x

Beda dengan Liga 1, 3 Kompetisi Pramusim Ini Justru Beri Hadiah Fantastis

Rabu, 19 April 2023 22:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kancah sepak bola Indonesia dihebohkan dengan kabar PSM Makassar tak mendapat hadiah uang pasca menjuarai Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM – Kancah sepak bola Indonesia dihebohkan dengan kabar PSM Makassar tak mendapat hadiah uang pasca menjuarai Liga 1 2022-2023.

Kabar ini beredar luas dan menjadi bahan gunjingan penikmat sepak bola Indonesia, yang kemudian menyudutkan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Hal ini sempat membuat PT LIB kemudian buka suara melalui sang Direktur, Ferry Paulus, yang menyatakan bahwa memang dari 2018, juara Liga 1 tak mendapat hadiah selain trofi.

“Hal ini sudah menjadi kesepakatan seluruh klub peserta Liga 1 sejak 2018. Persija Jakarta dan Bali United saat juara pun mendapatkan perlakuan yang sama," ujar Ferry Paulus.

Dilanjutkan olehnya, sejak awal PT LIB telah memberi informasi kepada seluruh kontestan Liga 1, termasuk kepada manajemen PSM selaku juara musim ini.

Baca Juga

“Semua ini sudah dibatasi dan disalurkan ke dalam kontribusi uang yang diterima seluruh klub. Sampai saat ini seluruh klub memahami hal tersebut," kata Ferry Paulus.

Kisruh mengenai PSM Makassar tak mendapat hadiah selain trofi dari PT LIB pasca menjuarai Liga 1 2022-2023 pun memantik reaksi dari Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Baca Juga

Pria yang juga berstatus Menteri BUMN itu mengatakan bahwa dirinya akan memberikan hadiah sebesar Rp2 miliar kepada PSM.

““Kali ini biar saya ambil, saya kasih Rp2 miliar untuk juara (PSM Makassar),” ucap Erick Thohir di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta.

Berangkat dari kisruh ini, tak adanya hadiah membuat Liga 1 bisa dikatakan ‘masih kalah’ dari beberapa kompetisi pramusim yang justru berani memberikan hadiah fantastis ke juaranya. Kompetisi pramusim apa saja itu?

Baca Juga

1. Kompetisi Pramusim Lokal

Laga Final Piala Menpora, Persib kalah atas Persija pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (25/04/21).

1. Piala Gubernur Kaltim 2018

Piala Gubernur Kaltim 2018 adalah sebuah turnamen pramusim yang digelar pada Februari hingga Maret 2018 silam.

Turnamen ini digelar di Samarinda dan Balikpapan dengan menggunakan dua venue, yakni Stadion Segiri dan Stadion Batakan.

Pada turnamen pramusim itu, total ada 8 tim yang berpartisipasi, yang mayoritas diikuti oleh tim-tim Liga 1 seperti Arema FC, Borneo FC, Madura United, Mitra Kukar, Persebaya, Persiba, PSIS, Sriwijaya FC.

Pada turnamen tersebut, Sriwijaya FC berhasil keluar sebagai pemenang usai mengandaskan Arema FC dengan skor 3-2 di babak final.

Karena berhasil menjadi kampiun, Sriwijaya FC pun berhak menerima trofi dan juga hadiah uang yang fantastis, yakni Rp1 miliar.

Baca Juga

2. Piala Menpora 2021

Setelah sepak bola Indonesia sempat vakum akibat wabah Covid-19, sebuah turnamen pramusim digelar untuk jelang bergulirnya Liga 1 2021-2022 yang bertajuk Piala Menpora 2021.

Saat itu, 17 dari 18 kontestan Liga 1 berpartisipasi dalam turnamen ini sebagai wadah untuk memanaskan mesin jelang bergulirnya musim 2021-2022.

Baca Juga

Di turnamen yang digelar di empat kota itu, total 39 pertandingan digelar dan berhasil menemukan pemenang yakni Persija Jakarta.

Persija berhasil keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Persib Bandung di final yang berlangsung dua leg dengan agregat 4-1.

Karena berhasil menjuarai Piala Menpora 2021, tim berjuluk Macan Kemayoran itu pun berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang tunai sebesar Rp2 miliar.

Baca Juga

2. Hadiah Fantastis Turnamen Pramusim

Arema FC Juara Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

3. Piala Presiden 2022

Piala Presiden adalah salah satu turnamen pramusim tahunan yang dihelat sebelum kompetisi dimulai. Turnamen ini sendiri telah digelar sejak 2015 silam.

Dalam penyelenggaraannya, Piala Presiden telah dilangsungkan sebanyak lima kali dan diikuti oleh 18 tim yang merupakan kontestan Liga 1.

Sama seperti turnamen pramusim lainnya, Piala Presiden digelar belakangan ini sebagai wadah persiapan klub-klub Liga 1 dalam menyambut musim baru.

Pada tahun 2022 lalu, Piala Presiden digelar sejak Juni hingga Juli 2022, di mana Arema FC keluar sebagai juara untuk ketiga kalinya, setelah tahun 2017 dan 2019.

Arema FC berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Borneo FC dalam pertandingan yang berlangsung dua leg dengan agregat 1-0.

Karenanya, Arema FC pun berhak mendapat hadiah trofi dan berhasil membawa pulang uang bernilai fantastis, yakni sebesar Rp3 miliar.

PSSIErick ThohirPSM MakassarIn Depth SportsPiala Gubernur KaltimPiala MenporaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Piala Presiden 2022

Berita Terkini