x

Pensiun Dini dan Buang Medali Perak, Bek Thailand Berharap 'Diusir' ke Denmark?

Kamis, 18 Mei 2023 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jonathan Khemdee pemain Timnas Thailand U-22 yang membuang medali perak SEA Games 2023. (Foto: Instagram@jkhemdee17)

INDOSPORT.COM - Pemain kontroversial di SEA Games 2023, Jonathan Khemdee resmi 'pensiun dini' dari Timnas Thailand. Apakah ini siasat untuk bisa bermain di Denmark?

Partai final sepak bola SEA Games 2023 sangat membekas di benak masyarakat Indonesia, saat unggul 2-1 di waktu normal, tetapi Thailand mencetak gol di detik-detik akhir.

Setelah melewati babak perpanjangan waktu yang penuh drama, akhirnya Timnas Indonesia U-22 berhak membawa pulang medali emas usai melibas Thailand 5-2.

Salah satu momen yang menjadi sorotan adalah ketika bek muda Thailand, Jonathan Khemdee mendapatkan kartu merah karena permainan kasarnya, dan diusir keluar lapangan.

Padahal, sebelum melakoni babak final, Jonathan Khemdee sudah menyatakan jika ia akan 'pensiun dini' dari Timnas Thailand.

Baca Juga

"Final SEA Games ke-32 akan jadi match terakhir saya bersama Timnas Thailand. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang saya dapat selama ini."

"Saya berharap bisa meraih medali emas dan bermain bagus di pertandingan terakhir bersama tim nasional," ungkap Jonathan Khemdee lewat akun Instagram pribadinya.

Baca Juga

"Thailand akan selalu berada di hati saya. Sejak match pertama bersama Thailand, saya selalu berusaha 100 persen membuat keluarga dan fans ikut bangga," imbuhnya.

"Mari kita bawa pulang trofi ini," tertulis di unggahan akun Instagram @jkhemdee17.

Namun, ketika Thailand hanya meraih medali perak di SEA Games, Jonathan Khemdee akhirnya membuang medali itu, dengan melemparnya ke tribun penonton.

Baca Juga

1. Kans Jonathan Khemdee Main di Timnas Denmark

Jonathan Khemdee, pemain Timnas Thailand U-22 yang membuat medali perak SEA Games 2023. (Foto: Instagram@jkhemdee17)

Sekilas tentang Jonathan Khemdee, bek setinggi 190 cm ini lahir Surin, Thailand, 9 Mei 2002. Dengan kata lain, Khemdee saat ini masih terbilang muda, berusia 21 tahun.

Meski lahir di Thailand, namun Jonathan Khemdee memiliki darah Denmark dari sang ayah, bahkan ia tumbuh besar dan menetap di Eropa, juga menimba ilmu sepak bola di sana.

Jonathan Khemdee mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Thailand dari Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) pada 2021 lalu.

Ketika itu, Mano Polking memasukkan Jonathan Khemdee dalam skuad untuk Piala AFF 2020, tapi Khemdee dipulangkan ke Denmark karena cedera di bagian perut.

Setelah itu, Jonathan Khemdee kembali memperkuat skuad Gajah Perang di SEA Games 2021, juga di Piala Asia U-23 2022.

Baca Juga

Tidak jelas apa alasan utama Jonathan Khemdee memutuskan untuk pensiun dini dari Timnas Thailand di usia muda, 21 tahun. Padahal ia termasuk langganan di Timnas.

Banyak yang berspekulasi jika Jonathan Khemdee akan kembali ke Eropa, sebab masih ada peluang baginya untuk tampil bersama Timnas Denmark yang lebih prestisius.

Baca Juga

Kemungkinan ini terbuka karena Jonathan Khemdee baru bermain untuk Thailand U-22 dan U-23, belum pernah bermain di timnas senior.

FIFA masih membuka kesempatan bagi pemain usia muda untuk menetapkan kewarganegaraan. Jika sudah pernah bermain di Timnas senior, maka untuk pindah negara perlu naturalisasi dulu.

Benarkah jika attitude buruk yang ia lakukan saat membela Thailand di SEA Games 2023, merupakan siasat Jonathan Khemdee untuk hijrah ke Denmark dan bermain di Eropa?

Baca Juga

Sumber: Instagram Jonathan Khemdee 

SEA GamesThailandDenmarkTimnas U-22Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini