x

Italia Keok dari Inggris Gara-gara Mancini Ogah Pasang Penggawa Juventus

Jumat, 24 Maret 2023 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Kualifikasi Euro 2024 antara Italia vs Inggris.

INDOSPORT.COM – Kekalahan Italia dari Inggris dalam laga perdana kualifikasi Euro 2024, Jumat (24/3/23) dini hari WIB, disinyalir karena Roberto Mancini tidak memanggil satu pun pemain Juventus.

Timnas Italia yang tempo hari gagal lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar dan hanya mencapai semifinal UEFA Nation League musim ini, memulai kualifikasi Euro 2024 dengan kekalahan mengejutkan.

Bermain di Stadio Diego Armando Maradona, (24/3/23) dini hari WIB, pasukan Roberto Mancini menelan pil pahit usai keok 1-2 dari Inggris.

Gli Azzurri sudah tertinggal 0-2 di pertandingan pembuka Grup C tersebut sebelum debutan Mato Retegui memperkecil kedudukan dengan mencetak gol, 11 menit memasuki kedua.

Mirisnya lagi, Italia yang tidak diperkuat Gianluigi Donnarumma hingga Nicolo Barella tidak mampu memanfaatkan peluang saat Inggris dipaksa bermain 10 pemain usai Luke Shaw diusir pada menit ke-80.

Baca Juga

Bukan kebetulan, kekalahan yang dialami Italia dari Inggris ini terjadi usai Roberto Mancini memutuskan tak memanggil satu pun pemain Juventus dalam kualifikasi Piala Italia.

Melansir Football Italia, inilah pertama kalinya dalam 29 tahun timnas Italia tidak diperkuat pemain dari Juventus, klub terbesar di sepanjang sejarah Serie A.

Dalam sejarahnya, terakhir kali Italia tidak melibatkan satu pun pemain Juventus terjadi saat ikut di ajang Kualifikasi Piala Eropa 1996.

Baca Juga

Saat itu, timnas Italia yang ditangani pelatih legendaris Arrigo Sacchi berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Estonia berkat gol dari Christian Panucci dan Pierluigi Casiraghi.

Namun bak bumi dan langit, Mancini seolah gagal mengulangi kesuksesan Sacchi yang mengantarkan Italia meraih kemenangan tanpa pemain Juventus di ajang Euro.

Sebelumnya, Roberto Mancini memanggil 30 pemain jelang duel melawan Inggris dan Malda dalam kualifikasi Euro 2024 pada jeda international Maret 2023 ini.

Dari 30 nama yang dipanggil Mancini, beberapa pemain harus kembali ke klub lebih cepat termasuk dua penggawa Juventus yakni Leonardo Bonucci dan Federico Chiesa.

Baca Juga

1. Kenapa Tidak Dipanggil?

Pemain Inggris Harry Kane diapit oleh dua pemain Italia Sandro Tonali dan Wilfried Gnonto di Kualifikasi Kejuaraan Eropa. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Kapten tim Bonucci harus pulang ke Turin usai memiliki keluhan pada kakinya. Sementara winger Juventus, Federico Chiesa tidak dalam kondisi bugar sehingga namanya dicoret dalam duel lawan Inggris.

Dengan absennya Bonucci dan Chiese, Roberto Mancini sejatinya bisa memanggil perwakilan Bianconeri lainnya untuk memperkuat tim inti atau di antara pemain pengganti timnas Italia.

Para pemain Juve yang sebelumnya bermain untuk Gli Azzuri, seperti Moise Kean, Manuel Locatelli dan Mattia Perin semuanya tidak dipanggil untuk kualifikasi Euro 2024.

Di antara pemain regular tersebut, Manuel Locatelli memiliki peran penting dalam keberhasilan Italia memenangkan gelar juara Euro 2020.

Saat itu, Locatelli mendapatkan keperayaan bermain lima dari tujuh pertandingan yang dijalani Gli Azzurri di turnamen tersebut.

Baca Juga

Sayangnya, sejak September 2020, Locatelli tidak dipanggil lagi oleh Mancini sejak dia mengalami cedera otot dan sempat absen di FIFA Matchday November karena alasan pribadi.

Sebagai gantinya, Mancini memutuskan memanggil Nicolo Barella, Bryan Cristante, Davide Frattesi, Jorginho, Lorenzo Pellegrini, Matteo Pessina, Sandro Tonali, dan Marco Verratti.

Roberto Mancini juga tidak memanggil Nicolo Fagioli yang berusia 22 tahun untuk mewakili timnas Italia, serta gelandang mudaa Juventus, Fabio Miretti yang baru berusia 19 tahun.

Baca Juga

Menilik dari performanya di Liga Italia, Nicolo Fagioli tampil mengesankan saat membantu Juventus mencuri kemenangan di kandang Inter Milan pada 20 Maret lalu.

Selain itu, Fagioli juga sudah menjalani debut seniornya di Timnas Italia pada November 2022 setelah membuktikan kemampuannya dengan tampil enam caps bersama skuad Italia U-21.

Sayangnya, Fagioli masih belum mendapatkan kepercayaan dengan Mancini. Malah, sang pelatih memilih mendatangkan Simone Pafundi dari Udinese.

Baca Juga
InggrisItaliaRoberto ManciniJuventusBola InternasionalEuro 2024

Berita Terkini