x

Kamboja Gagal Bungkam Timnas Indonesia, Keisuke Honda Putuskan Resign

Kamis, 11 Mei 2023 15:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Legenda sepak bola Jepang, Keisuke Honda, meninggalkan posisinya sebagai manajer umum Kamboja yang meraih hasil buruk di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Jepang, Keisuke Honda, meninggalkan posisinya sebagai manajer umum Kamboja yang meraih hasil buruk di SEA Games 2023.

Keputusan Keisuke Honda munndur dari jabatannya tersebut disampaikan melalui akun resminya di Twitter pada hari Kamis (11/05/23) pagi waktu setempat.

Juara Piala Asia bersama negaranya yang juga bermain untuk AC Milan itu menulis bahwa proyek selama lima tahun bersama timnas Kamboja sudah resmi berakhir

“Sebuah proyek di Kamboja yang dimulai pada 2018 telah berakhir,” tulis mantan gelandang serang tersebut.

SEA Games 2023 pun menjadi turnamen terakhir yang menjadi tanggung jawab Honda. Namun sang manajer kecewa tidak mampu menyelesaikannya dengan hasil memuaskan.

Baca Juga

“Saya tidak dapat menyelesaikan turnamen terakhir dengan hasil yang memuaskan, tetapi saya ingin memanfaatkan rasa frustrasi ini lain kali,” lanjut Keisuke Honda.

Menurut Honda, memutuskan mundur dari jabatan menjadi salah satu bentuk konsekuensi yang harus dia hadapi. Dia pun juga meminta para pemain Kamboja bertanggung jawab atas hasil yang dicapai.

Baca Juga

“Para pemain Kamboja harus tahu apa yang harus mereka lakukan, jadi saya menantikan masa depan mereka.”

“Terima kasih kepada semua orang yang mendukung kami selama 5 tahun. Aku akan pergi berikutnya,” tutup Honda pada unggahannya tersebut.

Di bawah arahannya, Kamboja selaku tuan rumah harus puas finis di tempat ketiga pada Grup B dengan hanya mengantongi empat poin dari empat pertandingan yang dijalani.

Baca Juga

1. Kamboja Dikalahkan Timnas Indonesia U-22

Laga antara Kamboja U-22 vs Timnas Indonesia U-22 di SEA GAMES 2023. (Foto: PSSI)

Kamboja sejatinya memiliki kesempatan lolos ke babak berikutnya andai bisa meraih kemenangan pada laga terakhir fase grup melawan Timnas Indonesia U-22.

Hal ini dikarenakan Kamboja dan Myanmar sempat bersaing ketat memperebutkan posisi runner-up grup, yang nantinya akan menemani Indonesia ke semifinal.

Namun pada laga yang digelar Rabu (10/05/23) kemarin, Kamboja gagal meewujudkannya karena kalah dari Timnas Indonesia dengan skor tipis 1-2.

Indonesia unggul terlebih dulu lewat gol yang diciptakan Titan Agung di menit ke-9. Kamboja mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 tepat di injury time babak pertama.

Namun, hasil imbang itu berubah jadi kemenangan bagi pasukan Indra Sjafri setelah David Beckham mencetak gol ke-52.

Baca Juga

Sementara di saat yang bersamaan, Myanmar berhasil memenangkan laga terakhirnya melawan Filipina dengan skor tipis 1-0.

Hasil ini membuat Myanmar mendapat tambahan tiga poin sekaligus mengunci tempat kedua di klasemen akhir Grup B dan lolos ke semifinal.

Baca Juga

Hasil ini menjadi akhir yang pahit bagi Keisuke Honda yang selama lima tahun bekerja keras untuk mengembangkan sepak bola Kamboja.

Melansir dari Sportsbrief, Honda sendiri tidak pernah terdaftar sebagai pelatih resmi karena dia belum bisa memenuhi syarat kualifikasi sebagai pelatih.

Namun, Honda tidak pernah absen dalam membimbing timnas Kamboja di semua level dan selalu setia mendampingi pelatih kepala Ryu Hirose tiap kali bertanding.

Baca Juga
KambojaKeisuke HondaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini