x

PSSI 'Sujud Syukur' Usai Tak Disanksi Berat, Begini Respons 'Dingin' FIFA

Jumat, 7 April 2023 18:05 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
FIFA hanya memberikan respons singkat terhadap rasa syukur Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, karena terbebas dari ancaman sanksi berat.

INDOSPORT.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino, hanya memberikan respons dingin terhadap rasa syukur federasi sepak bola Indonesia, PSSI, karena terbebas dari ancaman sanksi berat.

Sebelumnya, Indonesia terancam akan mendapatkan sanksi dari FIFA menyusul penolakan terhadap negara peserta Israel dalam ajang Piala Dunia U-20.

Hal tersebut lantas membuat FIFA mencabut hak Indonesia yang awalnya bertindak sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, Timnas Indonesia sebelumnya harus dibayang-bayangi oleh pemberian sanksi yang sangat berat dari Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA.

Kendati demikian, PSSI mengeluarkan pernyataan resmi melalui akun media sosial resmi milik mereka bahwa Indonesia hanya mendapat kartu kuning.

Baca Juga

FIFA hanya memberikan sanksi administratif saja kepada PSSI. Dengan kata lain, tim nasional Indonesia terbebas dari sanksi berat seperti pengucilan dari sepak bola dunia.

Keadaan itu lantas membuat Ketum PSSI, Erick Thohir, mengucapkan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT.

Baca Juga

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepakbola," ungkap Erick Thohir, Kamis (06/04/23) malam.

"Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepak bola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," tambahnya dikutip dari akun Instagram resminya.

Di sisi lain, ketum FIFA justru hanya memberika respons singkat cenderung dingin kepada postingan rasa syukur PSSI yang terbebas dari ancaman sanksi berat.

Baca Juga

1. Respon Dingin FIFA

Ketum PSSI, Erick Thohir Bertemu Presiden FIFA

Tak berselang lama setelah Erick Thohir mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia terbebas dari sanksi berat FIFA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, lantas memberikan respons yang dituangkan dalam akun media sosial Instagram resmi miliknya. Momen tersebut dapat dilihat dalam unggahan Gianni Infantino di instastory.

Gianni Infantino hanya me-repost foto dirinya dan Erick Thohir yang diunggah oleh PSSI beberapa menit sebelumnya.

Respon dingin Presiden FIFA, Gianni Infantino, terhadap rasa syukur PSSI. (Foto: Instastory@gianni_infantino)

Serta, presiden FIFA tersebut sekadar menambahkan emoticon jabat tangan dan bendera Republik Indonesia dalam instastory-nya.

Baca Juga

Kendati demikian, FIFA dalam surat keputusannya pada 29 Maret 2023 lalu menyatakan tetap berkomitmen untuk membantu PSSI.

Hal tersebut tidak terlepas dari Tragedi Kanjuruhan yang terjadi beberapa bulan lalu di Stadion Kanjuruhan, Malang, Oktober 2022.

Baca Juga

"FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut (pembatalan), tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI," tulis surat keputusan yang dikutip dari laman resmi FIFA beberapa waktu lalu.

"Bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022."

"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir," lanjut surat keputusan resmmi FIFA tersebut.

Baca Juga

Sumber: Instagram Gianni Infantino, PSSI

FIFAIndonesiaPSSITim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini