x

Profil dan Fakta Matheus Pato, Penyerang Borneo FC Calon Kuat Top Skor Liga 1

Jumat, 14 April 2023 19:40 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi gol kemenangan Borneo dr Matheus Pato.

INDOSPORT.COM - Matheus Pato tampil moncer di Liga 1 musim ini karena ia memimpin daftar top skor sementara. Akankah magisnya berlanjut?

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2022-2023 ini akan segera berakhir karena hanya menyisakan satu pertandingan lagi yakni pekan ke-34.

Untuk juaranya sendiri, PSM Makassar, telah dinobatkan sebagai kampiun. Mereka berhasil merebut gelar saat pertandingan menyisakan beberapa pekan lagi.

Saat ini, PSM Makassar bertengger di puncak klasemen Liga 1 dengan koleksi 72 poin dari 33 pertandingan. Unggul 9 poin dari pesaing terdekatnya Persib Bandung di urutan ke-2 dengan 63, dan selisih 10 poin dari Persija di peringkat ke-3.

Itu merupakan gelar juara pertama untuk PSM Makassar setelah menunggu kurang lebih 24 tahun saat terakhir kali juara 1999/00.

Baca Juga

Selain kiprah PSM Makassar yang luar biasa karena kembali merebut gelar juara, ada beberapa tim yang juga menjadi sorotan.

Salah satunya adalah Borneo FC. Klub asal Samarinda, Kalimantan Timur itu menjadi perhatian karena performa impresifnya di Liga 1 musim ini. Pesut Etam mampu merangsek ke lima besar.

Baca Juga

Saat ini, Borneo FC bertengger di peringkat ke-4 dengan koleksi 57 poin dari 33 pertandingan. Mereka pun berpotensi melampauai target manajemen karena bisa finis di empat besar.

Dalam perjalanannya musim ini, keberhasilan Borneo FC bisa menempati peringkat ke-4 di klasemen Liga 1 juga diiringi dengan banyak prestasi.

Seperti seringnya mereka mengalahkan tim-tim besar bertabur bintang yang juga berstatus calon juara. Seperti saat mengalahkan Bali United dengan skor telak 5-1.

Mereka juga membungkam tim Ibu Kota, Persija Jakarta dengan skor akhir 3-1. Penampilan apik Borneo FC di putaran kedua Liga 1 ini juga tidak lepas dari gemilangnya salah satu pemain mereka, Matheus Pato.

Baca Juga

1. Profil dan Fakta Matheus Pato

Selebrasi gol kemenangan Borneo dr Matheus Pato.

Matheus Pato diboyong Borneo FC pada Mei 2022 untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Bagi pemain asal Brasil itu, berkarier di Indonesia adalah pengalaman pertamanya.

Meski ini adalah musim debutnya, tidak membuat Pato kesulitan beradaptasi dengan iklim sepak bola nasional. Tidak ragu-ragu ia langsung menunjukan ketajamannya.

Ia pertama kali unjuk gigi di turnamen pramusim Piala Presiden 2022 dengan membukukan 6 gol dan 1 assist dari 7 penampilan bersama Borneo FC.

Torehan gol yang cukup bagus jika melihat dari seorang pemain yang baru menjajal sepak bola Indonesia. 

Berbekat dari fakta itu, Matheus Pato tampaknya sudah mulai mengenal dengan gaya permainan sepak bola Indonesia, alhasil saat terjun di kompetisi resmi dirinya tetap bisa menjaga konsistensi mencetak golnya.

Baca Juga

Hingga pekan ke-33 ini, Matheus Pato menjadi raja untuk pencetak gol terbanyak alias top skor Liga 1 dengan torehan 25 gol.

Ia unggul dua gol dari pesaing terdekatnya David da Silva yang sudah membuat 23 gol untuk Persib Bandung.

Baca Juga

Padahal sebelumnya Pato berada di belakang Da Silva, hingga akhirnya bisa disalip karena kemampuan mencetak golnya sangat moncer terutama di putaran kedua ini.

Tampil gemilang bersama Borneo FC, jejak karier pemain kelahiran 08 Juni 1995 itu sebenarnya tidak terlalu mentereng. Dia lebih sering dipinjamkan saat masih junior, berikut beberapa fakta mengani dirinya.

Jebolan Klub Ternama Liga Brasil

Lahir di Rio Branco, Brasil, pemain bernama lengkap Matheus Antonio Souza dos Santos menimba ilmu sepak bola di Fluminense. Klub yang berbasis di Rio de Janeiro.

Baca Juga

Akan tetapi, sejak bergabung dengan tim kelompok umur Fluminense, Matheus Pato lebih sering dipinjamkan. Dia bahkan tak pernah dipromosikan ke tim senior.

Salah satu tim yang pernah menggunakan jasa Matheus Pato adalah raksasa Portugal, Benfica U-19. Dia juga pernah bermain untuk klub Slovakia, STK Samorin.

Berkarier di Liga Korea

Matheus Pato juga sempat bermain di K League 2, kompetisi sepak bola divisi kedua Korea Selatan. Dia membela Daejeon Hana Citizen sejak medio 2019 hingga awal 2022.

Pemain berusia 27 tahun tersebut membela Daejeon Citizen selama dua periode. Kesempatan pertamanya datang pada tahun 2019 dengan status pinjaman dari Fluminense.

Sementara periode keduanya berlangsung sejak 12 Maret 2021. Matheus Pato berstatus tanpa klub sebelum diboyong kembali ke Korea Selatan.

Pernah Hadapi Asnawi Bahar

Matheus Pato pernah berhadapan dengan salah satu bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Kebetulan, keduanya sama-sama berkompetisi di K League 2.

Salah satu kesempatan itu datang dalam duel Ansan Greeners vs Daejon Citizen pada pekan ke-8 K League 2 2021. Asnawi dan Pato sama-sama turun sebagai starter.

Namun, Pato hanya bermain hingga menit 79'. Sementara Asnawi tampil penuh dan mengantarkan Ansan Greeners memenangkan laga dengan skor 1-0.

Sering Cetak Hattrick di Indonesia

Matheus Pato menjadi pemain paling banyak mencetak hattrick pada ajang BRI Liga 1 2022/2023. Dia sudah tiga kali menorehkan trigol bersama Borneo FC.

Terbaru, Matheus Pato mencetak trigol ke gawang Bali United hingga Borneo FC menang 5-1. Sementara dua hattrick lainnya dicetak ke gawang Madura United dan PSIS Semarang.

Borneo FCLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Matheus Pato

Berita Terkini