x

SEA Games 2023: Indonesia Pede! Timnas Vietnam Ternyata Punya Banyak Kelemahan

Kamis, 4 Mei 2023 16:40 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Vietnam ternyata memiliki banyak kelemahan meski kokoh di puncak klasemen Grup B SEA Games 2023 yang bisa menjadi peluang emas timnas Indonesia U-22. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – Vietnam ternyata memiliki banyak kelemahan meski kokoh di puncak klasemen Grup B SEA Games 2023 yang bisa menjadi peluang emas timnas Indonesia U-22.

Seperti diketahui, persaingan Grup B SEA Games 2023 semakin sengit. Pasalnya, dua tim raksasa yang saling memperebutkan posisi puncak yakni Thailand dan Vietnam.

Vietnam sendiri kokoh di puncak klasemen Grup B dengan mengoleksi enam poin hasil dari kemenangan melawan Laos dengan skor 2-0 dan Singapura dengan skor 3-0.

Kendati demikian, banyak sekali penggemar sepak bola Vietnam yang mengkritik pemain asuhan Philippe Troussier yang tampil kurang garang melawan Laos.

Tak cukup sampai di sini, Timnas Vietnam juga menuai kritik dari media setempat usai melakoni pertandingan kedua melawan Singapura di SEA Games 2023.

Baca Juga

“Namun, jika dilihat lebih dekat, terlihat jelas bahwa Vietnam U-22 memiliki banyak kekurangan sehingga membuat pelatih belum puas,” tulis media Bongda.

“Singapura jarang melakukan serangan secara spontan, namun, pertahanan Vietnam U22 mengkhawatirkan yang membuat lawan mudah mengancam gawang Quan Van Chuan,” sambungnya.

Baca Juga

“Serangannya juga (Timnas Vietnam), masih banyak ruang, banyak salah dan memberi umpan yang terlalu tergesa-gesa dan pada saat yang sama penyelesaiannya juga tidak terlalu baik,”

Maka dari itu, Timnas Indonesia U-22 di bawah asuhan Indra Sjafri dapat memanfaatkan penampilan Vietnam yang kurang maksimal di SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 yang tergabung di Grup A sendiri berpotensi untuk menghadapi Vietnam di semifinal dengan catatan kedua tim lolos sebagai runner-up dan salah satunya juara grup.

Baca Juga

1. Peluang Emas Timnas U-22

Salah satu aksi Timnas Indonesia di SEA Games 2023. Foto: PSSI.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-22 menjadi kandidat kuat untuk meraih emas SEA Games 2023 bersama dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Timnas U-22 sendiri memiliki modal positif kemenangan di pertandingan perdana Grup A melawan Filipina yang berakhir dengan skor telak 3-0.

Tentu, ini menjadi modal positif Garuda Muda untuk mengamankan posisi puncak klasemen untuk lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2023 sebagai juara grup.

Namun, ujian berat tentunya bagi Indonesia yang berpotensi menghadapi lawan berat di semifinal yang diprediksi antara Thailand atau Vietnam.

Sementara itu, Vietnam di bawah asuhan Philippe Troussier sebagai rival Indonesia dinilai tampil kurang memuaskan dan menuai banyak kritik.

Baca Juga

Selain itu, Thailand juga tampil kurang memuaskan. Meski mengalahkan Singapura dengan skor 3-1, Tim Gajah Perang tidak berhasil memuncaki klasemen Grup B.

Maka dari itu, performa dua rival berat Timnas Indonesia U-22 ini bisa menjadi kesempatan untuk Indra Sjafri mencetak sejarah menggondol medali emas SEA Games.

Baca Juga

Apalagi pada SEA Games edisi sebelumnya, Timnas Indonesia terhenti di semifinal usai takluk dari Thailand dengan agregat skor 0-1.

Sementara itu, Vietnam yang masih di bawah komando Park Hang-seo berhasil menyabet medali emas usai mengalahkan Thailand di final dengan skor 1-0.

Apalagi Vietnam juga masih adapatasi dengan pelatih barunya yakni Philippe Troussier serta Thailand yang dilatih legenda sepak bola, Issara Sritaro.

Baca Juga

Sumber: Bongda

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini