x

Liga Champions: Bantai Real Madrid 4-0, Man City Ciptakan Rekor Gila

Kamis, 18 Mei 2023 04:46 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jack Grealish dari Manchester City merayakan gol ke gawang Arsenal Reuters-Matthew Childs

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Manchester City berhasil torehkan sejumlah rekor apik usai mengalahkan Real Madrid dalam leg kedua semifinal Liga Champions, Kamis (18/05/23).

Real Madrid bertandang ke Stadion Etihad untuk menghadapi tuan rumah Manchester City dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions 22/23.

Berbekal hasil imbang 1-1 pada leg pertama, membuat Manchester City dan Real Madrid harus saling mengalahkan untuk bisa amankan tiket ke final.

Manchester City yang tampil di depan pendukung sendiri, langsung tancap gas di babak pertama dengan mencetak dua gol.

Adalah aksi Bernardo Silva yang sukses catatkan brace ke gawang Real Madrid pada menit ke-23’ serta 37’.

Baca Juga

The Citizens menambah dua gol lagi di babak kedua, manakala tandukan Manuel Akanji di menit ke-76 kemudian dibelokkan oleh Eder Militao ke gawang Real Madrid dan sontekan Julian Alvarez di akhir laga.

Hasil 4-0 atas Real Madrid membawa Manchester City ke babak final Liga Champions dengan keunggulan agregat 5-1.

Baca Juga

Pada pertandingan final nanti, Manchester City akan bertemu dengan Inter Milan yang sudah lolos lebih dulu usai mengalahkan AC Milan.

Bagi Manchester City, keberhasilan melangkah ke final Liga Champions kali ini merupakan yang kedua dalam sejarah klub setelah musim 20/21.

Selain mengulangi catatan impresif tiga tahun silam, Manchester City juga sukses menorehkan sejumlah rekor apik pasca kemenangan telak atas Real Madrid dini hari tadi.

Lantas apa sajakah itu? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum:

Baca Juga

1. Kekalahan Terbesar

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menemati timnya di Liga Champions melawan Borussia Dortmund

Melansir dari laman Opta, disebutkan bahwa kemenangan telak Manchester City atas Real Madrid membuat mereka menyamai rekor Liverpool di Liga Champions 2009.

Tepatnya adalah rekor kekalahan terbesar yang dirasakan El Real di kompetisi Eropa. Di mana pada musim tersebut Real Madrid juga kalah empat gol tanpa balas dari The Reds.

Kemenangan Pep Guardiola
Masih dari laman Opta, keberhasilan Manchester City atasi perlawanan Real Madrid juga berhasil berikan rekor buat sang pelatih, Pep Guardiola.

Tambahan satu kemenangan dini hari tadi, membuat mantan pelatih Barcelona tersebut sudah mengumpulkan 100 kemenangan di Liga Champions.

Pep Guardiola pun jadi pelatih ketiga dalam sejarah yang mampu melakukan hal tersebut, setelah sebelumnya ada Carlo Ancelotti dengan 107 kemenangan serta Alex Ferguson (102).

Baca Juga

Samai Messi
Sepanjang 90 menit pertandingan, Bernardo Silva jadi salah satu pemain yang tampil impresif dan jadi pilar penting Man City raih kemenangan.

Puncaknya, pemain asal Portugal tersebut berhasil mencetak dua gol di babak pertama yang sekaligus mempermudah langkah City amankan tiket ke final.

Baca Juga

Tambahan dua gol dalam satu laga ke gawang Real Madrid di Liga Champions, membuat Bernardo Silva jadi pemain ketiga yang mampu melakukannya setelah Lionel Messi (2011) dan Robert Lewandowski (2013).

Final Debut
Terakhir adalah rekor final Liga Champions yang mempertemukan Manchester City vs Inter Milan pada bulan Juni 2023 nanti.

Dari keterangan Opta dijelaskan, bahwa final Liga Champions nanti akan menjadi pertemuan debut antara Manchester City vs Inter Milan di partai puncak kompetisi Eropa.

Momen ini mengulangi final Liga Champions tahun 2005 silam, saat Liverpool bertemu AC Milan di Istanbul.

Baca Juga
Real MadridManchester CityLiga Champions

Berita Terkini