x

3 Rekor Final SEA Games 2023 Timnas Indonesia vs Thailand: Garuda Juara!

Selasa, 16 Mei 2023 22:31 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Irfan Jauhari usai mencetak gol ke gawang Thailand, Selasa (16/05/23).

INDOSPORT.COM – Sederet fakta serta rekor apik berhasil terjadi pasca pertandingan final cabor sepak bola pria SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia vs Thailand, Selasa (16/05/23) malam WIB.

Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, skuad Timnas Indonesia berhasil tampil apik bahkan ciptakan sejarah dengan meraih medali emas SEA Games 2023 usai mengalahkan Thailand 5-2.

Meski tak diunggulkan secara head to head, namun skuad Garuda Muda tampil spartan sejak awal laga dan mampu mengurung pertahanan Thailand.

Gol untuk Timnas Indonesia U-22 akhirnya tercipta pada menit ke-20 setelah Ramadhan Sananta sukses memaksimalkan lemparan jarak jauh dari Alfeandra Dewangga yang menggantikan peran Pratama Arhan. 

Setelah gol tersebut tercipta, pasukan Indra Sjafri kian gencar untuk terus menggempur pertahanan Thailand.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-22 pun berhasil menambah keunggulan pada detik-detik akhir laga lagi-lagi lewat aksi Ramadhan Sananta usai memanfaatkan umpan lambung dari kiper Ernando Ari. Skor 2-0 jadi penutup babak pertama.

Selepas jeda, Timnas Indonesia masih menguasai jalannya pertandingan namun penguasaan bola berhasil dimenangkan Thailand yang ingin mengejar ketertinggalan.

Baca Juga

Terus mendapat tekanan, gawang Timnas Indonesia akhirnya jebol melalui sundulan pemain Thailand pada menit ke-64’.

Kemenangan di depan mata Timnas Indonesia buyar, setelah di masa injury time Thailand mampu mencetak gol penyama kedudukan. Laga pun berlanjut ke extra time.

Pada babak tambahan, Timnas Indonesia kembali menggila dengan mencetak tiga gol di dua kali masa extra time. Skor berubah 5-2 yang terus bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia pun berhasil memenangkan medali emas di cabor sepak bola pria SEA Games 2023.

Pasca pertandingan, sejumlah fakta serta rekor impresif pun sukses ditorehkan Timnas Indonesia. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Tuah Indra Sjafri Selalu Juara AFF di Kamboja

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand, Selasa (16/05/23).

Fakta pertama adalah, rekor pelatih Timnas Indonesia yakni Indra Sjafri yang sepertinya punya magis tersendiri saat melakoni pertandingan final di Kamboja.

Dengan keberhasilan membawa Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri seolah mengulang kesuksesannya ketika menghantarkan skuad Garuda Muda menjuarai Piala AFF U-22 tahun 2019.

Pada saat itu, Timnas Indonesia berhasil menjadi juara juga dengan mengalahkan Thailand (2-1) dan bertempat di Olympic Stadium, venue yang juga menjadi saksi timnas meraih medali emas SEA Games 2023.

Selain itu, Indra Sjafri juga catatkan rekor sebagai pelatih lokal pertama yang bisa membawa Timnas Indonesia memenangkan SEA Games setelah Bertje Matulapelwa tahun 1987.

Rekor Menghadapi Thailand
Berikutnya adalah rekor buruk Timnas Indonesia kontra Thailand di era SEA Games yang akhirnya terhenti di ajang tahun ini.

Baca Juga

Tercatat, Timnas Indonesia telah menelan 15 kali kekalahan dari total 22 pertemuan atas Thailand di SEA Games (sejauh ini).

Terakhir kali Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand terjadi pada SEA Games 2019, saat itu skuad Garuda Muda berhasil menumbangkan pasukan Gajah Perang dengan skor 2-0 di fase group.

Baca Juga

Juara Pertama Kali Sejak 1991
Terakhir adalah rekor juara Timnas Indonesia di SEA Games. Di mana untuk kali pertama sejak 1991, skuad Garuda Muda bisa kembali naik ke podium untuk amankan medali emas.

Sebelum juara di SEA Games 2023, Timnas Indonesia sudah empat kali tampil ke final namun tak satupun yang berhasil menjadi juara.

Pada SEA Games 1991, skuad Merah Putih berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand melalui babak adu penalti (4-3).

Baca Juga
SEA GamesThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini