x

Pelantikan Pengurus PSSI dan Kongres Tahunan Digelar Akhir Pekan Ini

Kamis, 25 Mei 2023 12:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
PSSI akan menggelar Kongres Tahunan pertama pada era kepemimpinan Erick Thohir pada Minggu (28/05/23) mendatang di Jakarta.

INDOSPORTCOM - PSSI akan menggelar Kongres Tahunan pertama pada era kepemimpinan Erick Thohir pada Minggu (28/05/23) mendatang di Jakarta. Sebelum itu, para pengurus PSSI terlebih dahulu dilantik oleh KONI pada Jumat (26/05/23). 

Sejak terpilih jadi pengurus PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari lalu, Erick Thohir dan kolega belum dilantik secara resmi. Itu karena federasi dihadapkan dengan berbagai agenda, apalagi sang ketua umum juga merupakan Menteri BUMN aktif. 

Sejatinya daftar susunan kepengurusan PSSI sudah diberikan ke KONI sejak April, tapi menunggu SEA Games 2023 selesai.

Lazimnya, sebuah kepengurusan federasi atau asosiasi cabang olahraga yang baru harus dilantik oleh KONI. Karenanya, Waketum PSSI, Zainudin Amali menkonfirmasi jika mereka baru akan dikukuhkan pada esok hari. 

"Jadi pengukuhan (kepengurusan PSSI) di Hotel Fairmont. Ketua Umumnya kan mantan pemilik Inter Milan masa di KONI, di Hotel Fairmont," kata Amali, Rabu (24/05/23). 

Baca Juga

Dua hari berikutnya, PSSI akan menggelar Kongres Tahunan. Agenda utamanya adalah penetapan program kerja, laporan keuangan dan memilih detail kepengurusan atau komisi yudisial seperti komite disiplin, komite banding hingga komite wasit. 

Selain itu, PSSI dan 87 anggota akan membahas kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 2023. Kongres akan diadakan di Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Baca Juga

"Untuk kongres PSSI jadinya tanggal 28 Juni di Hotel Intercontinental, Jakarta," jelas Amali. 

Baca Juga

1. Prestasi Erick Thohir

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (Foto: NOC Indonesia)

Selama tiga bulan kepemimpinan Erick Thohir, PSSI sukses catatkan prestasi yakni medali emas SEA Games 2023. Timnas Indonesia U-22 yang dikirim, berhasil kalahkan Thailand U-22 di partai final dengan skor 5-2. 

Catatan itu sekaligus menghapus puasa gelar skuad Garuda Muda yang menunggu medali emas SEA Games selama 32 tahun. Terakhir Indonesia naik podium pertama pada tahun 1991. 

Adapun susunan pengurus PSSI periode 2023 - 2027 adalah Erick Thohir sebagai ketua umum, lalu ada dua wakil ketua umum yakni Zainudin Amali dan Ratu Tisha.

Baca Juga

Sedangkan untuk anggota komite eksekutif (Exco) terdiri dari 12 nama yakni  Eko Setiawan, Endri Erawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Vivin Cahyani, Ahmad Riyadh, Arya Sinulingga, Hasnuryadi, Peter Tanuri, dan Khaerul Anwar.

Sebelumnya Erick telah menyampaikan pada 10 Maret 2023 bahwa PSSI akan menggelar kongres biasa. Hanya saja ketika itu Erick belum bisa memastikan tanggal dan lokasi kongres. Ia hanya menjelaskan agenda utama.

Baca Juga
PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini