x

3 Rekor yang Siap Dipatahkan Oleh Lionel Messi Jika Tampil Melawan Timnas Indonesia

Jumat, 26 Mei 2023 22:44 WIB
Editor: Juni Adi
Lionel Messi mendapatkan gelar pemain terbaik Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM - Jika Lionel Messi turun ke membela timnas Argentina melawan timnas Indonesia, ia berpeluang memecahkan sejumlah rekor. 

Kepastian timnas Indonesia melawan timnas Argentina di Jakarta pada 19 Juni 2023 dalam agenda FIFA Matchday, diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada Rabu (24/05/23).

Dalam sesi jumpa pers, Erick Thohir yang ditemani oleh perwakilan timnas Argentina memastikan La Albiceleste bakal datang dengan skuad terbaiknya.

"Karena itu, kita untuk FIFA Matchday Juni ini, kita membuat gebrakan. Satu kita lawan Palestina yang ranking 94, lebih bagus dari kita. Kemarin lawan Burundi kita alhamdulillah menang, lalu seri.

"Tentu saya juga apresiasi, sahabat saya dari Argentina, bahwa Argentina juga ikut hadir membantu sepak bola Indonesia. Ini bagian dari persahabatan dari kedua negara," ujar Erick di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga

"Saya bisa jawab hari ini, setelah mendapat persetujuan dari FIFA, AFC, dan perwakilan Argentina di sini. Jadi bukan kaleng-kaleng.

"Kita buktikan PSSI yang sekarang serius membangun sepak bola Indonesia, kita buktikan dengan FIFA Matchday yang teratur dan kedatangan tim juara dunia, Argentina, di Indonesia."

Baca Juga

Sebelum PSSI diwakili oleh ketua umum Erick Thohir menyampaikan kabar ini, pihak federasi sepak bola Argentina, AFA, sudah lebih dahulu mengumumkan bakal melawan Indonesia beberapa waktu lalu.

Melalui laman media sosialnya, AFA mengumumkan bakal melakoni tur Asia 2023 untuk menghadapi dua negara dalam pertandingan uji coba, yakni Australia dan Indonesia.

"Timnas yang dipimpin Lionel Scaloni akan bertanding pada Juni di China dan Indonesia. Pertandingan persahabatan yang sudah dikonfirmasi.

"Tur Asia 2023, 15 Juni pertandingan Argentina vs Australia, kemudian 19 Juni ada Argentina vs Timnas Indonesia di Jakarta," tulis AFA.

Laga uji coba melawan Argentina ini menjadi sejarah tersendiri bagi Timnas Indonesia. Sebab untuk kali pertama bertanding melawan tim yang menempati peringkat satu dunia.

Tetapi belum ada bocoran mengenai skuad yang akan dibawa oleh timnas Argentina, yang pasti mereka akan turun dengan skuad terbaiknya termasuk kemungkinan memainkan sang mega bintang Lionel Messi.

Jika Lionel Messi turun ke membela timnas Argentina melawan timnas Indonesia, ia berpeluang memecahkan sejumlah rekor. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Pecahkan Rekor Gol Internasional Terbanyak

Ekspresi bahagia Lionel Messi di laga semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia (14/12/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Saat ini Cristiano Ronaldo jadi satu-satunya pemain yang memegang rekor pencetak gol terbanyak internasional bersama tim nasionalnya, Portugal.

Ronaldo saat ini telah mengemas 122 gol internasional untuk Portugal. Sebelumnya, ia hanya membuat 118 gol internasional. Tambahan empat gol diperoleh ketika Portugal membungkam Liechtenstein di Kualifikasi Euro 2024, Mei 2023 lalu.

Sementara Lionel Messi, saat ini membuntuti koleksi gol Ronaldo diajang internasional. Ia telah membuat 102 gol untuk Argentina.

Tambahan pundi-pundi gol Messi didapat saat Argentina melakoni uji coba melawan Panama dan Curacao di FIFA Matchday bulan lalu.

Messi membuat empat gol di dua laga itu. Perinciannya, satu gol ke gawang Panama dan hattrick ke gawang Curacao. 

Tambahan empat gol itu membuat Messi sudah melewati torehan 100 gol untuk tim nasional dan kini ia sukses mengemas 102 gol untuk Argentina, berambisi untuk mengejar gol Ronaldo.

Pertama Main di ASEAN

Lionel Messi bakal mencatatkan rekor sekaligus sejarah untuk sepak bola Asia Tenggara. Jika dibawa dan dimainkan oleh Lionel Scaloni melawan Timnas Indonesia, maka bakal jadi kali pertama La Pulga merumput untuk wilayah ASEAN.

Sebelumnya Lionel Messi sudah beberapa kali mengunjungi Asia Tenggara untuk beruji coba saat masih memperkuat Barcelona (2013) dan Argentina (2017).

Pada 2013, Barcelona mengunjungi Malaysia tetapi Lione Messi tak dimainkan. Sedangkan tahun 2017, Messi dibawa oleh skuad Argentina ke Singapura tetapi tidak dimainkan.

Patahkan Tak Terkalahkan

Sejak ditangani Shin Tae Yong tahun 2019, Timnas Indonesia senior tidak terkalahkan saat bermain di Tanah Air. Dari 10 laga di kandang, Timnas Indonesia meraih 6x kemenangan dan 4x imbang.

Lionel Messi pun berpeluang untuk mematahkan rekor cemerlang timnas Indonesia itu, jika dibawa oleh pelatih Lionel Scaloni.

ArgentinaLionel MessiPSSIErick ThohirTimnas Indonesia

Berita Terkini