x

Rumor Pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Gibran Rakabuming Pilih Irit Bicara

Senin, 27 Maret 2023 19:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Walikota Solo, Gibran Rakabuming, enggan berkomentar banyak terkait rumor pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dia menegaskan Solo siap jadi tuan rumah yang baik.

Rumor terus berkembang setelah FIFA membatalkan niat untuk menggelar drawing di Bali pada akhir bulan ini, hanya berselang beberapa hari setelah Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengambil sikap menolak Israel. 

Sikap itu disampaikan melalui surat tertanggal 14 Maret 2023. Rumor ini sejatinya sangat mengagetkan karena perwakilan dari FIFA tetap melakukan pengecekan terhadap Stadion Manahan Solo pada Sabtu (25/3/23).

FIFA menghadirkan 30 orang untuk mengecek kesiapan Manahan. Rombongan juga turut mengecek empat lapangan pendamping yang ada di Solo.

Terkait rumor itu, Gibran Rakabuming tak mau berbicara banyak. Dia meminta masyarakat untuk menunggu informasi resmi dari FIFA dan PSSI.

Baca Juga

"Saya sedang menunggu berita resmi dari FIFA dan PSSI. Kalau boleh lanjut ya lanjut, kalau tidak jadi ya (venue) dipakai sendiri," kata Gibran, Senin (27/3/23).

Gibran menegaskan Pemkot Solo sudah berupaya keras untuk menyiapkan kotanya sebagai venue Piala Dunia U-20 2023. Kawasan di sekitar area Stadion Manahan sudah ditata dengan sangat cantik.

Baca Juga

Gibran mengaku tak tahu kapan keputusan terkait Piala Dunia U-20 2023 akan dibuat. Hal itu menjadi ranah dari FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

"Saya tidak tahu (keputusannya kapan). Tugas saya menyiapkan venue. Inspeksi (FIFA) juga sudah dilakukan. (Solo) sudah siap," tegas Gibran.

Baca Juga

1. Drawing di Solo?

Logo Piala Dunia U-20 2023.

Gibran menegaskan kota Solo masih bersemangat menggelar Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, andai ada perintah drawing dipindah ke Solo, dia mengaku siap.

"Saya tidak tahu (nasib drawing). Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap," tegas putra sulung Presiden RI, Joko Widodo itu.

Di tengah gonjang-ganjing ini, Gibran menyebut persiapan menatap Piala Dunia U-20 2023 terus berjalan. Ia menemani Wishnutama mengecek Stadion Manahan beberapa hari lalu.

Baca Juga

Ya, Wishnutama merupakan sosok yang dipercaya menjadi perancang acara closing ceremony Piala Dunia U-20 2023 yang bakal berlangsung di Stadion Manahan Solo, 11 Juni mendatang.

"Masih jalan. Kemarin sudah sama pak Wishnutama. (menyiapkan) banyak. Acara closing, side event, banyak," ungkap Gibran Rakabuming.

"Kami sudah tahu levelnya (Wishnutama) seperti apa. Banyak melibatkan seniman lokal, anak-anak muda, meriah. Insha Allah lebih meriah (dari ASEAN Para Games), tapi ya ditunggu saja, jadi atau tidak," tandasnya.

Baca Juga

Di tengah rumor pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Argentina dikabarkan menyatakan kesiapannya menjadi pengganti.

Kini, muncul kabar lagi bahwa surat pembatalan sudah dikirimkan FIFA ke pemerintah Indonesia. Namun, belum ada pernyataan resmi terkait hal ini.

FIFAPSSIPiala Dunia U-20SoloLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Gibran Rakabuming RakaOne Football

Berita Terkini