x

4 Fakta Menarik Jelang Duel AC Milan vs Inter Milan di Semifinal Liga Champions

Rabu, 10 Mei 2023 17:21 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara AC Milan vs Inter Milan di leg pertama semifinal Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Ada empat fakta menarik jelang laga leg pertama semifinal Liga Champions 2022-2023 antara dua raksasa Italia, yakni AC Milan vs Inter Milan.

Laga leg pertama semifinal Liga Champions antara AC Milan vs Inter Milan akan tersaji di Stadion San Siro pada Kamis (11/05/23) pukul 02.00 dini hari WIB.

Duel bertajuk derby Milan atau Derby della Madonnina ini diprediksi bakal berjalan sangat panas. Pasalnya, rivalitas Rossoneri dan Nerazzurri sudah ada sejak 1908 silam.

AC Milan yang berstatus sebagai juara Liga Italia musim lalu sukses lolos ke semifinal Liga Champions 2022-2023 seusai menyingkirkan Napoli di perempat final.

Pasukan Stefano Pioli sukses menang 1-0 saat menjamu Napoli di leg pertama perempat final. Kemudian mereka berhasil menahan imbang 1-1 saat gantian bermain di markas Napoli.

Baca Juga

Sementara itu, Inter Milan besutan Simone Inzaghi lolos ke semifinal Liga Champions setelah suskes menyingkirkan Benfica dengan skor agregat 5-3.

Pasukan Simone Inzaghi menang 2-0 saat bertandang ke markas Benfica di leg pertama. Kemudian imang 3-3 di kandang sendiri di laga leg kedua.

Baca Juga

Keberhasilan dua klub raksasa Liga Italia melaju ke semifinal disambut baik oleh sejumlah fans. Namun mereka terpaksa harus saling membunuh demi berebut tiket ke partai puncak Liga Champions.

Berikut INDOSPORT telah merangkum empat fakta menarik jelang duel AC Milan vs Inter Milan di leg pertama semifinal Liga Champions 2022-2023:

Baca Juga

1. AC Milan Unggul Head to Head di Liga Champions

Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama rekan setimnya pada laga Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

AC Milan dan Inter Milan tercatat sudah pernah bertemu sebanyak empat kali di ajang Liga Champions. Di mana Rossoneri masih unggul usai berhasil meraih dua kali kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Pertemuan pertamanya di Liga Champions terjadi pada musim 2002-2003 silam di babak semifinal. Saat itu pertemuan leg pertama harus berkesudahan dengan skor imbang 0-0.

Kemudian di leg kedua, AC Milan dan Inter harus puas berbagi angka 1-1. Namun, AC Milan yang berhak lolos ke final karena unggul gol tandang.

Sedangkan di pertemuan selanjutnya terjadi pada musim 2004-2005 silam. Pada leg pertama, AC Milan berhasil meraih kemenangan 2-0, selanjutnya leg kedua meraih kemenangan 3-0 secara WO.

Baca Juga

Inzaghi 'Si Rajanya Turnamen'

Status Simone Inzaghi sebagai "Raja Turnamen" bisa membuat AC Milan kalah di kandang dalam leg pertama semifinal Liga Champions Eropa 2022-2023.

Dengan gaya bermain yang defensif dan mengandalkan serangan balik, Simone Inzaghi mampu membuat Inter Milan menjadi lawan menakutkan di kompetisi berformat sistem gugur.

Baca Juga

Hal ini juga dibuktikan dengan rekam jejaknya, di mana lemari trofinya sebagai pelatih mayoritas dari kompetisi berformat turnamen.

Ia sempat menjuarai Coppa Italia dan Piala Super Italia bersama Inter Milan dan Lazio sejak musim 2017-2018 hingga 2022-2023.

Baca Juga

2. Cetak Pertemuan Terbanyak dalam Satu Musim

Pemain Inter Milan, Milan Skriniar

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, AC Milan dan Inter Milan akan saling berhadapan sebanyak lima kali dalam satu musim.

Rinciannya yakni dua kali di Liga Italia (Serie A), sekali di Piala Supercoppa dan dua kali di semifinal Liga Champions musim 2022-2023.

Milan Punya Catatan Manis di San Siro dalam Semifinal Liga Champions

AC Milan memiliki catatan manis di San Siro bila bersua tim manapun di semifinal Liga Champions Eropa. Rossoneri hanya kalah sekali dari enam duel di babak semifinal Liga Champions yang dihelat di San Siro.

Rinciannya yakni empat kali menang dan satu kali seri. Ada pun satu-satunya kekalahan yang didapat di San Siro adalah ketika takluk 0-1 dari Barcelona di leg pertama musim 2005-2006 silam.

Liga ChampionsAC MilanInter MilanStefano PioliSimone Inzaghi

Berita Terkini