x

Bos Persis Solo Bicara Format Baru Liga Indonesia: Mirip Kompetisi Basket NBA

Rabu, 22 Maret 2023 17:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, melihat hal positif dari wacana format baru pada kompetisi Liga Indonesia musim depan.

INDOSPORT.COM - Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, melihat hal positif dari wacana format baru pada kompetisi Liga Indonesia musim depan. Format yang mirip dengan kompetisi basket NBA ini malah dirasa lebih seru.

Sarasehan sepak bola Indonesia di Surabaya pada 4 Maret 2023 salah satunya membahas wacana format baru pada kompetisi musim depan.

Klub-klub sepakat dengan format kompetisi penuh, kemudian berlanjut pada babak play-off. Empat tim teratas akan saling diadu untuk memperebutkan tiket final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Format ini memang belum ada ketok palu. Namun, ketika klub-klub sudah sepakat dengan format ini saat di Surabaya, maka format ini hampir pasti digunakan pada kompetisi musim depan.

Persis Solo menjadi klub yang bersemangat menatap format ini. Kevin Nugroho tak memungkiri bahwa format play-off ini identik dengan kompetisi basket NBA.

Baca Juga

Di kompetisi basket Indonesia, format play-off juga digunakan untuk mencari dua tim terbaik yang melaju ke final. Namun menurut Kevin, justru format semacam ini yang membuat kompetisi Liga Indonesia akan semakin seru.

"Dibilang NBA banget, ya sebenarnya memang secara bisnis lebih bagus. Tinggal di-balance saja," kata Kevin Nugroho.

Baca Juga

Kevin mengatakan format play-off empat tim yang berebut gelar ini lebih menarik di mata para sponsor. Ada sorotan yang begitu besar pada perebutan tiket ke final Liga Indonesia 2023/2024.

Berdasarkan hasil sarasehan di Surabaya, tim peringkat satu akan bertemu tim peringkat empat. Sementara tim peringkat dua akan berjumpa peringkat tiga. Nah, tim dari peringkat satu dan dua berhak jadi tuan rumah.

"Lebih seru. Secara pertandingan lebih seru, secara komersial lebih bagus. Jadi, win-win buat semuanya," ujar Kevin.

Baca Juga

1. Keuntungan Format Mirip Basket

Salah satu pemilik saham Persis Solo, Kevin Nugroho saat menemui para suporter yang hadir di Lapangan Banyuanyar, Solo, Selasa (9/8/22). Foto: Persis Solo via twitter@knugroho33

Dari format baru ini, tim yang juara benar-benar akan teruji. Mereka tak sekadar diuji dalam format kandang tandang kompetisi penuh, tetapi juga babak play-off yang pastinya membutuhkan mentalitas yang kuat.

"Keuntungannya, yang pertama, daya tarik sponsor. Kedua, kita akan melihat tim yang benar-benar bisa juara. Saya rasa akan menjadi lebih deg-degan," papar Kevin.

Kevin menyebut bahwa Persis Solo punya keinginan untuk menembus papan atas pada Liga Indonesia musim depan. Nah, posisi yang coba diincar adalah tiket play-off atau tim peringkat satu hingga empat.

"Kalau jadi (pakai format baru), targetnya empat besar agar masuk play-off. Sapa tahu dari situ, diadu lagi, bisa juara. Ya kita lihat saja," ucapnya.

Persis Solo sudah coba menggelar persiapan matang dengan mematenkan Edwin Klok sebagai direktur olahraga. Edwin bersama pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bakal bahu-membahu mencari pemain baru berkualitas.

Baca Juga

Sementara dari sisi manajemen, Kevin memastikan Persis Solo akan memperkenalkan sponsor baru. Sokongan dana ini menjadi modal mengikat pemain-pemain berkualitas.

Perkenalan sponsor belum dilakukan dalam waktu dekat. Kevin menyebut sponsor akan diumumkan setelah kompetisi Liga 1 2022/2023 selesai.

Baca Juga

"Nanti akan ada launching tim dan sponsor setelah Lebaran," ungkap Kevin.

Untuk musim ini, Persis Solo memiliki target "spesial" di klasemen akhir Liga 1 2022/2023. Persis Solo ingin berada di atas tim tetangga, PSIS Semarang.

Saat ini Persis Solo ada di peringkat sembilan dengan 40 poin dari 31 pertandingan. Sementara PSIS Semarang ada di peringkat 12 klasemen Liga 1 dengan 35 poin dari 29 pertandingan.

Baca Juga
NBAPSSIPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini