x

Absen Panjang di Liga 1, Kapten Madura United Malah Berpeluang Comeback di Timnas Indonesia

Rabu, 22 Maret 2023 16:22 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Fachruddin Wahyudi Aryanto (kanan) berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Burundi usai cedera panjang.

INDOSPORT.COM - Fachruddin Wahyudi Aryanto tergolong pemain yang mengalami pengalaman unik selama berlangsungnya kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

Bek tangguh sekaligus kapten tim Madura United sebelumnya harus absen panjang, akibat cedera yang dialami saat membela Timnas Indonesia.

Fachruddin mesti menjalani rangkaian program pemulihan sepulang membela Timnas Senior di Piala AFF awal Januari 2023 lalu.

Dia kemudian dinyatakan terbebas dari cedera setelah 3 bulan bersama Madura United. Namun, aksi come backnya justru tidak untuk MU.

Fachruddin malah memenuhi panggilan tim nasional senior dalam agenda FIFA Matchday menghadapi Burundi 25 dan 28 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga

Untuk situasi ini, pihak Madura United memberikan klarifikasi. Bahwa secara prinsip, klub mendukung pemanggilan pemain ke Timnas.

"Kami mengizinkan Fachruddin Wahyudi Aryanto dipanggil tim nasional (senior)," ucap Manajer Madura United, Umar Wachdin kepada awak media.

Baca Juga

Pemberian izin Madura United juga berdasarkan rekomendasi dari tim medis. Intinya, kondisi Fachruddin dinyatakan fit untuk come back ke lapangan hijau.

"Tim medis sudah mengizinkan untuk bergabung dalam latihan tim, karena dirasa kondisinya sudah aman," Umar Wachdin membeberkan.

"Hanya dia perlu mengembalikan sisi trauma (atas cederanya) saja," sambung manajer tim Laskar Sape Kerrab tersebut.

Baca Juga

1. Pertimbangan Teknis

Fachruddin Wahyudi Aryanto (kanan) berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Burundi usai cedera panjang.

Lantas, apa pertimbangan Madura United melepas bek utamanya itu? Karena disisi lain, Fachruddin baru saja terbebas dari cedera.

Ditambah lagi, Fachruddin Wahyudi Aryanto juga belum sekali pun mendapat kesempatan untuk come back bersama klub di Liga 1.

Sedangkan Timnas Senior malah memanggilnya ke dalam 25 pemain yang diproyeksikan selama FIFA Matchday menghadapi Burundi pekan depan.

"Menurut kami, FIFA Matchday adalah waktu yang ideal mencoba pemain yang baru pulih dari cedera," ungkap Umar Wachdin.

"Karena tensi (pertandingan) nya pun tidak terlalu tinggi. Semoga dia bisa menghilangkan sisi traumanya," Manajer Madura United itu menambahkan.

Baca Juga

Fachruddin Wahyudi Aryanto sejatinya tampil cukup lugas menjaga benteng pertahanan Madura United, berduet dengan bek Brasil, Cleberson Martins.

Bek tengah berusia 34 tahun itu tampil dalam 11 pekan awal Liga 1 dan membawa Madura United konsisten menghuni puncak klasemen.

Baca Juga

Dia lantas menjadi penghuni tetap di jantung pertahanan Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF. Fachruddin tampil dalam 5 laga hingga semifinal.

Namun, Fachruddin justru terindikasi cedera ketika kembali ke Madura United. Cederanya bahkan terbilang cukup parah.

Situasi ini yang membuatnya absen selama 20 laga. Imbasnya pun terlihat setelah Madura United terlempar dari perebutan jalur juara Liga 1.

Baca Juga
Timnas IndonesiaMadura United FCLiga IndonesiaFachrudin AryantoBurundiShin Tae-yong

Berita Terkini