x

Timnas Indonesia U-22 Sabet Emas SEA Games 2023, Media Malaysia Akui Magis Indra Sjafri

Rabu, 17 Mei 2023 09:17 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Juru taktik Indra Sjafri tuai sorotan media Malaysia usai membawa timnas Indonesia U-22 sabet medali emas di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Juru taktik Indra Sjafri tuai sorotan media Malaysia usai membawa timnas Indonesia U-22 sabet medali emas di SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 berhasil mengukir sejarah manis di Olympic Stadium, Kamboja pada Selasa (16/05/23) malam WIB dengan menyabet emas SEA Games 2023 setelah 32 tahun.

Marselino Ferdinan dkk sukses unggul atas rival bebuyutan, Thailand, di partai final usai menang dengan skor 5-2 melalui perpanjangan waktu.

Lima gol timnas U-22 berhasil dicetak oleh brace Ramadhan Sananta di babak pertama. Lalu di perpanjangan waktu, Irfan Jauhari, Fajar Fatur Rahman dan Beckham Putra berhasil memastikan kemenangan Indonesia.

Menariknya, tak hanya penggawa Garuda yang menuai atensi karena semangat juang yang dimiliki. Sang pelatih, Indra Sjafri turut mendapat sorotan, salah satunya dari media Malaysia, Semuanya Bola.

Baca Juga

“Pelatih Indonesia hanya butuh waktu tiga jam saja untuk menilai kelemahan Thailand,” tulis media Malaysia.

“Ia (Indra Sjafri) bekerja sangat keras untuk mengatur taktik para pemain, Indra juga memahami dengan betul kekuatan Thailand sebelum bertanding,”

Baca Juga

“Bahkan, Indra mengaku menghabiskan waktu tiga jam untuk menganalisis pola permainan lawan melalui video yang ditontonnya,” sambung media Malaysia.

Alhasil, perjuangan Indra Sjafri berbuah manis, timnas Indonesia U-22 dapat membalas dendam kekalahan pada edisi sebelumnya di SEA Games 2023.

Sebagai informasi, pada SEA Games edisi 2021, Skuat Garuda harus puas meraih medali perunggu usai langkahnya dihentikan Thailand di babak semifinal.

Baca Juga

1. Bangkitnya Sepak Bola Indonesia

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand di SEA Games 2023., Selasa (16/05/23).

Seperti diketahui, laga final SEA Games 2023 berlangsung dengan panas. Timnas Indonesia U-22 yang unggul 2-1 hingga masa injury time harus rela disamakan kedudukan oleh Thailand sesaat sebelum peluit panjang dibunyikan.

Indra Sjafri selaku pelatih yang berhasil membawa timnas U-22 keluar sebagai juara di SEA Games 2023 menyebutkan momen ini menjadi ajang kebangkitan sepak bola nasional.

Ya, pelatih yang genap berusia 60 tahun itu menyebut medali emas kali ini menjadi pelipur lara Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Ya pertandingan yang sangat menegangkan dan saya pikir kami bisa memenangkan pertandingan dengan skor yang sangat luar biasa, 5-2,” kata Indra Sjafri.

“Saya berharap kemenangan ini menjadi pengobat duka setelah kita batal jadi tuan rumah (Piala Dunia U-20),” sambungnya.

Baca Juga

“Tapi hal yang jauh lebih penting, bagaimana kemenangan emas ini jadi momentum untuk kebangkitan sepakbola Indonesia kedepannya,” tambahnya.

Bagi Indra Sjafri sendiri, ia turut mencatatkan sebagai pelatih lokal pertama yang membawa timnas Indonesia U-22 menyabet emas SEA Games usai Bertje Matulapelwa. Di mana kemenangan terakhir, 1991 dilatih oleh Anatoli Palosin.

Baca Juga

Sekadar informasi, raihan emas terakhir timnas Indonesia di ajang SEA Games terjadi pada edisi 1991 di mana kala itu Skuat Garuda sukses mengalahkan Thailand melalui adu penalti.

Sementara itu, timnas Indonesia U-22 juga berhasil mengubur mimpi Thailand untuk menyabet gelar ke-17 di SEA Games 2023.

Pada SEA Games edisi sebelumnya, Thailand di bawah asuhan Mano Polking gagal mengamankan menyabet medali emas usai takluk dari Vietnam.

Baca Juga

Sumber: Semuanya Bola

Indra SjafriMalaysiaThailandBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini