis sendiri masuk Grup B Kualifikasi Piala Eropa alias Euro 2024 yang di dalamnya berisikan tim-tim seperti Belanda, Prancis, Gibraltar, Yunani, dan Irlandia.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

PrancisDidier DeschampsHugo LlorisKualifikasi EuroBola InternasionalKylian MbappeEuro 2024

Berita Terkini