x

Beda dari Luciano Spalletti, Ini Line Up Napoli di Tangan Antonio Conte

Kamis, 25 Mei 2023 12:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Antonio Conte sedang dikaitkan dengan Napoli. Foto: Reuters/Paul Childs.

INDOSPORT.COM - Nama Antonio Conte belakangan dikaitkan dengan klub Liga Italia (Serie A), Napoli, sebagai calon pengganti Luciano Spalletti.

Luciano Spalletti memang sedang dikaitkan dengan pintu keluar Napoli meski baru saja membawa tim ini menjuarai Serie A.

Desas-desus tentang akan perginya pelatih yang satu ini kabarnya karena perseteruan yang terjadi antara dirinya dan presiden klub, Aurelio De Laurentiis.

Menyusul isu mengagetkan ini, Partenopei pun langsung dihubungkan dengan sejumlah pelatih papan atas termasuk Antonio Conte.

Antonio Conte sendiri bukanlah orang asing di kancah Liga Italia, mengingat dahulu ia pernah sukses besar bersama Juventus dan meraih banyak gelar.

Baca Juga

Akan tetapi, patut digarisbawahi bahwa ia punya kecenderungan taktik yang berbeda dari Luciano Spalletti.

Mantan juru taktik Tottenham Hotspur tersebut sering memakai skema tiga bek dengan sistem 3-5-2 atau 3-4-3.

Baca Juga

Sementara itu, Luciano Spalletti biasanya memakai formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1 di Napoli, yang tentunya menjadi PR tersendiri bagi Antonio Conte.

Terlebih lagi, sebagian besar, bahkan mungkin semua, pemain Napoli masih bakal bertahan musim depan.

Pemain-pemain seperti Kim Min-jae dan Amir Rrahmani melengkapi skema tiga bek bersama Giovanni Di Lorenzo, dengan Alex Meret tetap menjadi andalan di pertahanan terakhir.

Baca Juga

1. Menerawang Napoli Versi Antonio Conte

Antonio Conte sedang dikaitkan dengan Napoli. Foto: Reuters/Paul Childs.

Kemudian ada Mario Rui dan Mathias Olivera yang bisa menjadi opsi di pos wing-back kiri, sedangkan Matteo Politano bermain di sisi kanan.

Dengan formasi 3-5-2, Antonio Conte bisa memasang Andre-Frank Zambo Anguissa, Stanislav Lobotka, dan Piotr Zielinski.

Namun apabila demikian, peran Khvicha Kvaratskhelia bakal berubah. Ia bisa menjadi partner Victor Osimhen di lini serang dengan peran defensif yang lebih sedikit.

Prediksi Line Up Napoli versi Antonio Conte

A. Meret; G. Di Lorenzo, Kim Min-jae, A. Rrahmani; M. Politano, Andre-Frank Z. Anguissa, S. Lobotka, P. Zielinski, M. Olivera; K. Kvaratskhelia, V. Osimhen

Ketersediaan Pemain

Mengutak-atik skuad yang ada saat ini memang sebuah tantangan tersendiri bagi Antonio Conte, yang punya kecenderungan berbeda dari Luciano Spalletti.

Baca Juga

Terlebih lagi, Luciano Spalletti nampak sudah melekat dengan para pemain Partenopei hingga berhasil membawa mereka menjuarai Serie A.

Di sisi lain, Antonio Conte juga bisa menghadapi situasi tidak terduga apabila nanti ada pemain yang ternyata harus angkat kaki dari skuad.

Baca Juga

Victor Osimhen misalnnya, menjadi salah satu sosok yang paling sering dibicarakan di bursa transfer pemain.

Napoli sebaiknya tidak membiarkannya pergi karena keberadaannya masih sangat dibutuhkan, meski nanti tongkat estafet kepelatihan benar-benar berganti sekalipun.

Sejauh ini, Victor Osimhen masih berstatus top skor Serie A Liga Italia 2022/2023 dengan raihan 23 gol, mengangkangi Lautaro Martinez (20 gol), dan Boulaye Dia (16 gol).

Baca Juga
 

2. Tantangan Baru di Napoli

Antonio Conte sedang dikaitkan dengan Napoli. Foto: Reuters/Paul Childs.

Sebelum dikaitkan dengan Napoli, Antonio Conte menangani Tottenham Hotspur, yang sekarang ada di papan tengah klasemen Liga Inggris.

Pelatih berusia 53 tahun ini sudah berjuang cukup keras untuk memperbaiki apa-apa saja yang salah dengan tim asal London tersebut.

Akan tetapi, tangan ajaibnya yang dulu pernah membawa kesuksesan untuk Juventus nampak tidak bertuah saat menangani Tottenham Hotspur.

Situasi Spurs sejatinya sempat membaik, harapan para suporter pun turut membuncah, sebelum pada akhirnya sang pelatih memilih menyudahi perjuangannya bersama tim ini.

Selama satu tahun lebih membesut Spurs, Antonio Conte mencatatkan persentase kemenangan yang cukup lumayan, yakni 53,79%.

Dengan formasi andalannya, 5-3-2, ia juga mencatatkan rekam jejak yang luar biasa bersama Juventus, memenangkan tiga gelar Serie A Liga Italia secara beruntun.

Jadi, tentu patut dinanti, apakah hasil yang sama baiknya dan hebatnya seperti di Juventus, juga bisa terjadi di Napoli?

Namun publik masih harus menunggu jawaban dari pertanyaan tersebut dalam beberapa waktu ke depan, mengingat Luciano Spalletti sampai saat ini masih menjabat.

Selain Juventus, Antonio Conte pernah menangani tim-tim asal Italia lainnya yaitu Inter Milan, Bari, Siena, Arezzo, dan Atalanta.

Ia bahkan menyabet predikat pelatih terbaik Serie A versi Associazione Italiana Calciatori saat berada di Juventus dan Inter Milan.

Sumber: football-italia.net, legaseriea.it

Antonio ConteNapoliLuciano SpallettiOne Football

Berita Terkini