x

Gelandang Persib Doakan Timnas U-22 Putus Kutukan Runner-up dan Raih Emas SEA Games 2023

Sabtu, 29 April 2023 16:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Gelandang Persib, Dedi Kusnandar.

INDOSPORT.COM - Gelandang tim Persib Bandung, Dedi Kusnandar, memberikan dukungan dan doa untuk Timnas Indonesia U-22, agar tim besutan pelatih Indra Sjafri tersebut bisa meraih medali emas pada SEA Games 2023

Menurut pemain yang akrab disapa Dado ini, pada event tersebut Indonesia selalu menargetkan untuk mendapatkan medali emas, namun skuad Garuda selalu gagal meraih hasil maksimal.

Sebagai informasi, Indonesia terakhir kali meraih medali emas pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 1991 di Manila.

Setelah itu, skuad Garuda lebih sering meraih posisi runner-up, hal itu menurutnya jangan sampai terulang di Kamboja.

"Pasti setiap tahunnya Timnas punya target emas dan kita dengan perkembangan bola sekarang semakin maju," kata Dedi Kusnandar.

Baca Juga

"Dan kita tahu Indonesia selalu runner-up, seperti zaman saya juga runner-up, jadi saya harap tahun ini emas. Jangan ada kata kata spesialis runner-up," ungkap mantan kapten Timnas Indonesia U-23 ini menambahkan.

Timnas Indonesia U-22 terbilang berada di grup yang relatif mudah, pada SEA Games 2023 karena tak bentrok dengan lawan berat, seperti Vietnam selaku juara bertahan di Grup A.

Baca Juga

Selain itu, Timnas Indonesia U-22 juga tak perlu bersua tim kuat lainnya, seperti Thailand dan Malaysia, di SEA Games 2023 kali ini.

Tim asuhan Indra Sjafri ini nanti akan disambut oleh tuan rumah, Kamboja, dan masih ada Myanmar, Filipina, dan Timor Leste yang mana Garuda Muda masih punya peluang menang melawan mereka.

Mengenai persaingan di fase grup, Dedi menilai peta persaingan saat ini sudah berbeda dengan sebelumnya, lantaran seluruh peserta memiliki kekuatan yang cukup merata.

Baca Juga

1. Harapan untuk Timnas Indonesia U-22

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon U-22, Minggu (16/04/23).

Sehingga, pemain yang menggunakan nomor punggung 11 ini meminta skuad Garuda tetap fokus dan tidak menganggap enteng lawan yang dihadapi pada SEA Games 2023.

"Kalau sekarang gak ada grup neraka ya. Kalau dulu kita tahu lah lawan tim A berapa prediksi skor. Kalau sekarang merata, jadi gak ada grup mudah atau neraka," tegas Dado.

Sementara itu, sebelumnya Gelandang Arema FC, Gian Zola, memberikan dukungan kepada adik kandungnya, Beckham Putra Nugraha, yang saat ini sedang bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 di Kamboja.

Zola merasa optimis, Beckham bersama Timnas Indonesia U-22 dibawah asuhan Indra Sjafri bisa tampil maksimal dan meraih medali emas pada pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, gelandang jebolan Diklat Persib ini berharap keberhasilannya meraih prestasi bersama Indra Sjafri di Kamboja beberapa tahun lalu di Piala AFF 2019, bisa kembali terulang pada SEA Games 2023.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada 2019 Gian Zola menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-22 dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri. Saat itu, skuad Garuda meraih gelar juara Piala AFF yang digelar di Kamboja.

"Semoga Etam (Beckham) sukses dapat emas di SEA Games Kamboja. Karena di Kamboja juga bareng coach Indra, sama saya juara juga waktu itu, semoga rezekinya," kata Gian Zola.

Baca Juga

Pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan pertama Skuad Merah Putih adalah melawan Filipina pada Sabtu (29/04/23).

Menjelang laga perdana menghadapi Filipina, Indra Sjafri telah mempelajari kekuatan lawan. Jajaran pelatih timnas Indonesia U-22 menganalisa video pertandingan kubu seberang.

Laga pertama dikatakan sangat penting untuk dimenang lantaran hal itu akan berdampak besar terhadap mental pemain timnas Indonesia U-22.

Baca Juga

"Kami sudah mulai mencari komposisi terbaik lawan Filipina, siapa saja pemain yang kira-kira paling cocok kita mainkan di game pertama," ujar eks pelatih Bali United itu.

"Game pertama tentu menjadi sangat penting. Pertandingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya dalam setiap turnamen," tambah Indra Sjafri.

Persib BandungDedi KusnandarBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini