x

Awas Jadi Petaka, Ini Skenario AC Milan Agar Bisa Finis 4 Besar Liga Italia

Senin, 1 Mei 2023 19:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Skenario yang wajib dilakukan AC Milan agar mampu finis di posisi empat besar klasemen akhir Liga Italia musim ini. Mampukah terwujud?

INDOSPORT.COM – Intip skenario yang wajib dilakukan AC Milan agar mampu finis di posisi empat besar klasemen akhir Liga Italia musim ini. Mampukah terwujud?

Sepanjang gelaran Liga Italia 22/23, AC Milan sebagai sang juara bertahan memang alami naik turun penampilan dalam setiap pekan.

Sempat tak terkalahkan di awal musim terutama sepanjang bulan Agustus hingga September, namun performa angin-anginan AC Milan mulai terlihat sejak pergantian tahun.

Di awal bulan Januari 2023, AC Milan tercatat pernah melalui lima pertandingan tanpa kemenangan dan membuat mereka melorot ke urutan enam klasemen Liga Italia.

Bahkan pada pekan ke-19 hingga 21, AC Milan alami mimpi buruk di Serie A usai telan tiga kekalahan beruntun dari Lazio (1-0), Sassuolo (2-5) serta Inter Milan (1-0).

Baca Juga

Sementara di pertandingan teranyarnya, AC Milan kembali gagal amankan poin penuh usai ditahan imbang AS Roma 1-1 pada pekan ke-32.

Tampil di Stadio Olimpico pada Sabtu (29/04/23) lalu, AC Milan bahkan hampir kalah sebelum Alexis Saelemaekers mencetak gol penyama kedudukan pada masa injury time.

Baca Juga

Dengan tambahan satu angka, kini posisi AC Milan melorot ke urutan lima klasemen Liga Italia lewat koleksi 57 poin.

Jumlah poin AC Milan sejatinya sama dengan Inter Milan yang berada di urutan empat, akan tetapi Rossoneri kalah saing dari segi produktivitas gol.

Hanya menyisakan enam pertandingan sisa, peluang AC Milan untuk bisa finish di empat besar atau amankan jatah lolos Liga Champions musim depan terbilang susah-susah gampang.

Lantas seperti apakah peluang AC Milan untuk bisa finish di peringkat empat di Liga Italia musim ini? Berikut INDOSPORT coba mengulas:

Baca Juga

1. Sapu Kemenangan

Penyerang AC Milan, Olivier Giroud dirangkul oleh pemain Napoli di Liga Champions.

Skenario pertama yang wajib dilakukan AC Milan demi raih empat besar klasemen adalah menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan.

Jelas ketentuan ini harus dilakukan AC Milan, karena tiap poin yang bakal diraih Rossoneri bakal menentukan posisi mereka di papan klasemen.

Andai satu laga saja AC Milan gagal mendulang poin, mereka berpotensi kian jauh dan sulit memangkas jarak dengan Inter Milan atau AS Roma yang kini memiliki angka sama.

Dalam enam pertandingan terakhir nanti, peluang AC Milan untuk sapu bersih kemenangan terbilang cukup mudah lantaran hanya ada dua big match yang mereka jalani.

Big match pertama adalah menghadapi Lazio pada pekan ke-34 bulan Mei nanti, tetapi di laga ini AC Milan bakal bertindak sebagai tuan rumah sehingga akan lebih diunggulkan.

Baca Juga

Sementara laga berat kedua, adalah menghadapi Juventus di pekan 37 pada akhir Mei mendatang. Pertandingan cukup sulit lantaran AC Milan harus bertandang ke markas Juventus Stadium.

Di pertemuan pertama, AC Milan sukses mengandaskan Juventus dengan skor 2-0. Berbekal kemenangan tersebut, Rossoneri mungkin bisa kembali melanjutkan tren positif mereka atau minimal tidak kalah pada pertemuan kedua nanti.

Baca Juga

Sedangkan empat laga sisanya, AC Milan berpotensi besar amankan poin lantaran cuma menghadapi tim semenjana sekelas Cremonese, Spezia Calcio, Sampdoria serta Hellas Verona.

Jika melihat dari dua pesaing berat AC Milan untuk empat besar yakni Inter Milan dan AS Roma, hanya Giallorossi yang mempunyai jadwal big match paling sedikit.

Tercatat, AS Roma hanya menghadapi Inter Milan sebagai lawan terberat pada pekan ke-34 nanti, sedangkan lima laga sisanya cuma melawan Monza, Bologna, Salernitana, Fiorentina serta Spezia.

Sementara Inter Milan harus lalui dua pertandingan sulit, selain menghadapi AS Roma mereka juga harus bertemu Atalanta hingga Napoli yang kini jadi pemuncak klasemen.

Baca Juga

2. Pesta Gol

Selebrasi Rafael Leao di laga Liga Italia antara AC Milan vs Lecce. REUTERS/Daniele Mascolo

Berkaca dari calon lawan yang dihadapi AC Milan serta para rival terdekat untuk perebutan posisi empat besar klasemen Liga Italia, jelas peluang Rossoneri untuk amankan jatah Liga Champions masih terbuka.

Namun tetap dengan syarat wajib menang di enam pertandingan terakhir, serta berharap dua tim lain tergelincir atau minimal duel Inter Milan kontra AS Roma berakhir imbang.

Jika terjadi, maka AC Milan akan memiliki keunggulan dua poin. (Dengan asumsi duel Inter Milan vs AS Roma berakhir imbang dan semua pertandingan sisa yang dijalani AC Milan, Inter dan AS Roma berakhir dengan kemenangan).

Namun jika duel Inter Milan vs AS Roma ada pemenang dan di sisa pertandingan salah satu dari kedua tim tersebut berhasil sapu bersih kemenangan, maka perolehan poin dengan AC Milan berpotensi sama.

Andai terjadi, maka AC Milan harus berharap produktivitas gol mereka bisa mengungguli salah satu AS Roma atau Inter Milan agar bisa mengunci posisi empat besar.

Seperti yang terjadi saat ini, AC Milan harus kalah saing dari Inter Milan di posisi empat besar meski poin yang mereka miliki sama dengan Nerazzurri.

Oleh sebab itu, selain sapu bersih kemenangan di enam pertandingan terakhir, AC Milan juga wajib pesta gol untuk perbesar peluang mereka finis empat besar.

Liga ChampionsAC MilanLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini