x

Timnas Italia Terlambat Regenerasi, Mancini Ajak Ubah Mentalitas untuk Percaya Pemain Muda

Selasa, 24 Januari 2023 02:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Gli Azzurri terlambat regenerasi, pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, mengajak ubah mentalitasi untuk mempercayai pemain muda.

INDOSPORT.COM Gli Azzurri terlambat regenerasi, pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, mengajak mengubah mentalitasi untuk mempercayai pemain muda.

Masalah keterlambatan generasi memang menderpa Timnas Italia pada saat ini mengingat Gli Azzurri dahulunya sempat terlalu mengandalkan generasi emasnya yang sudah menua.

Terlebih lagi, saking percayanya dengan pemain senior itu, sang pemenang Piala Dunia 2006 lalu itu enggan mempercayai pemain muda.

Hal itu tentu membuat Timnas Italia bahkan tidak lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu sehingga menjadi satu-satunya negara besar di dunia sepak bola yang tak tampil di ajang akbar internasional empat tahunan itu.

Sementara itu, Roberto Mancini ingin mengubah pandangan tersebut dan dirinya mengakui kesulitan menukangi Timnas Italia di awal musim apalagi saat pandemi Covid-19 merebak dalam tahap awal.

Baca Juga

“Bukan waktu yang mudah, kami harus menyiapkan laga penting. Kami memang melakukan tes setiap hari tanpa mengetahui apakah kami bisa mengandalkan pemain-pemain (ini).

“Saya percaya bahwa ketika atlet mencapai level tertentu, mereka juga siap menangani situasi tertentu pula. Layaknya anak-anak, mereka keluar dari rumah dan mulai menyelesaikan masalah,”

Baca Juga

“Anak-anak itu sudah ‘divaksinasi’ sehingga mereka siap. Ini smemua tidak semudah itu, kami memiliki kesulitan, seperti menyusun line-up dua hari sebelum mulainya kompetisi dan ada beberapa kasus positif (Covid-19).”

Kesulitan itu tampaknya membuat Roberto Mancini makin bertambah pengalamannya sehingga mulai memahami apa yang harus diperbaiki dalam diri Timnas Italia ini.

Oleh sebab itu, dia ingin memulainya dengan perubahan generasi di Timnas Italia mengingat Gli Azzurri terlambat melakukan regenerasi skuad.

Baca Juga

1. Timnas Italia Harus Percayai Pemain Muda

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, berkomentar bahwa sepak bola merupakan olahraga yang lebih sulit dari olahraga lainnya karena di Italia, mereka harus mengubah mentalitas berpikir untuk mempercayai pemain muda.

“Sepak bola lebih sulit daripada bola voli, bola basket, ataupun polo air. Di Italia, kami harus menguabah mentalitas kami dan berpikir bahwa pemain berusia 18-19 tahun bisa bermain di level tertinggi,” kata Mancini.

“Kami harus membuat mereka percaya diri. Kami harus memberikan kesempatan untuk membuat kesalahan dan dipanggilke Timnas.”

“Contohnya adalah pemain U-21 dan juga pemain yang berusia 23 tahun yang beberapa dari mereka tidak bermain bersama tim utama, sehingga sulit bagi kami mencari pemain berbakat.”

Tak hanya itu, Mancini mengungkapkan bahwa staf pelatih punya peran yang fundamental yang mana mereka juga punya kesempatan untuk berbicara dan menerima umpan balik dari pemain yang tak dibagikan pada pelatih.

Baca Juga

Sementara itu, eks pelatih Manchester City ini mengungkapkan tujuannya bersama Timnas Italia untuk tahun 2023 ini.

“Kami harus mencoba menyelamatkan diri kami sendiri. Tahun ini bakal jadi tahun yang penting karena adanya finals Nations League dan kualifikasi Euro 2024, kami harus membuat kesalahan sedikit mungkin.”

Baca Juga

Perjalanan Timnas Italia untuk menyempurnakan skuadnya kemungkinan perlu waktu yang lama karena mereka baru saja masuk ke dalam masa transisi mempercayai pemain muda.

Gli Azzurri nantinya bakal diuji di laga perdana Kualifikasi Euro 2024 antara Italia vs Inggris pada (24/03/2023) pukul 02:45 WIB di Stadion Diego Armando Maradona.

Tiga hari berselang pasukan Roberto Mancini bakal melanjutkan laga kedua kualifikasi Euro 2024 antara Malta vs Italia pada (27/03/2023) pukul 01:45 WIB.

Baca Juga

Sumber: Football Italia

ItaliaRoberto ManciniBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini