x

5 Fakta Liga Champions Manchester City vs Bayern Munchen: Duel ‘Juara Sejati’

Selasa, 11 April 2023 16:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2022/23 akan dibuka dengan duel ‘juara sejati’ antara Manchester City vs Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM – Leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2022/23 akan dibuka dengan duel ‘juara sejati’ antara Manchester City vs Bayern Munchen.

Laga leg pertama duel tim besar ini sendiri akan digelar di markas Man City, yakni Etihad Stadium, pada Rabu (12/04/23) dini hari WIB.

Sulit untuk menentukan siapa pemenang di leg pertama ini, menyusul performa apik dari kedua tim jelang pertemuan ini.

Man City mampu meraih hasil positif dengan meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas Southampton di laga terakhirnya.

Sedangkan Bayern Munchen juga tak mau kalah dengan meraih kemenangan 1-0 atas lawannya, yakni Freiburg, di kancah Liga Jerman (Bundesliga).

Baca Juga

Dengan performa meyakinkan itu, duel Manchester City vs Bayern Munchen akan menghadirkan pertarungan antara dua titan atau raksasa Eropa saat ini.

Sematan ‘titan’ bagi keduanya pun bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, UEFA menahbiskan kedua tim ini sebagai tim terbaik di Eropa saat ini.

Baca Juga

Hal ini pun merujuk pada koefisien tim-tim di Eropa di musim 2022/23, di mana Bayern Munchen dan Man City duduk di peringkat pertama dan kedua denga torehan 135 poin.

Selain itu, duel titan ini juga merujuk pada materi pemain kedua tim dan pelatih yang dimiliki oleh kedua tim, yakni Pep Guardiola dari Man City dan Thomas Tuchel dari Bayern Munchen.

Jelang hadirnya duel ini, terdapat beberapa sederet fakta menarik yang mewarnai duel antara Manchester City vs Bayern Munchen. Apa saja fakta itu?

Baca Juga

1. Clash of Titans!

Erling Haaland mencetak gol penalti di laga Manchester City vs RB Leipzig (15/03/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

1. Duel Spesialis Perempatfinal

Duel Man City vs Bayern Munchen ini menjadi duel bagi tim yang dikenal sebagai spesialis perempatfinal Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir.

Meski tak pernah juara, Man City memegang status mentereng di ajang ini dengan selalu hadir di perempatfinal Liga Champions dalam enam edisi terakhir.

Sedangkan Bayern Munchen menjadi tim Eropa tersukses yang kerap melaju ke perempatfinal Liga Champions yakni sebanyak 21 kali, mengungguli sang raja Eropa, Real Madrid (19 kali).

Baca Juga

2. Duel Tim Paling Sulit Dibobol

Duel antara Man City vs Bayern Munchen juga akan menjadi duel antara dua tim yang paling sulit dibobol di Liga Champions musim ini.

Man City baru kebobolan 3 gol dan telah mencetak 5 Clean Sheets dalam 8 pertandingan yang telah dilakoni di Liga Champions musim ini.

Tak kalah mentereng, Bayern Munchen bahkan baru keboboan 2 gol dan mampu mencetak 7 Clean Sheets dari 8 pertandingan di Liga Champions musim ini.

Baca Juga

3. Duel Pemain Gacor vs Pemain Kreatif

Duel Man City vs Bayern Munchen juga akan menjadi duel antara tim yang andal mencetak gol dan tim yang andal mencetak assist.

Man City dianggap tim yang andal mencetak gol karena keberadaan Erling Haaland yang telah mencetak 10 gol di Liga Champions musim ini.

Sedangkan Bayern Munchen terbilang tim paling kreatif, karena dua pemainnya, yakni Joao Cancelo (pemain pinjaman Man City) dan Leon Goretzka masing-masing mencetak 5 assist dan 4 assist.

Baca Juga

2. Fakta Lainnya

Thomas Tuchel dan Pep Guardiola.

4. Duel ‘The Real Champions’

Duel Man City vs Bayern Munchen di perempatfinal Liga Champions musim ini layak disebut sebagai duel ‘The Real Champions’ atau duel antara juara sejati.

Sebab, duel ini menjadi satu-satunya duel di perempatfinal Liga Champions musim ini yang mempertemukan dua pemenang liga.

Selain itu seperti yang dibahas sebelumnya, kedua tim menjadi tim terbaik di Eropa saat ini dengan menduduki peringkat pertama dan kedua dalam koefisien UEFA.

5. Duel Pelatih Jenius

Duel Man City vs Bayern Munchen juga akan menjadi duel dua pelatih jenius yakni Pep Guardiola dan Thomas Tuchel.

Secara prestasi, Guardiola lebih mentereng dari Tuchel. Tapi jangan salah, nama terakhir ternyata menjadi ‘Kryptonite’ bagi nama pertama, terutama di kompetisi bertajuk Piala seperti Liga Champions.

Dalam tiga pertemuan terakhir di kompetisi berformat turnamen, tim arahan Guardiola tak pernah bisa mencetak gol ke gawang tim besutan Tuchel dalam waktu normal.

Pertemuan pertama terjadi pada 2016 di final DFB Pokal saat Guardiola bisa mengalahkan Tuchel lewat drama adu penalti di laga Bayern Munchen vs Borussia Dortmund.

Lalu dua pertemuan di turnamen lainnya, Man City besutan Guardiola tak bisa mencetak gol ke gawang Chelsea besutan Tuchel, yakni di semifinal Piala FA 2020/21 dan final Liga Champions 2020/21.

Secara rekor pertemuan, Guardiola boleh unggul dengan memenangkan 6 pertemuan, 1 kali imbang, dan hanya tiga kali kalah dari Tuchel.

Manchester CityLiga ChampionsBayern MunchenPep GuardiolaThomas TuchelIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini