x

Deretan Rekor Ciamik Persija Jakarta di Liga 1 2022-2023

Jumat, 21 April 2023 10:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat rekor-rekor Persija Jakarta sepanjang Liga 1 musim lalu. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Usai sudah memang perjalanan Persija Jakarta di kancah Liga 1 2022-2023. Tim berjuluk Macan Kemayoran ini memang harus puas finis di posisi runner-up musim lalu.

Persija Jakarta memang gagal menjadi kampiun Liga 1 2022-2023. Sempat memanaskan bursa perebutan gelar juara, mereka harus merelakan gelar juara diraih oleh PSM Makassar.

Persija Jakarta finis di bawah PSM Makassar dengan mengoleksi 66 poin dari 34 laga yang dijalani. Macan Kemayoran terselisih sembilan poin dari Juku Eja yang mengoleksi 75 poin.

Namun meski gagal merengkuh gelar juara Liga 1 2022-2023 setidaknya perjalanan Persija Jakarta sangat membanggakan.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, pun mengakui akan hal itu.

Baca Juga

“Hal yang paling membuat saya senang adalah perkembangan mental dari para pemain," ucap Thomas Doll.

"Karena jika kita lihat ke belakang pada awal musim hal itu sangat tidak mudah untuk diperbaiki,” tambahnya lagi.

Baca Juga

“Saya sangat senang kepada para pemain karena di setiap sesi latihan mereka selalu datang dengan motivasi dan perasaan yang baik,” jelas pelatih asal Jerman ini.

Kini INDOSPORT pun mencoba merangkum data-data menarik yang berhasil tercatat di Persija Jakarta setelah mengakhiri perjalanan mereka di Liga 1 musim lalu.

Baca Juga

1. Catatan Mentereng Persija Jakarta di Liga 1

Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Michael Krmencik Top Skor Tim

Michael Krmencik mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di Persija Jakarta musim ini. Striker jangkung berkepala plontos ini mencatatkan 10 gol musim ini.

Penampilan gemilang Krmencik di laga pamungkas Persija Jakarta di pekan ke-34 saat menjamu PSS Sleman. Striker asal Republik Ceko ini mencetak tiga gol dan membawa timnya berpesta dengan meraih kemenangan 5-0.

Bahkan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan pujian kepada Michael Krmencik atas sumbangan tiga golnya di laga pamungkas Persija Jakarta menjamu PSS Sleman.

“DIa (Michael Krmencik) sangat ofensif dan punya banyak peluang. Saya sangat bangga dengannya dan dia punya posisi yang fantastis,” puji Thomas Doll.

Riko Simanjutak Si Raja Assist

Satu pemain lainnya yang menjadi yang terbaik di Persija Jakarta pada Liga 1 musim 2022-2023 adalah Riko Simanjuntak.

Baca Juga

Pemain bertubuh mungil dan memiliki kelincahan ini menjadi raja assits untuk Persija Jakarta di musim ini.

Setidaknya Riko memberikan sembilan assist dalam perhelatan Liga 1 musim 2022-2023. Memang sosoknya di Persija Jakarta pada musim ini cukup terlihat.

Masih ingat betul bagaimana umpan manja pemain asal SIantar, Sumatera Utara, ini memanjakan Michael Krmencik yang merobek jala Persib Bandung dan membawa Persija Jakarta menang 2-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Baca Juga

Bahkan karena umpan ini, Michael Krmencik sampai mencium kaki Riko Simanjuntak.

Tak hanya itu, dalam laga ini penampilan Riko mendapat pujian setinggi langit dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

“Saya pikir tim memang layak untuk menang. Kami bisa mencetak gol pada menit terakhir pada babak pertama lewat gol fantastis Riko (Simanjuntak),

"Mikha (Michael Krmencik) pun bisa mencetak gol walau baru saja beberapa menit masuk ke lapangan," ucap Thomas Doll.

Baca Juga

2. Andritany Jaga Keperawanan Persija

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, juga punya catatan gemilang di Liga 1 musim lalu. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sosok yang tak kalah penting di Persija Jakarta saat Liga 1 2022-2023 adalah sang penjaga gawang sekaligus kapten tim, Andritany Ardhiyasa.

Bagaimana tidak Andritany seakan tidak tergantikan di bawah mistar gawang Persija Jakarta.

Dirinya selalu bermain selama 34 laga, hanya digantikan di pertandingan terakhir oleh Cahya Supriadi.

Namun catatan yang gemilang ditorehkan Andritany adalah di mana dia mengawal gawang Persija Jakarta tidak kemasukan sebanyak 15 laga.

Data ini pun menjadi yang terbanyak sepanjang era Liga 1 yang telah bergulir sejak 2017.

Gawang Persija berhasil tak ternoda dalam laga vs Rans Nusantara (3-0), Persita (1-0), Arema FC (1-0), Barito Putera (1-0), Madura United (0-0), Borneo FC (1-0), PSS (2-0), Persikabo 1973 (1-0).

Lalu tidak ketinggalan pula Arema FC (2-0), Madura United (0-0), PSIS (1-0), Persib (2-0), Persebaya (1-0), Dewa United (1-0), dan PSS (5-0).

Persija JakartaAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaRiko SimanjuntakLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Thomas DollMichael Krmencik

Berita Terkini