x

Cerita Cyrus Margono Ingin Kembali Mendapatkan Status WNI demi Bela Timnas Indonesia

Rabu, 3 Mei 2023 16:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Kiper Panthinaikos B yang berlaga di Liga Yunani, Cyrus Margono dikabarkan sedang berjuang untuk kembali menjadi WNI.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Panthinaikos B yang berlaga di Liga Yunani, Cyrus Margono tengah menghiasi pemberitaan sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, Cyrus dikabarkan sedang berjuang untuk kembali menjadi Warga Negara Indonesia.

Kabar terkait Cyrus yang sedang mengurus proses menjadi seorang Warga Negara Indonesia dikabarkan oleh mantan perwakilan PSSI yang mengurus calon pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan.

Nama Cyrus memang sempat menjadi pemberitaan beberapa waktu lalu. Di mana saat beberapa nama pemain keturunan yang akan dinaturalisasi oleh PSSI.

Baca Juga

Cyrus pun dikabarkan berminat untuk menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Namun kabar Cyrus pun berhembus begitu saja.

Nama Cyrus sendiri mendadak tenar saat bergabung dengan Panathinaikos pada Agustus 2021. Namun, ia tidak diprioritaskan untuk tim senior, melainkan memperkuat tim B yang berkompetisi di Super League Greece 2 atau kasta kedua Liga Yunani.

Baca Juga

Kini Cyrus pun dikabarkan kembali berminat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). DI mana Cyrus ingin bisa membela Timnas Indonesia

Hamdan Hamedan kini menjabarkan bahwa Cyrus tengah dalam proses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kepada INDOSPORT Hamdan pun menjabarkan awal proses bagaimana Cyrus bakal menjadi WNI.

Baca Juga

1. Berawal dari Pertemuan Tidak Sengaja

Mantan perwakilan PSSI yang mengurus calon pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan. (Foto: Instagram@hamdan.hamedan)

Hamdan Hamedan menjelaskan semua proses ini berawal dari ketidaksengajaan. Di mana dia bertemu dengan Cyrus di Bandara Soekarno Hatta.

“Pada bulan Juni tahun lalu, saya secara tidak sengaja bertemu Cyrus di Bandara Soekarno-Hatta. Dia mengungkapkan keinginannya untuk bermain di tim nasional sepak bola Indonesia,” buka Hamdan. 

“Beberapa minggu kemudian, ketika saya bertemu dengannya lagi, dia mengatakan hal yang sama,” jelas Hamdan.

Hamdan sendiri menjabarkan bahwa Cyrus sendiri memang memiliki mimpi besar untuk bergabung membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

Namun Hamdan menegaskan untuk bisa membela Timnas Indonesia adalah murni hak dari seorang pelatih kepala yakni Shin Tae-yong.

Namun bak gayung bersambut, ternyata Cyrus sudah dipantau oleh tim kepelatihan Shin Tae-yong. Bahkan staf pelatih Shin Tae-yong sudah menginfokan perihal Cyrus kepada dirinya.

Baca Juga

“Namun, sebagai pemain sepak bola, panggilan untuk bergabung dalam tim nasional merupakan hak prerogatif pelatih kepala,” kata Hamdan.

“Pada bulan Januari di Filipina, salah satu pelatih di tim kepelatihan Coach Shin Tae-yong memberitahu saya bahwa mereka ingin melihat Cyrus lebih dekat, asalkan dia punya paspor Indonesia sehingga tidak perlu naturalisasi,” jelas Hamdan.

Baca Juga

2. Koordinasi dengan Segala Pihak

Mantan perwakilan PSSI yang mengurus calon pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan. (Foto: Instagram@hamdan.hamedan)

Kini Hamdan dan keluarga Cyrus pun tengah mencari jalan keluar terkait status Warga Negara Indonesia. Sehingga nantinya baik Cyrus dan Hamdan pun tidak salah dalam mengambil langkah.

“Atas dasar ini, lalu saya mulai berkomunikasi dengan Cyrus, ayahnya, dan Duta Besar Indonesia untuk Yunani terkait paspor Cyrus.”

Baca Juga

“Rupanya Cyrus tidak memiliki paspor Indonesia. Oleh karena itu, kami membicarakan langkah-langkah yang perlu diambil agar Cyrus dapat memperoleh paspor Indonesia.Tak kalah penting, kami juga berkonsultasi dengan Kemenkumham agar tidak salah mengambil langkah,” beber Hamdan. 

“Dia (Cyrus) ingin mendapatkan kembali kewarganegaraan Indonesia. Jadi langkah yang diambil adalah sesuai dengan PP No 21 Tahun 2022 yang mana anak-anak yang tidak tercatat atau terlambat memilih kewarganegaraannya dan anak yang tidak mendaftar sebagai anak berkewarganegaraan ganda akan diberikan kesempatan kembali untuk dapat memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia,” tukas dia. 

Baca Juga

3. Sudah Mulai Pemberkasan

Kiper Panthinaikos B yang berlaga di Liga Yunani, Cyrus Margono dikabarkan sedang berjuang untuk kembali menjadi WNI.

Hamdan pun mengatakan saat ini Cyrus sedang dalam proses pemberkasan. DIa pun berharap semua proses ini bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Iya, secara umum sudah lengkap. Hanya butuh legalisir beberapa dokumen saja,” kata Hamdan. 

“Terkait lama Prosesnya mungkin memakan waktu yang sama dengan jalur naturalisasi yang diambil oleh Jordi Amat dan kawan-kawan, tetapi bisa saja lebih cepat karena tidak perlu melewati DPR.”

Baca Juga

“Tujuan dari dinaturalisasi ini adalah agar Cyrus memenuhi syarat atau eligible untuk dipanggil ke Timnas Indonesia, meskipun keputusan akhir tetap ada di tangan pelatih kepala.

Intinya, Cyrus ingin kembali menjadi WNI sehingga dia memenuhi syarat untuk dipanggil ke Timnas Indonesia. Namun, panggilan tersebut tetap merupakan hak prerogatif pelatih kepala dan Cyrus hanya berusaha memenuhi syarat agar dapat dipanggil,” tukas Hamdan.

Baca Juga
PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaShin Tae-yongCyrus Margono

Berita Terkini