x

Bedah Formasi Mengerikan AC Milan Usai Kedatangan Duet El Shaarawy-Marcus Thuram

Kamis, 25 Mei 2023 18:54 WIB
Editor: Juni Adi
Marcus Thuram. (Foto: Instagram@thuram_17)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia, AC Milan dikabarkan berminat untuk mendatangkan Marcus Thuram dan mantan pemainnya, Stephan El Shaarawy. 

Jelang dibukanya bursa transfer musim panas 2023, pergerakan sejumlah klub papan atas Eropa semakin agregsif dalam berburu pemain baru.

Salah satunya adalah AC Milan. Tim yang bermarkas di Stadion San Siro itu  sangat aktif karena mencari amunisi tambahan, karena akhir musim nanti banyak posisi yang bakal kosong.

Lini depan misalnya. AC Milan mengevaluasi kinerja para penyerang, dengan hanya menyisakan Olivier Giroud. Sisanya, kemungkinan bakal segera didepak.

Nama Zlatan Ibrahimovic dan Divock Origi yang santer. Cedera yang tak kunjung membuatnya pulih, bikin manajemen AC Milan berpikir ulang untuk menambah durasi kontrak akhir musim nanti. 

Baca Juga

Penyerang Swedia itu dipastikan akan hengkang akhir musim nanti. AC Monza dikabarkan tertarik untuk merekrutnya.

Sedangkan Origi, masuk dalam daftar jual setelah penyerang berpaspor Belgia itu gagal nyetel pasca bergabung secara gratis di musim panas 2022 lalu. 

Baca Juga

Bakal ditinggal dua pemain bertipikal menyerang, manajemen AC Milan segera mendatangkan pemain berposisi sama. Marcus Thuram dan Stephan El Shaarawy kabarnya masuk dalam bidikan Rossoneri.

Marcus Thuram saat ini memperkuat Borussia Monchengladbach, tetapi masa depannya diragukan lantaran kontraknya yang bakal habis pada Juni 2023 nanti, belum ada tanda-tanda diperpanjang.

Situasi itu membuat Marcus Thuram berpeluang hengkang dengan status gratisan. Melansir dari Sempre Milan, pemain berusia 25 tahun tersebut sejatinya belum menentukan pelabuhan berikutnya. 

Baca Juga

1. Formasi AC Milan Duet Thuram-El Shaarawy

Rafael Leao dari AC Milan merayakan gol pertamanya bersama rekan setimnya REUTERS-Ciro De Luca

Namun, Thuram diyakini ingin bermain di klub yang bersaing di Liga Champions. AC Milan pun punya kans besar mendapatkan tanda tangannya.

Kondisi yang sama dimiliki oleh El Shaarawy. Pemain berpaspor Italia itu bakal habis kontraknya di AS Roma pada Juni 2023 mendatang.

Belum ada tanda-tanda manajemen Giallorossi ingin mempertahankannya. AC Milan pun bergerak memantau situasi pembicaraan kedua belah pihak.

Ketertarikan AC Milan kepada Stephan El Shaarawy bukannya tanpa alasan. Pasalnya, sang pemain tidak hanya bisa bermain di satu posisi saja sebagai penyerang.

Lantas seperti apa formasi AC Milan jika kedua pemain itu Marcus Thuram dan Stephan El Shaarawy bakal resmi bergabung?

Baca Juga

Daftar starting line-up AC Milan musim depan kemungkinan bakal banyak perubahan, seiring sejumlah pemain yang bakal pergi baik masa pinjamannya berakhir atau kontraknya yang habis tak diperpanjang.

Meski berbeda komposisi, pelatih Stefano Pioli tetap bakal menggunakan formasi yang sama. 

Baca Juga

Sejak membesut AC Milan pada paruh kedua musim 2019, Pioli jarang sekali mengubah formasi. Ia selalu memilih menggunakan pola 4-2-3-1.

Sektor Belakang dan Tengah

Posisi kiper diisi oleh salah satu kiper terbaik di Italia, Mike Maignan. Di depan Mike Maignan ada empat bek kokoh, yakni duet bek tengah Fikayo Tomori dan Malick Thiaw, serta Theo Hernandez dan Davide Calabria yang mengisi posisi kiri dan kanan.

Sementara itu duet Ismael Bennacer dan Rade Krunic di gelandang bertahan memberi tim kestabilan baik dalam bertahan maupun menyerang.

Juga ada nama Sandro Tonali yang bisa menggantikan satu dari kedua double pivot Rossoneri saat dibutuhkan.

Baca Juga

Di posisi nomor 10, ada Charles De Ketelaere. Ia bertugas sebagai pengatur serangan dan memberikan umpan-umpan manja untuk penyerang.

Sektor Depan

Di kedua sayap ada kombinasi tua-muda, Rafael Leao dan Stephan El Shaarawy. El Shaarawy memang berposisi natural sebagai pemain sayap. 

Namun ia juga mampu bermain di posisi lain, seperti di belakang penyerang dan mengemban peran pemain "No. 10", jika Charles De Ketelaere cedera, atau ia juga bisa menggantikan Brahim Diaz yang kembali ke Real Madrid karena masa pinjamannya selesai.

Ia nanti akan membentuk trio gelandang serang bersama Rafael Leao dan De Ketelaere. Atau dalam kondisi yang sangat mendesak bisa saja El Shaarawy ditempatkan sebagai penyerang tengah atau trequartista.

Menjadikannya sebagai sosok yang sepadan untuk menjadi suksesor Filipo Inzaghi. Musim ini, di bawah asuhan Jose Mourinho di AS Roma, El Shaarawy tampil reguler dengan mencatatkan 39 penampilan dan mencetak 8 gol serta 2 assist.

Di lini depan, Marcus Thuram bisa bikin pertahanan lawan ketar-ketir. Formasi 4-2-3-1 juga menjadi favorit pemain berpaspor Prancis itu.

Buktinya, sejauh ini ia lebih banyak mencetak gol daripada musim-musim sebelumnya bersama Monchengladbach. Di musim pertamanya, ia hanya bisa membuat 14 gol dari 39 pertandingan.

Dua musim berikut, jumlah golnya sempat menurun menjadi 11 dari 40 penampilan dan hanya 3 gol dari 23 penampilan.

Tetapi Marcus Thuram kembali menemukan sentuhan terbaiknya musim ini. Ia sukses membuat 16 gol dan 7 assist dari 31 penampilan untuk Monchengladbach.

Ia masih memiliki banyak kesempatan terus mencetak gol untuk melanjutkan karir sepakbolanya. Marcus telah memberikan aspek fisik kepada permainan ofensif kesebelasannya saat ini. 

Apalagi pengalamannya sebagai pemain sayap akan membuatnya menjadi penyerang dengan jelajah yang tinggi di lapangan untuk AC Milan.

AC MilanStephan El ShaarawyStefano PioliLiga ItaliaMarcus Thuram

Berita Terkini