x

3 Top Skor Madura United Era Liga 1, Alumnus Liga Inggris Masih yang Terbaik

Jumat, 21 April 2023 17:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat tiga top skor terbaik Madura United di era Liga 1. Foto: MO Madura United.

INDOSPORT.COM - Madura United memang bukan klub yang selalu menjadi unggulan juara kompetisi pada setiap musim Liga 1 berlangsung 7 musim belakangan ini.

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab hanya mampu meramaikan papan atas dalam periode itu. Mereka bahkan mampu menembus 5 besar Liga 1 pada 2017 dan 2019.

Namun di sisi lain, Madura United pernah mempunyai deretan goal getter tajam yang sukses mencuri perhatian publik sepak bola nasional.

Dalam sejarah berdirinya klub, setidaknya ada 3 pemain yang mampu menjadi top skor Madura United dengan kualitas dan teknik gol-gol berkelasnya.

Akan tetepi, hanya satu pemain yang sejauh ini masih berlabel striker terbaik yang pernah dimiliki Madura United. Alumnus Liga Inggris masih berada pada top level.

Baca Juga

Lulinha

Pemain Madura United, Lulinha.

Madura United di bawah arahan Fabio Araujo Lefundes pada musim 2022/2023 dengan percaya diri mendatangkan striker bernama lengkap Luiz Marcelo Morais ini.

Padahal, Lulinha tercatat tanpa klub selama satu tahun penuh, sejak mengakhiri kontrak 4 bulannya di klub Liga Jepang, Monte Yamagata, akhir Juli 2022 silam.

Baca Juga

Namun, Lefundes percaya betul dengan talenta eks striker Timnas Brasil U-17 tersebut. Benar saja, Lulinha menjawab lugas kepercayaan pelatihnya itu.

Kendati performa Madura United menurun drastis, Lulinha terus menampilkan permainan konsisten. Dia menyumbang 12 gol dan 3 assist dalam 29 laga.

Karakter Lulinha yang berbeda adalah keterampilannya mengolah bola dengan pergerakan agresif. Kualitas shooting-nya juga di atas rata-rata.

Baca Juga

1. Beto Goncalves

Selebrasi Beto Goncalves usai mencetak gol untuk Madura United. Foto: MO Madura United.

Berikutnya, Alberto Goncalves Da Costa menjadi pembeda pada hasil-hasil laga ketika Madura United sukses menghuni 5 besar pada klasemen akhir Liga 1 musim 2019.

Beto yang datang dari Sriwijaya FC, tak mencerminkan usianya yang sudah nyaris kepala 4 waktu itu. Determinasi plus kecermatan posisi menjadi ciri khasnya.

Baca Juga

Teknik pengambilan bola dan akurasi shooting menjadi hal yang paling melekat pada diri Beto. Ditambah pula dengan berkat luar biasa pada ketajaman untuk memenangi bola udara.

Hingga pada akhirnya, Beto mampu memberi kontribusi nyata kepada Tim Laskar Sape Kerrab. Dia menyumbangkan 18 gol dan 5 assist selama 27 laga kompetisi.

Itulah periode terbaik Beto selama 5 musim memperkuat Madura United di Liga 1. Secara beruntun, dia menyumbang 3 gol (2020), 7 gol (2021/2022) dan 10 gol (2022/2023).

Baca Juga

2. Peter Odemwingie

Manajer Madura United, Haruna Soemaitro (kiri), bersama Peter Odemwingie. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT.

Barangkali, inilah striker terbaik yang pernah dimiliki Madura United sepanjang sejarah berdirinya klub yang mengakuisisi Pelita Bandung Raya pada 2016 lalu itu.

Regulasi marquee player mengharuskan Madura United untuk merekrut 1 pemain asing berstatus bintang. Pilihan lantas tertuju pada jebolan Peter Odemwingie.

Konon, harga eks striker Stoke City dan West Bromwich Albion itu mencapai puluhan miliar rupiah. Akan tetapi, Peter membuktikan bahwa Madura United tak salah memilihnya.

Sisa-sisa kehebatannya bersaing di level Liga Inggris masih begitu terasa. Kendati hanya mencetak 15 gol, namun keberadaannya begitu memikat mata.

Kualitas olah bola Peter Odemwingie benar-benar diatas rata-rata. Gol-golnya pun tercipta dari proses yang berteknik tinggi khas karakter striker-striker di Liga Inggris.

Beto GoncalvesMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Peter OdemwingieBola IndonesiaBerita Liga 1Lulinha

Berita Terkini