x

Harga Gila yang Harus Dibayar Indonesia Datangkan Timnas Argentina, Setara Buat Training Center

Rabu, 24 Mei 2023 14:18 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi para pemain Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

INDOSPORT.COM - Untuk mendatangkan timnas Argentina, Indonesia harus merogoh kocek cukup dalam setara membangun satu tempat pusat latihan tim nasional dari dana bantuan dana FIFA.

Publik sepak bola kembali mendapat kabar gembira. Setelah membawa pulang emas SEA Games lagi, kini bakal kedatangan negara juara dunia, timnas Argentina. Kepastian itu diumumkan langsung oleh federasi sepak bola Argentina, AFA.

Melalui laman media sosialnya, AFA mengumumkan bakal melakoni tur Asia 2023 untuk menghadapi dua negara dalam pertandingan uji coba, yakni Australia dan Indonesia.

"Timnas yang dipimpin Lionel Scaloni akan bertanding pada Juni di China dan Indonesia. Pertandingan persahabatan yang sudah dikonfirmasi.

"Tur Asia 2023, 15 Juni pertandingan Argentina vs Australia, kemudian 19 Juni ada Argentina vs Timnas Indonesia di Jakarta," tulis AFA.

Baca Juga

Tentu, kabar ini disambut suka cita penggemar timnas Indonesia. Pasalnya, PSSI sendiri tak pernah buka suara terkait kedatangan Lionel Messi dkk ke Jakarta.

Meskipun kabar Lionel Messi cs akan melawat ke Indonesia sebenarnya memang sudah terendus beberapa waktu lalu melalui kabar dari jurnalis Argentina, Gaston Edul.

Baca Juga

Tak hanya itu, kedatangan Argentina ke Indonesia juga menjadi kesempatan emas bagi anak asuh Shin Tae-yong bertemu beberapa idola Piala Dunia sekaligus menimba ilmu sebanyak mungkin jelang Piala Asia 2023.

Akan tetapi, belum dikonfirmasi daftar pemain Argentina yang akan melakoni laga uji coba dengan timnas Indonesia pada Juni mendatang.

Namun, dari unggahan di akun Twitter resmi Argentina terdapat foto Lionel Messi, Angel Di Maria hingga Emiliano Martinez yang semakin membuat penggemar Indonesia heboh.

Di Juni mendatang, Indonesia memang diagendakan melawan dua tim. Selain Argentina, Palestina sudah menjadi lawan resmi yang dipilih skuad Garuda.

Argentina sendiri merupakan kampiun Piala Dunia 2022. Tim yang dipimpin Lionel Messi itu memenangkannya di Qatar akhir tahun 2022 lalu.

Baca Juga

1. Biaya Datangkan Timnas Argentina

Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia 2022 bersama rekan satu timnya REUTERS-Kai Pfaffenbach

Memenangkan Piala Dunia 2022 ternyata menjadi berkah tersendiri bagi timnas Argentina terutama untuk finansial mereka. Sebab, sejak menjadi juara mereka mendapat banyak tawaran untuk bertandingan melakoni uji coba.

Umumnya tawaran itu datang dari negara-negara berkembang dengan jumlah penduduk banyak dan mempunyai basis sepak bola cukup besar sehingga secara komersil sangat menjanjikan.

Saat ini, dilansir dari New York Times, timnas Argentina sudah mendapat banyak tawaran untuk dibooking melakoni laga uji coba dari Amerika Serikat, Cina, Australia, Indonesia hingga Uni Emirat Arab.

Setiap negara yang mengajukan tawaran menginginkan hal yang sama, yakni kesempatan untuk menjamu para pemain juara dunia khususnya sang megabintang, Lionel Messi sebelum pensiun.

Lima bulan sejak memenangkan Piala Dunia di Qatar, Argentina bak sirkus sepak bola karena banyak mendatangkan keuntungan. Mereka telah menjadi lawan paling laris, dan mungkin paling mahal, di sepak bola internasional.

Baca Juga

Tarif untuk satu pertandingan melawan Argentina telah naik begitu tinggi mencapai 5 juta dolar AS atau setara Rp74 miliar. Harga tersebut hanyalah titik awal, bisa meroket lagi.

China akan menjadi negara pertama yang bakal dijajaki oleh timnas Argentina dalam tur Asia melawan Australia pada 14 Juni 2023 mendatang, dilanjutkan terbang ke Indonesia melawan Skuad Garuda pada 19 Juni 2023.

Baca Juga

Timnas Argentina sendiri usai juara Piala Dunia, tidak lagi terpaku mencari lawan kompeten untuk mendulang poin di ranking FIFA. Sebab mereka sudah melejit menempati peringkat pertama dunia.

Melawan Curacao misalnya, siapa sangka Argentina bisa menghadapi tim berperingkat di bawah 50 besar, tepatnya posisi ke-88 dunia tiga bulan pasca menjadi juara dunia.

Saat itu Argentina menang 7-0 melawan Curacao. Lionel Messi jadi bintang lapangan dengan mencetak tiga gol. Dari hasilnya saja sudah bisa dilihat kalau kualitas kedua tim sangat timpang.

Apalagi kalau bukan komersil yang dijual oleh Argentina untuk mendatangkan cuan. Kini, target selanjutnya ada Indonesia yang basis penggemar sepak bolanya cukup tinggi setelah China.

Sumber dalam laporan New York Times juga menyebut, suksesnya Indonesia mendatangkan Argentina tidak lepas dari kasus gagalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

FIFA menganulir Indonesia dan menunjuk Argentina untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Seperti hadiah kekecewaan, AFA pun memberikan kesempatan uji coba dengan tim besutan Lionel Scaloni melawan timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga

Setara Membuat Pusat Latihan

Yang jadi kontroversi adalah mahalnya ongkos untuk membawa Argentina ke Tanah Air menelan biaya hingga Rp74 miliar, belum lagi jamuan lain-lainnya.

Padahal yang dibutuhkan oleh timnas Indonesia dari dulu adalah tempat pemusatan latihan atau traning center. Mendatangkan tim kelas dunia untuk beruji coba juga tak kalah pentingnya memang.

Tetapi membangun traning center juga bisa mendatangkan banyak manfaat jangka panjang untuk kepentingan timnas Indonesia.

Sudah beberapa kali PSSI sering berganti ketua umum dengan janji membangun pusat latihan Merah Putih, tetapi hingga saat ini tak terlaksana.

Biaya pembuatan training center sendiri sebenarnya setara dengan harga komersil mendatangkan timnas Argentina.

PSSI sebagai induk sepak bola nasional, bisa dengan mudah mendapatkan dana senilai tersebut dari bantuan FIFA dalam program FIFA Forward 3.0.

FIFA Forward 3.0 adalah program yang diluncurkan FIFA pada Januari 2023. Bertujuan untuk memberi pendanaan dan dukungan pengembangan sepak bola di seluruh dunia.

Program ini akan berlangsung sampai 2026 dan diberikan kepada 211 asosiasi anggota dari enam konfederasi (AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC, dan UEFA).

Indonesia pernah mendapat kucuran dana FIFA Forward 3.0 sebesar 5,6 juta dolar AS (sekitar Rp 83 miliar) pada awal tahun ini. Dana tersebut merupakan bantuan dari FIFA untuk Indonesia guna membangun tempat pelatihan alias training camp. 

Namun, karena sedang terkena sanksi administrasi, Indonesia untuk sementara tidak bisa diikutkan ke dalam program FIFA Forward 3.0.

Bantuan dana buat Indonesia disetop sementara waktu akibat gagalnya menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

ArgentinaFIFAPiala DuniaTimnas Indonesia

Berita Terkini