x

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023

Sabtu, 29 April 2023 07:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon U-22, Minggu (16/04/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri akan bersua Filipina di pertandingan perdana Grup A cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja.

Jadwal pertandingan SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Filipina akan digelar di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu (29/04/23) pukul 16.00 WIB.

Pada gelaran SEA Games 2022 lalu, Timnas Indonesia U-22 pernah bersua Filipina pada babak penyisihan Grup dan berhasil menang telak 4-0.

Meski begitu, hasil tersebut tidak bisa menjadi patokan, lantaran kini kedua tim memiliki materi pemain yang berbeda.

Akan tetapi, skuat Garuda Muda tetap diunggulkan meraih kemenangan. Pasalnya, Indra Sjafri telah memanggil sejumlah bintang seperti adanya sosok Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman hingga Pratama Arhan.

Baca Juga

Marselino Ferdinan menjadi pemain terakhir yang bergabung ke pemusatan latihan timnas U-22 pada Senin (25/4/23) lalu, atau sehari sebelum berangkat ke SEA Games 2023.

Dia hanya istirahat beberapa jam, sebelum melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke Kamboja. Namun, ia sempat menegaskan siap tempur untuk membawa nama baik Merah Putih di kancah Internasional.

Baca Juga

"Kalau saya untuk badan, oke 100 persen, tapi mungkin masih jet lag karena masih merasa capek. Kalau kondisi teman-teman tadi saya lihat latihan baik, lancar dan kami siap melawan Filipina di laga pertama," ujar Marselino.

Jelang laga perdana SEA Games 2023 melawan Filipina, berikut INDOSPORT telah merangkum prediksi starting XI Timnas Indonesia U-22 yang bakal dipasang Indra Sjafri:

Baca Juga

1. Kiper dan Lini Belakang

Prematch presconference para negara peserta grup A cabor sepak bola SEA Games 2023, Jumat (28/03/23). Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan Filipina di laga perdana pada Sabtu (29/03/23) malam. Foto: PSSI

Dalam duel melawan Filipina, Indra Sjafri diprediksi akan menerapkan formasi 4-2-3-1. Di pos penjaga gawang, Ernando Ari sudah pasti akan menjadi pilihan utama di bawah mistar.

Kemudian di posisi bek kanan, pemain Barito Putera yakni Bagas Kaffa dipastikan mengisi slot tersebut. Indra Sjafri sudah percaya dengan kemampuannya karena sempat menjadi andalan di Timnas Indonesia U-19.

Kemudian untuk bek kiri, Pratama Arhan sudah jelas tidak akan tergantikan. Meski masih berusia 21 tahun, ia juga sudah menjadi andalan Shin Tae-yong di skuat senior.

Pratama Arhan memiliki kemampuan unik yakni lemparan jauh. Kemudian dirinya juga memiliki kecepatan untuk membantu melakukan serangan balik.

Untuk posisi dua bek tengah, Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho bakal menjadi tembok kokoh yang sulit untuk ditembus.

Baca Juga

Muhammad Ferarri merupakan kapten Timnas Indonesia U-20 dan selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Kemudian Rizky Ridho punya pengalaman bermain di level senior dan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Lini Tengah dan Depan

Untuk lini tengah, Ananda Raehan dan Alfeandra Dewangga bakal menjadi dua gelandang jangkar. Mereka memiliki kemampuan bertahan sangat baik dan bisa menjadi pengatur serangan.

Selanjutnya ada Witan Sulaeman yang beroprasi sebagai winger kanan. Ia sempat ditakuti oleh media Vietnam karena memiliki kemampuan individu di atas rata-rata pemain ASEAN.

Baca Juga

Untuk winger kiri ada sosok Marselino Ferdinan. Ia baru saja encetak gol dari sisi kiri saat sang klub KMSK Deinze menang 3-1 atas Vitron pada Sabtu (22/04/23) lalu.

Kemudian ada gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha yang bakal menjadi second striker. Ia ada di posisi belakang penyerang tunggal Ramadhan Sananta.

Baca Juga

2. Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-22 vs Filipina

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon U-22, Minggu (16/04/23).

Berikut prediksi line up Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di laga perdana Grup A SEA Games 2023:

Formasi (4-2-3-1): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Beckham Putra, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Ramadhan Sananta.

Pelatih Kepala: Indra Sjafri.

Indra SjafriFilipinaWitan SulaemanTimnas Indonesia U-22Marselino FerdinanRamadhan SanantaSEA Games 2023

Berita Terkini