x

Antara Ada dan Tiada, Nasib Christian Maldini Usai Terjun Bebas dari AC Milan

Selasa, 11 April 2023 11:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Christian merupakan salah satu putra Paolo Maldini yang jarang tersorot. Foto: instagram/christian.maldini.

INDOSPORT.COM - Christian Maldini memiliki perjalanan karier yang cukup berliku usai mentas dari klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui, keluarga Maldini merupakan ‘dinasti’ ternama di kubu AC Milan, yang sudah tiga generasi menelurkan pemain-pemain jempolan.

Jika membahas keluarga yang satu ini, banyak orang mungkin akan menyebut nama-nama seperti Cesare, Paolo, dan Daniel, namun tidak dengan Christian.

Seperti kakek dan ayahnya, Christian Maldini juga jebolan AC Milan. Namun sayang, kariernya sebagai pemain sepak bola tidak sebaik anggota-anggota keluarga yang lain.

Bahkan Daniel Maldini, yang saat ini bermain untuk Spezia Calcio. Setidaknya, para suporter setia AC Milan lebih mengenal sang adik ketimbang dirinya.

Baca Juga

Christian Maldini bermain sebagai bek dan mengawali kariernya di tim junior AC Milan. Pada saat itu, ia bahkan pernah mengemban ban kapten untuk tim Primavera.

Meski penunjukannya bertepatan dengan peringatan wafatnya sang kakek, Cesare, penunjukan itu menandakan bahwa ia bukan pemain yang dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Hanya saja, nasibnya bersama rakasasa Liga Italia ini ternyata tidak sesuai ekspektasi. Ia tidak mampu menembus tim utama meski ber-DNA Maldini.

Alhasil, ia pun dipinjamkan ke Brescia dan sejak saat itu karier sepak bolanya pun bisa dibilang terjun bebas. Klub-klub kecil kemudian mulai disinggahinya.

Setelah menyelesaikan masa peminjaman di Brescia, ia kemudian hengkang ke Regiana pada 2014. Saat itu, sang adik yakni Daniel masih berada di tim junior AC Milan.

Baca Juga

1. Karier yang Terjun Bebas

Christian merupakan salah satu putra Paolo Maldini yang jarang tersorot. Foto: instagram/christian.maldini.

Merumput bersama Reggiana, ternyata tidak membawa perubahan karier ke arah yang lebih baik bagi Christian Maldini. Ia pun pergi sebagai pinjaman.

Adalah Hamrun Spartans, sebuah klub di Malta yang menjadi pelabuhannya ketika itu. Tidak lama, ia kemudian angkat kaki setelah mengalami pemutusan kontrak.

Perantauan bek kelahiran 1996 ini pun terus berlanjut. Kali ini ia memilih kembali ke Liga Italia dan memilih bertahan sampai sekarang.

Akan tetapi, klub-klub yang dibelanya hingga detik ini bisa dibilang jauh di bawah AC Milan lantaran mereka bermain di kompetisi Serie C bahkan D.

Langkah pertama Christian Maldini setelah kembali dari Malta adalah Pro Sesto, yang ia masuki pada tahun 2017 dan saat itu masih bermain di Serie D.

Baca Juga

Tidak banyak yang bisa diceritakan putra Maldini tersebut bersama Pro Sesto dan ia pun hengkang lagi ke klub papan bawah lainnya di Liga Italia.

Ia sempat kembali ke Pro Sesto pada 2019 setelah mengarungi karier di sejumlah klub level bawah: Fondi, Pro Piacenza, dan Fano.

Baca Juga
 

Saat ini, Christian Maldini sedang berkarier bersama klub peserta Serie C, Lecco. Ia baru bergabung ke sana pada Agustus 2022 lalu.

Tentu saja, banyak yang mungkin bertanya-tanya apakah dengan CV yang ia miliki saat ini Christian Maldini bisa kembali ke AC Milan?

Jawabannya tentu saja bisa, namun bisa dibilang sulit. Apalagi, dengan persaingan yang ada di skuad Stefano Pioli. Bahkan, sang adik harus mengungsi sementara waktu.


2. Christian Maldini dan 'DNA' Keluarga

Christian merupakan salah satu putra Paolo Maldini yang jarang tersorot. Foto: instagram/christian.maldini.

Apa yang terjadi pada Christian Maldini tentu bukan hal baru maupun aneh lagi di kalangan keluarga pesepak bola. Ia tidak sendirian.

Beberapa pemain seperti Neville Brothers, Hazard Brothers, Pogba Brothers, bahkan pasangan kakak-beradik Kaka dan Digao pun mengalami hal serupa.

Meski begitu, Christian beruntung memiliki ayah seperti Paolo Maldini yang nampaknya tidak ingin ambil pusing dengan kegagalan sang putra di AC Milan.

“Saya ingat laga pertamanya saat ia masih berusia delapan tahun,” ucap legenda Rossoneri tersebut, seperti pernah diwartakan The Ahletic.

Menurut sudut pandangnya sebagai orang tua, karier maupun cita-cita yang diusung anak merupakan hak mereka dan siap dengan segala risikonya.

“Saya tahu anak-anak saya selalu berdamai dengan pilihan yang mereka ambil. Mereka memang ingin jadi pesepak bola, saya tidak pernah memaksa,” ucapnya lagi.

Christian Maldini sejauh ini tampil tidak terlalu menonjol bersama Lecco. Ia lebih sering menghuni bangku cadangan alih-alih dimainkan di pertandingan.

Musim ini saja, ia baru bermain tiga kali di Serie C masing-masing saat menghadapi Pordenone, LR Vicenza, dan Pro Sesto.

Nampaknya butuh gebrakan yang cukup besar agar nama Christian Maldini bisa bergaung di kancah Liga Italia.

Terlebih lagi, sampai detik ini tidak ada tanda-tanda ia akan bermain di level timnas bersama Italia, yang tentu saja sangat mengecewakan.

Sumber: Daily Mail, The Athletic

AC MilanPaolo MaldiniCesare MaldiniChristian MaldiniDaniel MaldiniAC Milan News

Berita Terkini