x

Timnas Indonesia Juara SEA Games 2023, Presiden Jokowi Dibuat Tekor Borong Durian

Rabu, 17 Mei 2023 13:04 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Presiden Joko Widodo saat menemui timnas Indonesia di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Presiden RI, Joko Widodo, atau akrab dipanggil Jokowi, dibuat tekor borong durian usai timnas Indonesia U-22 menjuarai SEA Games 2023.

Joko Widodo menyaksikan pertandingan final SEA Games 2023 antara timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Selasa (17/5/23) malam WIB.

Meski hanya menyaksikan dari Kota Medan, Sumatra Utara, suasana nonton bareng final SEA Games 2023 yang dihadiri oleh Joko Widodo tampak begitu meriah.

Hal tersebut menyusul dengan kemenangan mengejutkan timnas Indonesia atas Thailand, yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, berakhir dengan skor 5-2.

Timnas Indonesia tampil begitu meyakinkan dalam pertandingan melawan Thailand, karena mampu memimpin dua gol di babak pertama.

Baca Juga

Keadaan itu dapat terjadi berkat torehan dua gol yang diciptakan oleh striker tim nasional Indonesia, Ramadhan Sananta, di menit ke-20, dan 45+5.

Kendati demikian, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan melalui Anan Yondsangwal (65'). Bahkan, timnas Indonesia harus dikejutkan oleh gol Yotsakorn Burapha di akhir babak kedua.

Baca Juga

Hal tersebut membuat partai puncak SEA Games 2023 tersebut harus dilanjutkan ke babak ekstra, yang mampu dimanfaatkan oleh timnas Indonesia.

Pasalnya, timnas Indonesia mampu memperbesar keunggulan melalui Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (107'), dan Beckham Putra (120'), usai tiga pemain Thailand mendapat kartu merah.

Dengan kemenangan yang didapatkan oleh Timnas Indonesia atas Thailand, Jokowi lantas dibuat tekor karena harus memborong durian.

Baca Juga

1. Jokowi Traktir Durian

Presiden RI Joko Widodo lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja di Istana Negara, Selasa (02/05/23).

Joko Widodo mentraktir para menteri, Gubernur Sumatra Utara, dan seluruh pihak yang ikut nobar final SEA Games 2023 di Medan untuk makan durian.

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi janji yang  dibuat oleh Jokowi sebelum partai puncak SEA Games 2023 cabang olahraga (cabor) sepak bola berlangsung.

Sebelumnya, Joko Widodo berjanji akan mentraktir para menteri, Gubernur Sumatra Utara, dan pihak terkait untuk makan durian di SI Bolang Durian, Medan.

"Tadi sore memang saya janjian dengan para menteri, Pak Gub, dan lain-lain, kalau (timnas Indonesia menang mau saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng," ungkap Jokowi.

"Jadi karena (timnas Indonesia) menang ya harus traktir, janjiannya seperti itu," tambah Presiden RI, dikutip dari Instagram resmi milik Joko Widodo.

Baca Juga

Selain itu, Presiden ke-7 Republik Indonesia tersebut sangat takjub dengan penampilan yang ditunjukkan oleh skuat Garuda Muda.

Menurut Jokowi, pemain tim nasional Indonesia mampu menunjukkan mental yang sangat luar biasa. Sehingga, mampu menyabet gelar juara SEA Games 2023.

Baca Juga

"Sangat happy banget karena Indonesia melawan Thailand 5-2. Seperti yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara (Timnas Indonesia) itu ada."

"Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu (selama) 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara, 32 tahun kita nunggu," tambah Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa dirinya sampai lompat-lompat ketika merayakan keberhasilan timnas Indonesia mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023.

Baca Juga

Sumber: Instagram resmi Joko Widodo

IndonesiaSEA GamesThailandJoko WidodoTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini