x

PSM di Ambang Juara Liga 1, Kapten Persib Masih Optimis dan Pantang Menyerah

Jumat, 31 Maret 2023 14:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, masih optimis timnya bisa meraih gelar juara pada kompetisi Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, masih optimis timnya bisa meraih gelar juara pada kompetisi Liga 1 2022-2023, pasalnya peluang tersebut masih ada meskipun cukup berat.

Sebagai informasi, saat ini skuat Maung Bandung masih berada di peringkat kedua dengan mengumpulkan 59 poin, dari 30 pertandingan yang sudah dilakoninya di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Sedangkan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023, ditempati oleh PSM Makassar dengan mengumpulkan 69 poin, dari 31 pertandingan yang sudah dilakoninya. Jika melihat jarak poin, memang cukup jauh yakni 10.

Selain itu, PSM hanya membutuhkan satu kemenangan atau tambahan tiga poin lagi untuk memastikan diri menjadi juara. Karena, dengan jumlah 72 poin, tidak akan bisa dikejar oleh Persib.

Persib sendiri, jika berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 dengan kemenangan, maka poin maksimal yang didapat hanya 71.

Baca Juga

Jupe sapaan akrabnya, tidak ingin melihat ataupun memikirkan tim lain yang memiliki peluang juara lebih besar dari Persib Bandung. Karena, yang terpenting saat ini tim kebanggaan Bobotoh bisa menyapu bersih sisa putaran kedua Liga 1 2022-2023 dengan kemenangan.

"Masihlah (optimis). Tapi kita jangan mikirin PSM yang cuma butuh satu kali menang, mereka juara. Kita mikirin diri kita sendiri saja," kata pemain yang menggunakan nomor punggung 16 ini.

Baca Juga

"Karena kalau kita lupa sama sisa pertandingan kita, taruhlah kalau kita kalah, kan mereka pasti juara dan bahkan kalau kita seri pun mereka juara. Jadi kenapa fokus ke mereka, kita fokus ke diri kita aja," tegas Jupe.

PSM sendiri akan melakoni pertandingan pekan ke-32 kompetisi Liga 1 2022-2023, menghadapi tuan rumah Madura United, Jumat (31/03/23). Sedangkan Persib di hari yang sama akan dijamu Persija Jakarta.

Menurut Jupe, saat ini fokus skuat Maung Bandung adalah mengamankan tiga poin pada pertandingan tandang menghadapi Persija Jakarta. Selain itu, dia juga mengingatkan rekan-rekannya untuk bekerja keras di sisa laga putaran kedua Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

1. Kesiapan Tim

Pertandingan Persib Bandung vs Arema FC, pada pekan ke-26 Liga 1 2022-2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (23/02/23).

Sementara itu, pada pertandingan menghadapi Persija, Jupe dipastikan tidak akan bermain, pasalnya mendapatkan akumulasi kartu kuning. Sehingga, saat ini dia hanya bisa memberikan dukungan kepada rekan-rekannya.

Jupe berpesan, agar rekan-rekannya bisa menyiapkan mental bertanding saat menghadapi Persija Jakarta. Pasalnya, laga melawan Macan Kemayoran sangat penting. 

"Mental sih karena ini pertandingan besar dan penting, kita juga head to head kan sama Persija. Jadi setidaknya kita tidak bisa menjadi juara tahun ini, peringkat kedua juga kita rebutan sama Persija. Jadi saya rasa kesiapan mental itu yang paling dibutuhkan," tegas Jupe. 

Sebagai pemain senior yang sudah sering merasa atmosfer pertandingan menghadapi Persija, Jupe akan menularkan semangat juangnya kepada pemain lainnya, terutama yang masih muda.

Meski demikian, Jupe merasa yakin rekan-rekannya di skuat Maung Bandung sudah mengetahui tugas yang harus dilakukan saat berhadapan dengan Persija, agar tim kebanggaan Bobotoh bisa meraih hasil maksimal.

Baca Juga

"Ya pastilah tapi saya rasa anak-anak sudah siap semua, mereka sudah tahu gimana untuk menghadapi Persija, jadi sudah banyak tahu lah dan sudah sering bertemu juga," ucap Jupe.

Menjelang pertandingan menghadapi Persija, Persib memiliki waktu persiapan yang cukup panjang yakni sekitar sepekan. Pasalnya, laga sebelumnya menghadapi Bhayangkara FC berlangsung pada Jumat (24/03/23).

Selain itu, setelah pertandingan menghadapi Bhyangkara FC, pelatih Persib, Luis Milla, memberikan waktu libur kepada anak asuhnya selama dua hari. Tim Persib, mulai berlatih kembali pada Senin (27/03/23).

Baca Juga

Menurut Jupe, jeda pertandingan yang cukup panjang tersebut menjadi keuntungan bagi timnya. Pasalnya, rekan-rekannya di skuat Maung Bandung memiliki waktu recovery yang ideal.

Selain itu, tim pelatih Persib bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mematangkan persiapan, agar pada pertandingan nanti skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.

"Ya itu dia, kita punya keuntungan masa recovery yang lebih panjang dari Persija dan itu sangat penting bagi kita sebagai pemain. Khususnya sekarang di bulan puasa seperti yang tadi saya bilang, proses recovery-nya pasti beda," jelasnya.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaAchmad JufriyantoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini