x

Detail Akuisisi Eks Calon Pemilik AC Milan yang Kini Tertarik Gelontorkan Dana untuk Inter Milan

Senin, 10 April 2023 01:26 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Rafael Leao dari AC Milan merayakan gol pertama mereka REUTERS-Ciro De Luca

INDOSPORT.COM – Pengusaha Bahrain yang tergabung dalan Investcorp disebut mulai bernegosiasi dengan Suning Group terkait saham klub Liga Italia, Inter Milan.

Sebelum disebut akan bernegosiasi soal Inter Milan, Investcorp disebut sempat menjadi calon pemilik baru AC Milan beberapa waktu lalu.

Hanya saja, kelompok pengusaha Bahrain itu kemudian kalah bersaing dengan RedBird Capital yang akhirnya mampu mengakuisisi sebagian besar saham AC Milan.

Selepas kegagalan tersebut, InvestCorp rupanya tak patah arang dan justru berencana membeli rival AC Milan, yaitu Inter.

Dilansir dari TuttoSport, negosiasi antara para pengusaha Bahrain dan Suning Group disebut mulai masuk pada tahap awal.

Baca Juga

Sebelum masuk dalam negosiasi, InvestCorp disebut tengah mengadakan diskusi antara pengusaha Bahrain soal rencana membeli Inter Milan.

Belum ada komentar soal diskusi yang dilakukan dan InvestCorp disebut serius untuk membeli Inter Milan dari genggaman Suning Group.

Baca Juga

Dinamika pergantian pemilik Inter belakangan tengah berjalan, dengan beberapa tawaran yang diterima oleh manajemen klub.

Manajemen klub sendiri mewakili sang Presiden, Steven Zhang yang hingga kini belum nampak ke publik usai kasus hutang yang terjadi di China.

Zhang kemudian membanderol Inter Milan senilai 1 miliar euro yang tentu cukup mahal untuk sebuah klub sepak bola.

Baca Juga

1. Detail Akuisisi Investcorp untuk Inter Milan

Reaksi Romelu Lukaku dan Stefan de Vrij dari Inter Milan REUTERS-Daniele Mascolo

Hanya saja, dengan nama besar yang disandang Nerazzurri, para investor seharusnya tak begitu kesulitan untuk melakukan akuisisi.

Dana dari penjualan klub sendiri akan digunakan untuk membayar hutang dari Oaktree yang akan jatuh tempo pada Mei 2024 nanti.

Jika tidak dilunasi, maka kepemilikan Inter akan jatuh pada Oaktree yang merupakan penyandang modal untuk Steven Zhang.

Kasus ini sebenarnya mirip dengan apa yang terjadi pada AC Milan ketika dibeli pengusaha China, Yonghong Li.

Kala itu, Li dikabarkan terlibat utang dan tak sanggup membayar pada Elliott Management yang akhirnya berusaha memperbaiki Milan.

Baca Juga

Usaha Elliott tersebut kemudian sukses membuat AC Milan menjadi juara Liga Italia musim 2021-2022 dan saham pun terjual pada RedBird Capital.

Belakangan, beberapa investor dikabarkan mulai berpikir untuk mengakuisisi Inter, meskipun dengan dana yang jauh lebih rendah.

Baca Juga

Sementara, Suning Group yang dipimpin oleh Steven Zhang mulai kesulitan untuk membayar pinjaman pada Oaktree.

Dengan kondisi ini, Zhang seharusnya mulai berpikir untuk menjual Inter Milan sebelum jatuh tempo utang pada Mei 2024.

Tentu saja, musim panas 2023 nanti menjadi saat yang tepat bagi Steven Zhang untuk menjual Inter Milan ke investor lain, dengan Investcorp menjadi salah satu penawar.

Baca Juga
AC MilanInter MilanLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini