x

Ada Bintang Muda RB Leipzig, Saatnya Liverpool Move On dari Jude Bellingham

Rabu, 22 Maret 2023 12:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jude Bellingham, pemain Borussia Dortmund yang sudah lama diincar Liverpool. Foto: Nick Potts/PA Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa melirik sosok Dominik Szoboszlai alih-alih menyimpan hasrat yang terus terpendam pada Jude Bellingham.

Seperti diketahui, Liverpool merupakan salah satu peminat lama Jude Bellingham yang saat ini masih belum angkat kaki dari raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Kedatangan pemain muda Timnas Inggris tersebut diharapkan bisa menambah kekuatan The Reds di sektor gelandang, yang belum lama ini juga bermasalah.

Akan tetapi, Jude Bellingham yang diidam-idamkan itu tidak kunjung datang ke skuad Jurgen Klopp. Yang ada, Liverpool malah meminjam Arthur Melo dari Juventus.

Tentu saja, mendatangkan Jude Bellingham bukan perkara mudah, apalagi mengingat penampilannya yang gemilang dan impresif bersama Die Borussen.

Baca Juga

Di sisi lain, Liverpool pun bukan satu-satunya klub yang meminatinya setiap bursa transfer dibuka. Saingan mereka juga sangat banyak.

Meski begitu, Jurgen Klopp dan Liverpool bukan tanpa opsi alternatif. Ada Dominik Szoboszlai yang saat ini bermain untuk rival Borussia Dortmund, RB Leipzig.

Baca Juga

Nama yang satu ini sejatinya sudah tidak asing di telinga para penggemar dan suporter The Reds, mengingat ia sudah pernah dikaitkan dengan Liverpool pada masa lampau.

Bahkan pada 2022 lalu ia pernah disebut-sebut berpotensi merapat ke raksasa Liga Inggris tersebut saat bursa transfer musim panas.

Saat itu, Liverpool sudah mulai dipusingkan dengan nasib masa depan James Milner, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain, ditambah kepergian Giorginio Wijnaldum.

Baca Juga

1. Kualitas Dominik Szoboszlai

Pemain RB Leipzig, Dominik Szoboszlai (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

Jika melihat berbagai macam kesulitan Liverpool dalam merekrut Jude Bellingham, Dominik Szoboszlai pun bisa jadi opsi alternatif lumayan bagi Jurgen Klopp.

Gelandang yang satu ini memiliki label yang tidak terlalu mahal dibandingkan Jude Bellingham. Selain itu, ia juga jagoan di situasi bola mati.

Pada 2020, Dominik Szoboszlai bahkan bisa memborong tujuh gol melalui tendangan bebas langsung, yang menjadikannya salah satu eksekutor set-piece paling mengerikan di Eropa.

Lalu sejak pindah ke RB Leipzig pada 2021, ia tidak menunjukkan tanda-tanda mengendur. Yang lebih mengerikannya lagi, ia juga mencetak cukup banyak gol dari luar kotak penalti.

Selain itu, Dominik Szoboszlai juga pemain dengan kemampuan serbabisa, yang bisa membuat Jurgen Klopp tersenyum simpul.

Baca Juga

Jebolan Liefering dan Videoton itu bisa bermain sebagai gelandang tengah dan punya pengalaman di pos gelandang bertahan saat menimba ilmu di level akademi.

Kebisaannya beroperasi sebagai gelandang serang yang bermain melebar juga membuat Jurgen Klopp lebih leluasa dan fleksibel dalam urusan taktik.

Baca Juga

Di sisi lain, Jude Bellingham lebih sering bermain sebagai gelandang tengah dan kemungkinan besar tidak bisa menjanjikan kualitas serbabisa seperti Dominik Szoboszlai.

Hanya saja, Jude Bellingham memang unggul dari segi kualitas box-to-box yang tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Namun klausul tebusnya yang selangit adalah batu sandungan bagi Liverpool, sedangkan di sisi lain Dominik Szoboszlai bernilai hampir separuh lebih murah darinya.

Baca Juga

2. Sekilas Profil Dominik Szoboszlai

Pemain RB Leipzig, Dominik Szoboszlai (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

Dominik Szoboszlai lahir di Hungaria pada 25 Oktober 2000, usianya sekarang 22 tahun dan tercatat sebagai pemain RB Leipzig sejak 2021.

Sebelum bergabung dengan klub Bundesliga Jerman tersebut, Dominik Szoboszlai sudah menimba ilmu di berbagai tempat sejak usia muda.

Ia mengawali karier seniornya di Liefering pada musim 2017-2018 di pertandingan kontra Kapfenberg, yang bermain di liga kasta kedua Austria.

Pada 2018, Dominik Szoboszlai menancapkan kaki ke level yang lebih tinggi dengan merapat ke RB Salzburg. Di sinilah ia merasakan kompetisi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Kariernya pun perlahan mulai menanjak, seiring penampilan yang luar biasa dan rentetan gol yang cukup impresif di kompetisi Bundesliga Austria.

Meski tidak segacor Erling Haaland, Dominik Szoboszlai sudah berhasil mencuri atensi publik sepak bola hingga akhirnya ia hijrah ke RB Leipzig pada Januari 2021.

Bersama RB Leipzig, Dominik Szoboszlai pun tidak kehilangan pamor meski sempat mengalami cedera panjang pada musim 2020-2021.

Baik di Salzburg dan Leipzig, pemain Timnas Hungaria ini sudah cukup ‘kenyang’ dalam berburu gelar  Bundesliga maupun kompetisi-kompetisi piala.

Bahkan, saat bersama RB Salzburg, Dominik Szoboszlai mencicipi empat kali juara liga secara beruntun pada 2017-2018, 2018-2019, 2019-2020, dan 2020-2021.

Namaun sayang untuk gelar Bundesliga Jerman, RB Leipzig untuk sekarang belum bisa berbuat banyak, karena ada Bayern Munchen yang masih terlalu sulit ditaklukkan.

Sumber: liverpool.com, bundesliga.com

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Bursa TransferLiverpoolBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainJude BellinghamDominik Szoboszlai

Berita Terkini