x

Ragam Penyambutan Penggawa Timnas Indonesia U-22 Usai Sabet Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 24 Mei 2023 10:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 berhasil menyabet medali emas di ajang SEA Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Skuat Garuda Muda berhak atas medali emas usai menaklukkan Thailand di babak final.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Phen Kamboja, Timnas Indonesia U-22 menaklukkan Thailand dengan skor 5-2.

Atas kemenangan ini pun Timnas Indonesia U-22 berhak atas medali emas SEA Games 2023. Raihan ini pun disambut haru dan suka cita seluruh masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, sebab memang sudah terlalu lama Timnas Indonesia tidak berhasil membawa medali emas dari ajang SEA Games.

Terakhir skuat Garuda berhasil meraih medali emas saat edisi SEA Games 1991 yang berlangsung di Manila, Filipina. Setidaknya sudah hampir 32 tahun lamanya Timnas Indonesia baru kembali meraih medali emas.

Baca Juga

Tak pelak keberhasilan ini pun disambut bangga oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan saat sekembalinya penggawa Timnas Indonesia U-22 ke tanah air, mereka langsung mendapat sambutan hangat.

Baik saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, bahkan hingga diadakan kegiatan kirab atau pawai atas keberhasilan Timnas Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023, Kamboja.

Baca Juga

Bahkan arak-arakan yang berlangsung kala itu membuat ruas jalan Jakarta macet karena hampir seluruh masyarakat tumpah ruah di jalan merayakan keberhasilan penggawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 pun sudah kembali ke daerah masing-masing-masing-masing untuk berkumpul bersama saat keluarga.

Memang mereka sudah lama tidak berkumpul dengan keluarga karena persiapan menuju SEA Games 2023. Bahkan mereka harus rela tidak merayakan hari raya Idulfitri bersama keluarga tercinta.

Baca Juga

1. Sambut Hangat Keluarga

Selebrasi gol Komang Teguh Trisnanda di laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023.

Namun sambutan terhadap para penggawa tak berhenti, sebab sekembalinya mereka di kampung halaman tak sedikit dari mereka yang mendapat sambutan hangat.

Kini INDOSPORT.com mencoba merangkum ragam prosesi penyambutan penggawa Timnas Indonesia U-22 di kampung halaman selepas meraih mendali emas SEA Games 2023.

Sambutan Sederhana dan Kehangatan Keluarga 

Memang sambutan kedatangan penggawa Timnas Indonesia U-22 tak melulu dengan pesta meriah. Sambutan dengan kesederhanaan dan kehangatan keluarga sudah sangat berarti bagi penggawa Timnas U-22.

Seperti halnya sambutan hangat dari keluarga saat menyambut bek Timnas Indonesia U-22, Komang Teguh Trisnanda.

Tak ada hiruk pikuk keramaian di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali saat Komang Teguh kembali dari perjuangan di ajang SEA Games 2023, Kamboja.

Baca Juga

Komang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Minggu (21/5/2023) sekitar pukul 13.45. Di bandara, ia sudah ditunggu keluarganya. 

Mulai dari sang ayah Merta Jiwa, ibundanya Kadek Aristawati bersama kedua kakaknya Putu Wira Pratama dan Kadek Haarlem Anggariva ikut menjemput Komang Teguh.

Baca Juga

"Tidak ada perayaan apa-apa. Yang penting Komang Teguh selamat dan sukses," beber Merta Jiwa.

Komang memang menjadi satu sosok sentral di pertahanan Timnas Indonesia U-22. Bahkan tak jarang dengan ketenangannya dirinya disemayamkan julukan Sergio Ramos dari Timnas U-22.

Baca Juga

2. Dijemput Hanya dengan Menggunakan Mobil Pick Up

Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

Kesederhanaan saat proses penjemputan juga dirasakan oleh Witan Sulaeman. Bagaimana tidak, meski Witan berhasil meraih medali emas SEA Games 2023, tapi tidak ada kemewahan saat proses penjemputan Witan di kampung halaman.

Witan yang pulang ke Palu, Sulawesi Tengah memang tidak mendapat sambutan yang luar biasa. Bahkan dapat dikatakan Witan juga disambut dengan sangat sederhana.

Witan disambut keluarganya dengan cara yang sangat sederhana. Bahkan, menurut video yang diunggah akun Instagram like_palu, Witan dijemput dengan menggunkan mobil pikap oleh keluarganya.

"Witan disambut keluarga dengan suasana sederhana, tidak ada ingar bingar seperti bintang pada umumnya," ujar akun Instagram tersebut.

Dalam mobil pick-up itu tampak ada orang tua Witan Sulaeman. Ada pula beberapa anggota keluarga Witan yang lain.

Ada karpet berwarna hijau yang menjadi alas duduk Witan dan keluaga pada mobil pikap tersebut. Mereka tampak bahagia dan bangga dengan pencapaian Witan yang baru saja membawa pulang medali emas dari SEA Games 2023.

Menariknya, dalam video tersebut Witan dan keluarga tampak tidak langsung pulang ke rumah. Mereka mampir di sebuah warung terlebih dahulu untuk menyantap menu sarapan.

Disambut Ribuan Suporter

Sambutan meriah justru dirasakan oleh Beckham Putra Nugaraha. Bagaimana tidak, Beckham disambut ribuan suporter Persib Bandung saat dirinya tiba di Bandung kampung halamannya.

Beckham disambut ribuan Bobotoh (julukan suporter Persib Bandung) serta diiringi lagu sholawat setiba di Bandung.

Beckham mengatakan sambutan luar biasa dari pecinta sepak bola Tanah Air menjadi tambahan motivasi supaya bisa tampil lebih baik lagi bersama timnas Indonesia maupun Persib Bandung.

“Sangat bangga lah karena Beckham bisa lahir di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Kultur sepak bolanya sangat luar biasa, sangat fanatik. Tentunya saya termotivasi membawa Persib juara," ungkap Beckham.

Diundang Langsung dengan Gubernur Jawa Tengah

Lain halnya bagi empat penggawa Timnas Indonesia U-22 asal Jawa Tengah. Mereka antara lain, Alfreanda Dewangga, Ernando Ari, Bagas Kaffa dan Rio Fahmi diundang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Mereka diundang langsung untuk hadir di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di daerah Puri Gedeh, Kota Semarang.

Sejatinya dalam kesempatan tersebut juga diikuti oleh penggawa Timnas Indonesia U-22 asal Jawa Tengah lainnya.

Yakni Pratama Aarhan yang hadir secara virtual karena Arhan sudah berada di Jepang untuk membela timnya, Tokyo Verdy.

Dalam kesempatan tersebut, empat penggawa Timnas Indonesia U-22 ini bercerita banyak kepada Ganjar Pranowo dari mulai karier mereka hingga keseruan babak final SEA Games 2023.

Timnas ThailandBeckham Putra NugrahaWitan SulaemanTimnas Indonesia U-22Komang Teguh TrisnandaSEA Games 2023

Berita Terkini